Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membuat PowerPoint? Ini 4 Langkahnya


Bagaimana Cara  Membuat PowerPoint? Ini 4 Langkahnya
      Bagaimana Cara  Membuat PowerPoint? Ini 4 Langkahnya/pixabay.com/
      GraphicMama-team

Powerpoint merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Microsoft  misalnya Powerpoint online atau juga yang offline untuk mempermudah semua orang baik dalam bidang pekerjaan, pendidikan,  dan lain sebagainya untuk menyampaikan sebuah materi/bahan secara lengkap dan lugas. 

Secara umum,  setiap orang memiliki style sendiri untuk membuat PowerPoint sesuai dengan kebutuhan mereka, ada yang dibuat sesederhana mungkin hingga ada yang dibuat dengan tampilan yang unik dan keren. 

Mungkin ini tidak terlalu berpengaruh pada isi yang ada di dalamnya, hanya saja bagi para audiences ketika melihat PowerPoint yang tampilannya segar dan menyenangkan, tentu akan semakin tertarik untuk mendengarkan penjelasan dari presenter meski memakan waktu lebih dari 1 jam lebih. 

Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips kepada Anda semua mengenai cara mudah membuat PowerPoint yang menarik dan keren. 

Penasaran dengan informasinya ? Silahkan simak dibawah ini.


*   Langkah pertama : Tentukan durasi presentasi Anda terlebih dulu

Tips pertama ini sangat penting sebagai acuan Anda dalam membuat presentasi menggunakan PowerPoint semakin menarik.

Durasi yang terlalu pendek atau singkat, bisa membuat audiens kurang memahami informasi yang disampaikan, sedangkan durasi yang panjang atau lama, bisa membuat audiens menjadi bosan. 

Kecuali kalau semua itu Anda selingi dengan penyampaian yang berbeda, pasti halnya juga beda. 

Berapa sih durasi PowerPoint 
yang ideal ? 

Tergantung dari materi yang Anda sampaikan, menurut beberapa sumber yang kami dapatkan, maksimal durasi itu sekitar 1 jam. 

Sedangkan paling singkat sekitar 5 – 10 menit saja. 

Intinya, ketika Anda menyampaikan dengan durasi yang ideal, maka PowerPoint Anda akan terlihat lebih menarik.


*   Langkah kedua : Buatlah layout slide yang menarik

Langkah kedua setelah Anda menentukan durasi, coba atur layout atau tatak letak slide yang nanti digunakan di PowerPoint

Biasanya kami menggunakan beberapa template yang mudah di custom dan diberi sedikit sentuhan beberapa media seperti infografis, animasi, gambar dan video. 

Ini berguna untuk memberikan penjelasan kepada audiens secara akurat, sembari membuat mereka lebih fokus untuk mendengarkan presentasi. 

Kontras dan ukuran font pada template di tata letak ini juga harus Anda perhatikan dengan baik, seringkali tata letaknya sudah bagus, namun font tidak terbaca dari jarak pandang beberapa meter.


*  Langkah ketiga : Tentukan jumlah slide

Slide menjadi hal paling penting dalam presentasi, PowerPoint yang menarik biasanya memiliki jumlah slide yang tidak terlalu banyak ataupun tidak terlalu sedikit. 

Hadirkan beberapa animasi transisi ketika berpindah slide, ini bertujuan agar audiences tidak cenderung terlalu fokus dengan teks di powerpoint Anda dan menjadi bosan. 

Terlebih lagi, tampilan slide yang keren dan menarik bisa menjadi daya tarik sendiri untuk mereka. 

Contoh, ketika mengajar di jenjang SD, maka anak SD akan lebih suka dengan slide yang ada tampilan animasi atau lebih colourful, sedangkan untuk kebutuhan kerja maka pastikan tampilannya lebih formal, bisa pakai warna biru ataupun putih.


*  Langkah keempat : Tekankan visualisasi dan alur slide

Biasanya audiences akan lebih tertarik ketika Anda mempresentasikan materi dengan banyak gambar dengan animasi sedangkan untuk teks bisa Anda perjelas dengan pengucapan secara langsung.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang cara mudah membuat PowerPoint yang menarik untuk kebutuhan pekerjaan ataupun lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membuat PowerPoint? Ini 4 Langkahnya"