Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membuat Jadwal Nonton TV Untuk Anak ?

Bagaimana Cara Membuat Jadwal Nonton TV Untuk Anak ?
Bagaimana Cara Membuat Jadwal Nonton TV Untuk Anak ?/pixabay.com/mojzagrebinfo

Anak memang sangat suka menonton televisi. Tapi ternyata jika kebiasaan menonton televisi tidak diatur oleh orang tua, malah hal ini akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, orang tua harus tau cara jadwal nonton tv anak.
Ada beberapa poin penting bagaimana cara mengatur jadwal nonton tv anak agar tidak kecanduan. Jika orang tua melakukan tips dan cara ini, maka dijamin anak akan lebih mudah diatur dalam hal menonton televisi.

Jangan Memberikan Waktu Menonton TV Saat Menjelang Tidur

Seorang anak yang menonton televisi ketika menjelang ia tidur, maka pola tidurnya akan terganggu. Hal ini dikarenakan waktu tidur anak akan bergeser ke larut malam, sedangkan waktu bangunya masih tetap sama.
Selain dapat merusak pola tidur anak, seorang anak yang menonton televisi sebelum tidur dapat menyebabkan anak tersebut susah tidur walaupun acara TV telah usai. Paling tidak, batasi menonton televisi harus selesai setidaknya 30 menit sebelum anak tidur.

Buatlah Timer pada Televisi

Ternyata timer pada televisi dapat membantu orang tua dalam cara menjadwal anak nonton TV. Sebelumnya, buat kesepakatan dengan anak mengenai waktu sekali periode dalam menonton TV. Setelah itu, buatlah timing pada televisi, yang nantinya TV akan mati secara otomatis.  Pastikan remote dan ruang TV berada pada pengawasan orang tua.

Carilah Jadwal Televisi yang Dirasa Efektif untuk Menghibur dan Mendidik Anak

Orang tua harus pintar pintar mencarikan jadwal tayangan televisi yang baik buat anak. Ketika ada acara yang bagus buat anak, maka pastikan jatah menonton televisi harus pada jam tersebut. Hal ini guna meminimalisasi anak kecanduan menonton televisi.

Atur Waktu Anak Menonton TV

Sebelum itu, orang tua juga harus bisa menentukan jatah menonton televisi si anak. 
Semisal belajar 1 jam, menonton TV 30 menit. Dengan begini, anak akan menjadi disiplin.
Cara atur jadwal nonton TV anak di atas merupakan cara yang paling simple
Jadi ikutilah instruksi cara jadwal nonton tv anak di atas dan sesuaikan dengan si anak. 
Jika sesuai, maka jalankanlah dan buatlah anak menjadi disiplin.


Sumber:

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membuat Jadwal Nonton TV Untuk Anak ?"