Siklus Penelitian Tindakan Kelas yang Wajib Anda Ketahui

Sumber : pixabay.com/kmicician

Ketika  hendak mengadakan penelitian tindakan kelas, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan, diantaranya adalah memahami siklus penelitian tindakan kelas.


Pengertian Siklus PTK

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas, melakukan suatu tindakan maka disebut sebagai satu siklus. 

Satu siklus merupakan rangkaian dari kegiatan penelitian yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Planning, Acting, Observing dan Reflecting.

Dalam melaksanakan PTK, diharap untuk melaksanakan PTK sebanyak minimal dua siklus dan salam satu siklus minimal dilaksanakan dua kali pertemuan pembelajaran. 

Jumlah siklus yang dibutuhkan salam satu kali PTK tergantung pada kebutuhan peneliti ketika merasakan sudah mendapat perbaikan yang sesuai dengan yang diharapkan setelah adanya PTK.

Setiap siklus digambarkan sebagai sebuah tahapan yang berlangsung secara bersambung satu sama lain. 

Namun demikian, terdapat dua siklus/tahapan yang bisa dilakukan bersamaan, yaitu acting dan observing. 

Ketika peneliti sedang melakukan penelitian dalam pertemuan pembelajaran, peneliti juga mengamati/observing keadaan di dalam kelas.


1. Tahap Planning/Perencanaan

Dalam tahap perencanaan, peneliti hendaknya menjabarkan mengenai apa (what), kapan (when), dimana (where ), mengapa (why) dan bagaimana (how) suatu penelitian akan dilakukan.  

Dalam melaksanakan tahap perencanaan, beberapa hal yang dilaksanakan antara lain:

  • Memilih tempat, waktu serta objek penelitian
  • Memilih model PTK yang hendak dilaksanakan
  • Merencanakan jumlah pertemuan dan siklus
  • Menentukan kompetensi dasar/ kompetensi yang hendak diuji
  • Menentukan kriteria keberhasilan
  • Merencanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang tepat untuk tindakan yang telah direncanakan
  • Mencari kebutuhan media dan sumber belajar
  • Mencari instrument dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan data penelitian dan mencatat hasil penelitian
  • Membuat daftar hadir


2. Tahap Acting / Pelaksanaan

Tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan atau acting dimana kegiatan penelitian yang telah direncanakan kemudian diterapkan. 

Dalam melaksanakan kegiatan pelaksanaan, penelitian diadakan di dalam kelas pembelajaran sesuai dengan rencana yang tersedia dan jadwal yang telah dibuat. 

Dalam pelaksanaan, maka peneliti dan kolaborator akan berada di kelas di tempat subjek penelitian.

Selanjutnya peneliti akan melakukan proses pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disiapkan se-natural mungkin. 

Pada tahap ini, siklus observing juga dilaksanakan. Observer akan hadir di dalam kelas dan mengambil posisi berada di sekitar siswa untuk mengamati proses pembelajaran.


3. Tahap Observing/ Pengamatan

Dalam melaksanakan tahap pengamatan di penelitian tindakan kelas, terdapat dua kegiatan yang akan diamati selama masa penelitian, yaitu proses kegiatan belajar dan kegiatan pembelajaran. 

Selama proses observing, terdapat satu pengamat /observer yang mengamati dan mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas sebagai data yang dibutuhkan untuk penelitian.

Observer ini bisa berupa rekan kerja, pengawas, kepala sekolah atau sebagainya. 

Kegiatan pengamatan dilakukan sesuai dengan kaidah prosedur serta perencanaan yang telah dibuat terkait dengan apa yang harus diamati dan bagaimana melakukan pengamatan sesuai dengan kesepakatan antara observer dan peneliti.


4. Tahap Reflecting/ Refleksi

Tahap refleksi merupakan kegiatan teraghir dalam siklus dimana pada tahap ini hal yang sudah dilakukan dalam penelitian kemudian dikemukakan dan dievaluasi untuk mengetahui apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum.

Dalam proses refleksi maka segala temuan, kelemahan dan kendala dalam proses pembelajaran akan dibahas dan didiskusikan sehingga bisa ditemukan solusi yang tepat akan temuan tersebut.

Pada kegiatan refleksi harus dapat mengidentifikasi adanya kelemahn dan kelebihan dari tindakan kelas yang dilakukan dan hasil dari siklus refleksi adalah rekomendasi yang kemudian akan digunakan sebgai landasan dalam membuat perencanaan pada siklus berikutnya.  

Setelah penelitian tindakan selesai, maka langkah berikutnya adalah membuat laporan Penelitian Tindakan kelas.

 





Posting Komentar untuk "Siklus Penelitian Tindakan Kelas yang Wajib Anda Ketahui"