Syarat dan Cara Daftar NUPTK

Sumber gambar : Pixabay.com/Pete Linfor

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan nomor induk yang wajib dimiliki oleh seorang guru atau Tenaga Kependidikan ( GTK). 

Nomor ini diberikan kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan, baik yang memiliki status sebagai PNS atau non-PNS yang sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sudah disyaratkan oleh Surat dari Dirjen GTK.

Syarat Pengajuan NUPTK 

NUPTK adalah nomor induk yang terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. 

NUPTK tidak akan berubah bahkan bila yang bersangkutan berpindah tempat kerja atau terjadi perubahan  data. 

Berikut adalah syarat pengajuan NUPTK terbaru tahun 2021 sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari Kemendikbud. 

  1. PTK sudah terdata dalam  base data Dapodik dan memiliki rombel/rombongan belajar
  2. Belum memiliki NUPTK
  3. Bertugas di satuan pendidikan yang sudah tercatat dan memiliki NPSN3
  4. Kartu Tanda Penduduk
  5. Ijazah mulai dari Pendidika  Dasar hingga Pendidikan Terakhir yang ditempuh
  6. Bukti bahwa sudah memiliki kualifikasi akademik. Kualifikasi dimaksud paling rendah adalah diploma IV ( D-IV ) atay Strata Sarjana S1 Pendidik pada satuan Pendidikan Formal.
  7. Bagi GTK yang berstatus sebagai PNS/CPNS maka wajib melampirkan SK/ Surat Keputusan Pengangkatan CPNS/PNS atau surat Keputusan/ SK Penugasan dari Dinas Pendidikan.
  8. Bagi GTK yang bukan berstatus sebagai PNS maka Surat Keputusan Pengangkatan/ Penugasan dari Kepala Dinas pendidikan yang bertugas pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemda
  9. Bagi GTK yang bukan PNS yang bertugas pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat telah bertugas setidaknya selama 2 tahun secara terus menerus dan dibuktikan dengan Surat keputusan pengangkatan dari badan hkum yayasan/ Ketua yayasan serta SK Penugasan/pembagian Jam mengajar dari kepala sekolah atau ketua yayasan.


Prosedur Pendaftaran NUPTK

Penerbitan NUPTK  diberikan kepada calon penerima NUPTK yang memenuhi seluruh persyaratan dan diajukan oleh sekolah. 

NUPTK diterbitkan oleh PDSPK dengan melalui aplikasi verval PTK setelah satuan pendidikan mengajukan penerbitan. 

NUPTK yang diajukan dapat dikabulkan apabila pendaftar sudah memenuhi semua persyaratan.

Proses pendaftaran NUPTK diawali dengan satuan pendidikan mengajukan pengajuan NUPTK melalui verval PTK. 

Pengajuan harus melampirkan dokumen dan syarat yang dibutuhkan. 

Semua dokumen dan syarat kemudian diverfikasi legalitas oleh Dinas Pendidikan selanjutnya LPMP/BPKLN akan memastikan bahwa seua dokumen yang sudah dilampirkan oleh pendaftar sudah sesuai dengan persyarayan yang dibutuhkan.

Langkah selanjutnya PDSPK akan memastikan bahwa semua dokumen sudah sesuai dan berlaku serta memastikan bahwa PTK yang bersangkutan masih berada di satuan pendidikan yang di maksud dan NUPTK akan diterbitkan.

Semua dokumen yang dilampirkan dikirim dalam bentuk elektronik/hasil scan. 

Dalam proses verifikasi, pemeriksaan berkas di dalam file elektronik untuk mengecek keaslian cap dan tanda tangan, keaslian hasil legalisir, serta masa berlaku berkas yang dilampirkan.

Manfaat dan Fungsi NUPTK

Mengapa GTK perlu memiliki NUPTK? Berikut manfaat dan fungsi dari NUPTK bagi guru dan Tenaga kependidikan.

Fungsi NUPTK antara lain untuk mendapatkan nomor identifikasi yang bersifat resmi secara nasional  yang dapat digunkan untuk mengikuti berbagai program yang diselenggarakan oleh pemerintah,  memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses atau mekanisme pendataan secara nasional yang dapat membantu pemerintah untuk membuat berbagai program peningkatan kesejahteraan untuk Guru dan Tenaga Pendidik.

Manfaat NUPTK antara lain sebagai syarat mengikuti program sertifikasi, sebagai syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi,  untuk memperoleh beasiswa pendidikan, dan untuk syarat mengikuti Ujian Kompetensi Guru/UKG.


Posting Komentar untuk "Syarat dan Cara Daftar NUPTK "