Perbedaan Metode, Pendekatan, Strategi dan Teknik Pembelajaran

 

Sumber : pixabay.com/Gerd Altman

Sebagai seorang guru sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara metode, pendekatan, strategi, serta teknik pembelajaran. 

Tidak sedikit diantara para guru yang masih bingung mengenai perbedaan dari strategi, model, teknik, dan pendekatan pembelajaran. 

Padahal, hal tersebut diatas merupakan hal yang berbeda dan memiliki peran serta fungsi masing-masing.


Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengimplementasiklan rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata guna mencapai tujuan pembelajaran. 

Terdapat beberapa jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, yaitu dengan menggunakan metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, laboratorium, pengamatan lapangan, debat, brainstorming, dan sebagainya.

Metode pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran agar proses belajar mengajar tidak membosankan dan membuat peserta didik mudah dalam mencerna dan memahami materi serta instruksi yang diberikan. 

Dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, pendidik harus dapat mengenali dan memperhatikan karakteristik dari peserta didik.

Yang perlu dipahami oleh pendidik, tidak semua metode cocok untuk diaplikasikan untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran tertentu. 

Dalam pelaksanaanya, pendidik dapat menggunakan lebih dari 1 atau 2 macam metode pembelajaran atau memodifikasi metode yang digunakan agar dapat mencapat tujuan pembelajaran.


Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses berlangsungnya pembelajaran. 

Hal ini merujuk pandangan terjadinya sebuah proses yang masih bersifat umum dan di dalamnya menampung, menguatkan, menginspirasi dan menjadi latar belakang dari suatu metode dalam pembelajaran dengan cakupan teoritis terntentu.

Pendekatan menjadi langkah awal bagi pembentukan ide dalam memandang suatu permasalahan atau objek kajian yang digunakan untuk menentukan arah, penggambaran dan pendeskripsian untuk melaksanakan ide tersebut.

Dari jenisnya, pendekatan pembelajaran memiliki dua jenis pembelajaran, yaitu pendekatan pembelajaran yang memiliki orientasi kepada peserta didik dan pendekatan pembelajaran yang memiliki orientasi kepada pendidik.


Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran adalah cara yang yang dilakukan melalui suatu prosedur dan sistematis dalam suatu aktivitas pembelajaran yang dimaksudkan guna meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran.

Menurut pemikiran dari JR David, di dalam strategi pembelajaran tersirat makna perencanaan, sehingga strategi pembelajaran pada hakikatnya masih bersifat konseptual terkait dengan keputusan yang akan diambil untuk melaksanakan proses pembelajaran. 

Dalam strategi pembelajaran harus memiliki cakupan sebagaimana berikut agar mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan:

1. Tujuan pembelajaran

2. Kegiatan pembelajaran

3. Materi pembelajaran

4. Pengelolaan kelas

5. Media pembelajaran

6. Penilaian

Strategi pembelajaran harus dikerjakan oleh pendidik dan peserta didik agar tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan efektif dan efisien. 

Menurut jenisnya, strategi pembelajaran dibagi menjadi dua kelompok, yaitu group-individual learning dan exposition – discovery learning. 

Di sisi lain, strategi pembelajaran ditinjau dari cara penyajian dan pengolahan dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu strategi pembelajaran deduktif dan strategi pembelajaran induktif.


Teknik Pembelajaran

Teknik pembelajaran merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh pendidik dalam mengimplementasikan metode pembelajaran secara spesifik. 

Unsur yang perlu diperhatikan dalam teknik pembelajaran antara lain:

1. Penjabaran operasional dari metode pembelajaran

2. Merupakan implementasi dari suatu metode

3. Memiliki prosedur pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran

Contohnya, penggunaan metode ceramah di dalam kelas dengan jumlah peserta didik yang terbatas tentu memiliki teknik yang berbeda apabila menggunakan metode ceramah di kelas dengan jumlah peserta didik yang banyak.  

Dengan memahami perbedaan dari metode, pendekatan, teknik, strategi pembelajaran maka pendidik akan mampu untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif dan efisien.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Metode, Pendekatan, Strategi dan Teknik Pembelajaran"