Cara Membuat Soal Pilihan Ganda dengan Google Form

Sumber : pixabay.com/Garaz
          

Salah satu tools untuk mengajar yang banyak digunakan adalah Google Forms. 

Google Forms ini merupakan bagian dari aplikasi online Google untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan anda dengan mudah selain fasilitas lain seperti documents, slides dan spreadsheet dari Google.  

Cara menggunakan google form

Untuk bisa menggunakan Google Form sebelumnya pastikan anda memiliki akun Google terlebh dahulu. 

Jika anda sudah memiliki email dengan “Gmail.com” maka itu berarti anda sudah memiliki akun Google. 

Langkah selanjutnya adalah dengan membuka tools Google Form melalui Google Drive atau anda juga bisa mengunjungi situs Forms.Google.com secara online.

  • Membuka Google Form melalui Google Drive: Sign in kea kun Google>klik Drive > MY Drive> klik More> klik Google Form. Setelah itu tampilan Google Form akan muncul.  Anda bisa mengganti judul form yang semula masih “Untitled Form” menjadi judul yang anda perlukan.

  • Membuka Google Form melalui Forms.google.com“ ketik “forms.google.com” di tab kosong. Selanjutnya klik “blank/kosong” setelah tampilan Google forms muncul.


Cara membuat pertanyaan pilihan ganda dengan google form

  • Membuat soal ulangan bagi siswa atau kuis untuk mahasiswa dengan sifat “pilhan ganda”  dengan Google Form sangat mudah. Anda hanya perlu menulis soal dan pilihan jawaban serta mengatur tipe pertanyaan pada section “pilihan ganda”.
  • Atur kunci jawaban serta skor yang diberikan untuk masing-masing nomor. Untuk mengatur skor klik > settings/ pengaturan dengan gambar ikon gear di pojok kanan bagian atas > pilih kuis > lalu klik “Jadikan ini sebagai kuis> klik save/simpan.  Lanjut dengan klik “Kunci jawaban” pada bagian kiri bawah layar. Klik/ pilih jawaban yang benar lalu masukkan nilai skor yang diinginkan.

Di Google Form Anda juga bisa membuat tipe pertanyaan esai ataupun centang.


Kelebihan dan kekurangan  google form

Sesuai dengan kemudahan Google Form dalam penggunaannya , Google Form juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai alat pengumpul data maupun sebagai form kuisioner. 

  • Kelebihan Google Form: sangat mudah untuk digunakan, apalagi form ini juga gratis. Anda tak perlu membeli layanan maupun aplikasi dalam pembuatan formulir menggunakan Google Form. 
  • Program terhitung ringan dan bisa dibagikan kepada pengguna lain. Program Google Form dapat dibagikan ke berbagai platform sehingga semua orang bisa mengikuti kuis dan mengisi sehingga mudah dan cepat dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Kelebihan lainnya adalah terhubung dengan fitur spreadsheet sehingga bisa melihat tanggapan dari kuis dengan rapi dan juga otomatis.

  • Akan tetapi tidak bisa menggunakan equation dengan langsung. Sehingga untuk membuat soal ulangan matematika misalnya, dapat disiasati dengan menjadikan soal dan pilihan jawaban kedalam bentuk gambar(bisa menggunakan snipping tool) .Setelah itu baru diupload pada field/tempat soal dan jawaban yang sudah disediakan pada google form.





Posting Komentar untuk "Cara Membuat Soal Pilihan Ganda dengan Google Form "