Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Presentasi yang Baik ? Ini Kelima Caranya


Bagaimana Cara Presentasi yang Baik ? Ini Kelima Caranya/pixabay.com
Bagaimana Cara Presentasi yang Baik ? Ini Kelima Caranya/pixabay.com

Presentasi didepan umum bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, terlebih kalau Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. 


Seringkali kami melihat banyak orang yang melakukan presentasi namun masih terlihat kaku dan tidak sepenuhnya menguasai materi yang disampaikan, salah satu hal yang menurut kami cukup krusial dalam presentasi adalah manajemen waktu dan penguasaan materi yang disampaikan. 

Maka dari itu, Anda harus paham benar seperti apa cara presentasi yang singkat, namun memberikan penjelasan yang padat dan jelas. 

Penasaran dengan informasinya ? 

Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pikirkan kalau itu adalah panggung Anda

Melakukan presentasi di muka umum bukanlah perkara yang mudah, banyak orang yang gagal karena berbagai alasan. 

Mulai tidak percaya diri, materi yang disampaikan tidak sesuai ataupun lupa akan berbicara apa. 

Hal semacam ini yang kadang membuat presentasi menjadi buyar, ada baiknya Anda harus melatih rasa percaya diri dengan mengibaratkan kalau itu adalah panggung Anda dan kuasailah itu agar Anda lebih percaya diri.

2. Menunjukkan Passion Anda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin presentasi harus menunjukkan kalau materi yang disampaikan sudah dikuasai secara menyeluruh, sehingga pada saat sesi tanya jawab, Anda bisa memberikan penjelasan yang kredibel dan akurat.  

Ini penting sekali di kuasai oleh seorang presenter, jika tidak maka banyak orang yang sulit memahami materi yang Anda sampaikan. 

Terlebih lagi kalau ini untuk kebutuhan tender dan sidang skripsi, menunjukkan kepada audiens passion Anda merupakan langkah penting yang perlu didalami dengan baik.

3. Membuka sesi presentasi secara menarik

Terdengar sulit untuk dilakukan, tetapi inilah cara terbaik agar Anda lebih rileks dalam menyampaikan meteri kepada audiences

Hanya saja, ini terbatas untuk beberapa acara ataupun kebutuhan presentasi, seperti rapat kerja dan hal-hal yang sifatnya lebih formal.

Umumnya, menyampaikan hal yang sifatnya menarik diawal sebelum presentasi, sering kami temukan di acara seminar ataupun workshop

Jadi, sesuaikan aja dengan tipe audiences dan acara yang akan Anda hadiri. 

Memang benar adanya ketika memulai presentasi dengan hal-hal yang lucu, menarik atau mampu membuat audiences tidak tegang, akan membuat sesi persentasi Anda lebih berarti dan materi yang ingin Anda sampaikan benar-benar bisa dipahami dengan baik. 

4. Hindari kata yang bertele-tele

Dalam menyampaikan materi kepada setiap audiences, pastikan jangan bertele-tele atau berbicara berputar-putar. 

Sampaikan apa yang ingin Anda sampaikan secara lugas, padat dan jelas. 

Jangan pernah membahas satu materi, tetapi Anda terlena untuk masuk ke topik lainnya, mungkin memberikan 1 – 2 contoh tidak menjadi masalah jika ada kaitannya. 

Silahkan saja dicoba, utamakan untuk menyampaikan materi dengan singkat, padat dan jelas. 

Sisanya bisa Anda hadirkan di sesi tanya jawab.

5. Bersikap rileks dan paham teknologi

Dua cara ini tentu bisa mendukung keberhasilan Anda dalam melakukan presentasi, mengenai teknologi seperti PowerPoint dan rileks dalam berpresentasi adalah hal penting yang harus di kuasai oleh semua orang. 

Rileks menandakan kalau Anda benar-benar profesional dan siap menyampaikan materi kepada audiences, sedangkan penggunaan teknologi akan mendukung presentasi Anda semakin menarik dan mudah di mengerti.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda kuasai kalau ingin melakukan presentasi yang singkat, padat dan jelas. 



Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Presentasi yang Baik ? Ini Kelima Caranya"