Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Agar Tetap Semangat Belajar di Rumah

Melihat anak rang rajin belajar menjadi salah satu kebanggaan bagi orang tua, apalagi bila anak dapat meraih prestasi karena rajin belajar. Agar anak semangat belajar orang tua harus bisa memotivasi anak mereka.


Peran orang tua untuk memotivasi anak semangat belajar

Orang tua merupakan guru yang pertama bagi setiap anak. Oleh sebab, orang tua memegang peranan penting dalam pendidikan dasar yang didapatkan oleh anak-anak. 

Motivasi yang diberikan oleh orang tua merupakan salah satu bentuk nyata dukungan dari orang tua agar mereka sukses belajar. 

Dalam membangun motivasi belajar orang tua hendaknya tidak mengukur prestasi anak dalam bidang akademik namun juga non-akademik. 

Peran orang tua untuk mendorong anak semangat belajar menjadikan anak lebih percaya diri untuk lebih breprestasi.


Tips agar anak semangat belajar tanpa paksaan

Belajar tanpa paksaan pastinya akan meningkatkan prestasi anak. Namun membuat anak bisa belajar tanpa harus disuruh dan menjadi suatu kegiatan yang rutin membutuhkan ketelatenan dan dukungan dari orang tua. 

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ayah dan ibu agar bisa memberi motivasi kepada anak agar anak rajin belajar.


1.Ciptakan struktur belajar. Terapkan pola disiplin agar anak Anda rajin belajar misalnya dengan membuat jadwal belajar. 

Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai jadwal yang sesuai dengan kegiatan mereka di sekolah.


2. Berikan waktu kepada anak untuk melakukan hobi. Jangan terus menerus menyuruh anak belajr setiap saat. 

Berikan waktu agar anak dapat menikmati hobi mereka, mengikuti kegiatan ekstra di sekolah, ataupun sekedar bercengkrama dengan kawan satu kelas. 

Jangan hanya membebani anak dngan selalu menjdwlkan mereka terlalu banyak kegiatan seperti les sepulang sekolah.


3. Berikan reward ketika dia mendapat nilai bagus meskipun hanya pujian. Reward bagi anak-anak sangat penting karena ini akan membuat mereka merasa dihargai dan bangga. 

Jangan sekali-kali memberikan hadiah kepada anak Anda tanpa adanya usaha untuk belajar. Reward akan memotivasi anak Anda untuk semangat belajar dan mendapat hadiah yang dia inginkan. 

Ketika anak menjadi sudah terbiasa untuk belajar, lambat laun anak akan mengerti manfaat belajar rajin.


4. Fokus kepada kelebihan, bukan kekurangan. Jika anak Anda mendapat nilai buruk saat ulangan matematika, jangan di hukum. 

Mungkin dia mendapat nilai lebih di Bahasa atau Seni. Fokus untuk meningkatkan kelemahan anak namun jangan terlalu dipaksa agar anak tidak tertekan harus mendapat nilai yang selalu bagus di semua pelajaran.


Yang perlu dilakukan oleh orang tua saat menemani anak belajar

Ada baiknya sebagai orang tua menyempatkan diri untuk bisa menemani anak belajar. Berikut beberapa tips dan hal penting yang perlu orang tua lakukan saat mendampingi anak belajar di rumah.

• Orang tua mendampingi, bukan mengerjakan tugas mereka. Siapa di sini yang masih mengerjakan tugas anAnda?  

Seringkali karena anak belum paham atau terlalu lama mengerjakan tugas, malahan orang tua yang kemudian menyelesaikan tugas anak. 

Seharusnya yang benar, jika anak merasa kesulitan dan meminta bantuan, jangan langsung diberikan jawaban yang benar, tapi ajak anak untuk berpikir mencari jawaban yang menurut mereka sudah benar lalu koreksi jika salah.

• Siapkan anak menjadi pembelajar mandiri. Akan lebih baik jika orang tua mampu untuk mempersiapkan anak untuk menjadi pembelajar yang mandiri sehingga bisa paham akan tugas yang dikerjakan dan orang tua tinggal mendukung atau memfasilitasi yang dibutuhkan oleh anak saat mengerjakan tugas.

• Kenali bagaimana anak Anda belajar. Gaya belajar anak berbeda-beda. Kenali gaya belajar anak Anda. 

Ada yang mudah paham jika cukup dengan membaca, mendengra penjelasan ataupun melihat dengan visualisasi. Bila perlu praktikkan langsung agar lebih paham dengan tugas yang diberikan.


Posting Komentar untuk "5 Tips Agar Tetap Semangat Belajar di Rumah "