Langkah-Langkah Membuat Soal HOTS dan Contohnya

Sumber : freepik.com/starline

HOTS merupakan singkatan dari High Order Thinking Skill yang merupakan proses berpikir tinggi.  

HOTS merupakan kemampuan untuk berpikir secara kritis, logis, reflektif, metakognitif, serta kreatif sehingga dapat disimpulkan sebagai kemampuan siswa untuk berpikir tingkat tinggi.

Panduan membuat soal HOTS

Untuk membuat soal dengan HOTS, penulis soal harus dapat mengidentifikasi perilaku yang akan diukur serta merumuskan materi sebagai dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu yang sesuai dengan perilaku yang diharapkan. 

Uraian materi yang ditanyakan dalam soal HOTS umumnya menuntut penalaran tinggi dan tidak selalu tersedia dalam buku pelajaran.

Oleh karena itu untuk membuat soal dengan metode HOTS dibutuhkan penguasaan akan materi ajar, keterampilan dalam menuliskan soal (sesuai dengan kaidah konstruksi soal)serta kreativitas guru dalam memilih stimulus soal yang sesuai dengan kondisi di satuan pendidikan yang diampu.

1.Menganalisis KD yang dapat dibuat menjadi soal dengan HOTS. Guru memilih KD yang dapat dibuat sebagai soal HOTS. Tidak semua KD dapat dibuat sebagai soal dengan model HOTS.

2.Menyusun kisi-kisi soal. Menulis kisi-kisi soal HOTS akan bermanfaat dalam membantu guru untuk menulis soal HOTS. 

Kisi-kisi soal tersebut akan menjadi panduan bagi guru untuk membuat soal HOTS. Kisi – kisi soal tersebut akan digunakan untuk memilih KD yang bisa dibuat sebagai soal HOTS, memilih materi pokok yang memiliki kaitan dengan KD yang hendak diuji, membuat rumusan indicator soal serta menentukan level kognitif yang hendak dicapai.

3.Menggunakan stimulus soal yang kontekstual namun tetap menarik. Stimulus dalam soal HOTS hendaknya mampu mendorong siswa untuk membaca stimulus. 

Stimulus yang baru dan belum pernah dibaca didwa merupakan stimulus yang menarik sedangkan stimulus kontekstual merupakan stimulus yang dibuat sesuai dengan kenyataan yang terjadi dalam keseharian namun tetap menarik dan mendorong siswa untuk membaca.

4.Menulis pertanyaan HOTS dengan menggunakan kisi-kisi soal. Setiap buitr pertanyaan HOTS harus ditulis sesuai dengan kaidah penulisan soal HOTS. Kaidah penulisan soal HOTS sedikit berbeda dengan kaidah penulisan soal yang umum. 

Perbedaan ini terletak pada materi soal HOTS, sedangkan bahasa dan konstruksi hampir sama dngan pertanyaan model lain.

5.Membuat penskoran soal HOTS dan kunci jawaban. Setiap soal HOTS harus dilengkapi dengan pendoman penilaian/penskoran. 

Pedoman penskoran dibuat apabila soal dibuat dalam bentuk soal uraian. Kunci jawaban dibuat untuk soal HOTS dengan bentuk soal pilihan ganda, pilihan kompleks serta jawaban singkat.


Contoh soal HOTS

Soal HOTS haruslah mengikuti indicator pengukuran yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir yang tidak hanya sekedar mengingat, memahami serta menerapkan sebagaimana metode konstruksi soal pada umumnya. Berikut adalah contoh soal HOTS dengan beberapa teknik.

1.Soal HOTS dengan menggunakan konteks nyata

2.Soal HOTS dengan memberikan analisis visual

Sajikan soal dengan gambar rantai makanan.

Contoh soal : soal 1 < apakah peran tikus dalam rantai makanan di atas?

Soal 2 <Jika petani menerapkan pestisida yang akan menurunkan jumlah tikus dengan significant, apa yang akan terjadi dengan burung Elang?

3.Soal HOTS dengan meminta siswa memberikan alasan atas jawaban yang diberikan.

Contoh soal: Abad 21 merupakan abad digital dan informasi. Derasnya arus informasi bisa menimbulkan dampak negative terhadap disintegrasi bangsa. Misalnya dengan kejadian penyebaran kasus SARA yang diunggah oleh pelajar di media sosial. 

Berita yang belum dijamin kebenarannya itu kemudian tersebar luas di masyarakat. Berita tersebut kemudian menimbulkan konflik di masyarakat. 

Oleh karena itu penggunaan media sosial oleh pelajar harus dibatasi. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Berikan alasannya.

Demikian langkah-langkah menyusun soal HOTS. Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah masih ada yang perlu ditambahkan? Silakan tulisan informasi Anda dikolom komentar dan jangan lupa ikuti blog ini yaa? Terima kasih dan semoga bermanfaat.


 

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Membuat Soal HOTS dan Contohnya"