Cara Menggunakan Google Suite for Education untuk Pembelajaran Jarak Jauh


Google Suite for Education menurut pemahaman saya adalah layanan yang diberikan oleh Google dalam bidang pendidikan. Disini saya ingin menceritakan tentang pengalaman cara menggunakan Google Suite for Education dalam pelatihan yang saya ikuti.

Layanan yang diberikan dalam bentuk aplikasi yang didalamnya terdapat berbagai macam fitur untuk menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk penjelasan selengkapnya Anda dapat menanyakan pada rekan sejawat, tutor atau mentor yang sudah kompeten.

Disini saya hanya berbagi pengalaman mengikuti pelatihan Google Suite for Education baru-baru ini.

Pada bulan Februari 2021 kemarin saya dan beberapa rekan yang lain mengikuti pelatihan Google Suite for Education secara daring. 

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar enam puluh orang di wilayah tempat saya tinggal. Sebelum pelatihan dilaksanakan panitia membagi peserta kedalam beberapa kelompok atau WhatsApp grup. 

Setiap kelompok terdiri dari  sepuluh orang dan dibimbing oleh seorang mentor. Melalui grup WA ini mentor menyampaikan informasi dan kami berkomunikasi dengan rekan satu grup terkait dengan kegiatan tersebut.

Setelah itu mentor mengundang kami untuk bergabung kedalam kelas Google classroom. Sebelum saya lebih lanjut menceritakan rangkaian kegiatan pelatihan dari awal sampai akhir saya ingin memberikan gambaran secara singkat menu atau bagian Google classroom pelatihan tersebut.

Kelas Google classroom pelatihan yang saya ikuti menampilkan tiga menu (saya sebutnya menu, mungkin ada istilah lain yang lebih tepat). Menu yang tampil dilayar saya sebagai peserta adalah:

1.     Stream

Pada bagian ini saya dapat membaca notifikasi dari semua yang tergabung kedalam grup. Misalnya pada saat mentor menyapa peserta dan sebaliknya, pemberitahuan bahwa mentor telah membagikan file materi dan atau tugas, peserta melakukan komunikasi dengan peserta yang lain (chatting/komentar) dan lain sebagainya.

2.    Classwork

Yang kedua adalah classwork. Pada bagian ini tersedia 4 (empat) topik yaitu materi, presensi, administrasi dan penugasan.

3.    People

Disini saya dapat melihat daftar guru (mentor) dan siswa (peserta) dikelas yang saya ikuti. 


Berikut ini sebagian tampilan pada tiap menu yang disertai penjelasan secara singkat:


STREAM

Pada bagian ini peserta dapat melihat siaran atau notifikasi terkait postingan baik dari mentor atau sesama peserta yang lain. Kalau ingin melihat siaran/notifikasi apa saja di bagian ini maka saya klik garis atau strip yang berjumlah tiga seperti yang diberi tanda panah dibawah kemudian menuju bagian “stream”. Apabila bagian ‘stream’sudah di klik maka  akan muncul garis bawah di kata ‘stream’. Dan tampilannya seperti gambar dibawah ini:


Jika saya ingin mengetahui kegiatan yang kan datang maka saya klik ‘upcoming’ sedang untuk melihat semuanya saya klik ‘view all’.

 

CLASSWORK

Pada bagian atau menu “classwork” terdapat 4 (empat) topik yang bisa saya temukan dibagian kanan layar monitor. Keempat topik tersebut adalah:

Keterangan: Walaupun ‘Tugas’ ada dibagian paling atas, bukan berarti yang paling pertama dibagikan, tetapi biasanya urutan dari yang pertama adalah materi yang dibagikan lebih dahulu. Jadi urutannya adalah materi-administrasi-presensi-tugas.

 

·         Tugas

Pada bagian ini saya dapat melihat tugas apa saja yang harus dikerjakan, membaca panduan mengerjakan tugas, melihat tanggal dan waktu deadline pengumpulan tugas. Dari bagian ini pula saya mengumpulkan tugas. Pengumpulan tugas dengan klik Judul Tugas – Add/Create – Pilih file dari komputer atau My Drive – Upload – Turn in. Setelah saya mengumpulkan tugas maka akan ada keterangan ‘turned in’. Jika ingin membatalkan saya klik ‘unsubmit’ terus menggungah dan mengumpulkan lagi file (misal revisi) atau file lain yang akan dikumpulkan. 

Urutan dari yang pertama di share (hari pertama sampai ketiga sesuai tanggal) pada bagian classwork “tugas” adalah dari bawah. Jadi urutannya adalah:

Tugas 1 Google Classroom dan Google Meet

Tugas 2 Google Drive dan Google Docs

Tugas 3 Google Form dan Google Sheets

Tugas 4 Google Slides dan Google Jamboard


Untuk mengetahui detail masing-masing tugas diatas saya harus membaca 4 (empat) panduan yang dibagikan dalam bentuk Google Slides. 

Setiap panduan berisi langkah-langkah atau perintah untuk mengerjakan masing-masing tugas. Jadi panduan penugasan yang dibagikan pertama untuk mengerjakan tugas 1 yang terdiri dari Google Classroom dan Google Meet, panduan penugasan kedua untuk mengerjakan tugas 2 yaitu Google Drive dan Google docs, panduan penugasan ketiga untuk tugas 3 yaitu Google form dan Google sheets dan panduan penugasan keempat untuk tugas 4 yaitu SLI Slides dan Jamboard. 

Dalam mengerjakan tugas kita menggunakan template seperti yang digunakan pada panduan penugasan. Karena panduan penugasan menggunakan Google Slides maka saya mengerjakannnya juga dengan template Google Slides. 

Saya dapat membaca panduan penugasan secara offline yaitu dengan mengaktifkan ‘mode offline’ untuk Slides yang ingin saya baca secara offline. Selain itu, saya juga dapat men-download dalam bentuk powerpoint, pdf dan lain sebagainya dan menyimpannya di komputer atau USB Drive (flasdisk).

 

·        Presensi

Pada bagian ini saya mengisi daftar hadir dari hari pembukaan sampai  hari terakhir. Daftar hadir dibagikan dalam bentuk Google form. Saya mengisi daftar hadir dengan memilih salah satu diantara ‘hadir’ dan ‘terlambat hadir’ dengan bentuk kuis pilihan ganda seperti tampak pada gambar dibawah ini:

 

Classwork – Presensi Pembukaan



Classwork - Presensi H-1



Classwork – Presensi H-2 



Classwork-Presensi-H-3 



·         Administrasi

Pada bagian administrasi ini mentor membagikan schedule atau jadwal pelaksanaan pelatihan Google Suite for PJJ. Administrasi berisi schedule dalam bentuk Google sheet. Jika filenya dibuka maka  tampilannya seperti pada screenshoot dibawah gambar ini (gambar kedua). File yang diberi tanda panah adalah Google sheets, apabila didownload dan dibuka tampilannya seperti MS Excel.


Classwork – Administrasi


Gambaran Isi File Jadwal


·      Materi

Materi yang dibagikan pada saat pelatihan ada 8 sebagai berikut:

1)  Materi Google Classroom (File dalam bentuk Google Slides

2) Materi Google Slides (File dalam bentuk PDF)

3) Materi Google Form (File dalam bentuk PDF)

4) Materi Google Meet (File dalam bentuk Google Slides)

5) Materi Google Jamboard (File dalam bentuk PDF)

6) Materi Google Drive dan Google Docs (File dalam bentuk Google Slides)

7) Materi Google Slides dan Jamboard (File dalam bentuk Google Slides)

8) Motivasi (File dalam bentuk Google Slides)


PEOPLE : TEACHERS AND STUDENTS

Pada bagian ini saya dapat melihat siapa saja mentor yang membimbing dan siapa saja anggota yang tergabung dikelas saya. Disini mentor dapat berkolaborasi dengan mentor sesama mentor yang lainnya.



Setelah pelatihan berjalan dan beberapa tugas telah dikumpulkan, saya ingin mengetahui apakah tugas sudah dikerjakan dengan benar atau belum yakni dengan melihat hasil koreksi dari mentor atau pembimbing kelas saya. Untuk mengecek hasilnya saya arahkan kursor ke bagian atau menu ‘stream’ (panah yang atas) kemudian saya klik ‘view all’ (panah bawah). Lihat gambar dibawah ini:




Jika view all sudah di klik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Assigned untuk melihat daftar tugas. Missinguntuk melihat tugas yang sudah lewat/ tidak dikerjakan. Done untuk melihat tugas yang sudah dikumpulkan.  Klik done untuk melihat detailnya.

Muncul keterangan tugas apa saja yang sudah dikumpulkan baik yang sudah dikoreksi/dinilai atau yang belum. Jika sudah diberi nilai akan muncul dan sebaliknya.

Kesulitan:

1.  Saat mengerjakan tugas Google docs. Tidak bisa insert audio (tidak muncul gambar earphone). Bisanya masuk Drive kemudian insert link audio yang disimpan di Drive. Beberapa teman yang lain juga mengalami hal yang sama. Hari berikutnya  mencoba lagi dan bisa insert audio langsung ke docs. Di menu insert muncul pilihan audio.

2.  Saat mengerjakan tugas sheet. Nilai tidak bisa di sort dari yang paling rendah ke tinggi karena cell pada spreadsheet di merge. File aslinya dalam bentuk excel di merge.

3. Tabel nilai bisa di sort karena tidak di merge. Akan kesulitan saat membuat histogram atau pie diagram. Untuk membuat histogram atau pie diagram blok nama dan nilai. Rata-rata tidak perlu di blok/sort. Kemudian insert chart. Agar nama muncul pada axis horizontal (x) ubah pada bagian setup dan atau customize.Itulah materi pelatihan Google Suite for Education dan cara menggunakan Google Suite for Education yang saya dapatkan dalam ToT GSE 2021. Bagaimana dengan pelatihan yang Anda ikuti?

i





 




















 


 





Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Suite for Education untuk Pembelajaran Jarak Jauh "