Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cucu Harus Dekat dengan Kakek Atau Neneknya, Ini Alasannya

Gambar : pixabay/mohamed hassan

Memang tidaklah mudah untuk merawat anak. Apalagi bagi orang tua karir. Walaupun sudah ada baby sitter, akan tetapi pastilah memberikan pengaruh yang berbeda terhadap perkembangan anak utamanya terhadap mental dan psikologi mereka. 

Disini, keberadaan kakek dan nenek memiliki peran penting dan manfaat yang luar biasa biasa, khususnya terhadap tumbuh kembang anak. Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa kedekatan antara seorang cucu dengan kakek dan nenek memberikan dampak yang sangat positif.

Mengapa? Ada hal yang luar biasa tentang ikatan batin antara seorang anak dengan kakek dan atau neneknya. 

Walaupun hal ini terkadang tak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama akan tetapi membantu tumbuhnya hubungan yang positif antara cucu dengan kakek dan nenek mereka akan membawa keuntungan pada anak-anak.

Hasil temuan dari sebuah penelitian di Universitas Oxford menginformasikan bahwa anak-anak yang dekat dengan kakek dan neneknya memiliki masalah emosi lebih sedikit dan lebih mampu untuk mengatasi pengalaman yang traumatis seperti perceraian ataupun pembulian disekolah.

Dilansir dari Wilmington Parent kedekatan antara seorang cucu dengan kakek dan neneknya memberikan manfaat diantaranya:


Keyakinan dan Nilai

Sebuah studi menunjukkan bahwa 9 dari 10 cucu yang sudah dewasa merasa bahwa kakek dan nenek mereka memperngaruhi keyakinan dan nilai. Menurut pandangan mereka, kedekatan hubungan dengan kakek dan nenek mampu membentuk suatu hubungan yang wajar dan sehat. 

Anak-anak dapat merasakan bagaimana hubungan yang baik atau positif yang seharusnya melalui kontak secara teratur, kedekatan emosi  dan dukungan moral sepenuhnya dari kakek dan nenek mereka.


Meminimalisasi Stres

Sebuah penelitian di Boston College pada tahun 2014 menyatakan menemukan bahwa sebuah kedekatan hubungan emosional antara kakek-nenek dengan cucu meminimalisir gejala depresi diantara mereka. 

Bagi sang cucu, bersama kakek-nenek berarti mempunyai teman atau pendamping yang dapat diajak bermain dan bersenang-senang. 

Lebih dari itu, kakek-nenek merupakan kawan terbaik untuk membangun kreativitas dan imajinasi anak untuk menemukan sebuah keajaiban hidup.

Sementara itu, bagi kakek-nenek peran tersebut diatas adalah hal yang sangat mereka sukai. 

Menurut American Grandparents Association, 72% kakek-nenek disana merasa bahwa menjadi seorang kakek atau nenek merupakan adalah salah satu hal yang paling penting dan menggembirakan dalam kehidupan mereka.


Pengalaman

Kakek dan nenek merupakan sumber pengetahuan yang sangat bernilai. Mereka memiliki segudang cerita dan pengalaman untuk dibagikan kepada sang cucu. 

Bahkan, seorang anak yang susah dinasehati oleh orang tua atau orang lain seringkali akan lebih bisa menerima nasehat apabila yang memberikan adalah kakek dan atau neneknya.

Selain itu kakek dan nenek akan lebih bisa menceritakan tentang warisan budaya dan silsilah atau hubungan kekerabatan keluarga mereka. 

Dengan terjalinnya hubungan ini, anak-anak akan lebih bisa memahami siapa dan dari mana mereka berasal.


Rasa Aman

Khususnya pada masa-masa sulit, memperoleh dukungan dari berbagai pihak akan memberikan perbedaan yang sangat besar dalam kehidupan anak. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa anak yang menjalin kedekatan hubungan antara kakek-nenek di usia remaja memiliki kecederungan masalah emosi dan tingkah laku lebih kecil. 

Kesulitan hubungan sosial dengan teman sebaya yang mereka milikipun lebih sedikit.

Kakek dan nenek lebih bisa meluangkan waktu untuk mendengar keluh kesah mereka saat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan anak-anak terkadang akan lebih bisa terbuka dengan kakek dan nenek mereka.

Untuk membangun kedekatan antara kakek dan nenek bisa dilakukan denga aktivitas –aktivitas yang menyenangkan atau menarik. 

Tentunya kakek dan nenek sudah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan. 

Seperti dilansir dari Friends Care Community berikut ini beberapa aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan cucu bersama kakek dan atau nenek mereka:

 

Bermain Teka-Teki

Bermain teka-teki silang atau puzzle merupakan aktivitas yang bagus karena untuk menyelesaikannya membutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak.

 

Menggambar Silsilah Keluarga

Kebanyakan keluarga lebih besar daripada yang kita lihat. Sudahkah cucu tahu mengetahui siapa saja saudara-saudara mereka. Seringkali ada orang lain yang kita temui ternyata masih famili.

 

Berbagi Foto Lama

Setiap foto memiliki nilai tersendiri akan tetapi seringkali kita tidak tahu kisah dibalik foto itu. Nah, mungkin disini kakek dan atau nenek dapat berbagi cerita mengenai kenangan dibaliknya.

 

Jalan-Jalan

Hal ini bisa dilakukan dengan memilih tempat yang sekiranya cocok untuk jalan-jalan. Mungkin jalan-jalan sambil melihat pemandangan alam sekitar sambil melakukan aktivitas edukatif yang sesuai.

 

Membaca Secara Bergantian

Baik itu membaca buku dongeng sebelum tidur maupun buku bacaan favorit dapat dilakukan untuk menanamkan pentingnya membaca bagi anak-anak.

Itulah beberapa peran penting kakek-nenek dan contoh kegiatan bersama cucu. Tentunya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing. Tidak hanya terbatas pada kegiatan tersebut diatas saja tetapi bisa ditambahkan aktivitas baik lainnya.

 

 

 

 

 



Posting Komentar untuk "Cucu Harus Dekat dengan Kakek Atau Neneknya, Ini Alasannya"