Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teori Pendidikan Menurut Para Ahli


Sebagai seorang pengajar, mengenali teori pendidikan sangat penting dalam proses pembelajaran, pengarahan, pembimbingan dan pelatihan kepada siswa.

Definisi Teori Pendidikan

Teori pendidikan adalah system/konsep pendidikan yang terpadu, menerangkan dan predicative dalam peristiwa pendidikan.  

Definisi pendidikan sebagai sebuah proses dalam upaya untuk mengubah perilaku dan sikap seseorang atau kelompok, sebuah usaha untuk mendewasakan manusia dengan pengajaran dan pelatihan yang berkesinambungan.


1. Teori Pendidikan Klasik

Teori pendidikan klasik adalah sebuah teori pendidikan yang menggunakan asas yang berlandaskan kepada filsafat klasik seperti essensialisme, eksistensialisme dan perenialisme.

Teori pendidikan klasik merumuskan pendidikan sebagai sebuah ajang untuk pelestarian budaya dan pewarisan budaya. Teori pendidikan ini lebih terfokus kepada peranan dari isi pendidikan tersebut dibandingkan dengan proses.

Dalam penerapan praktik teori pendidikan klasik, konsep pendidikan memiliki peran yang cukup kuat dan peserta didik memiliki peran pasif sebagai pihak yang menerima pengajaran/informasi dari pengajar.

Teori pendidikan klasik ini menjadi sumber pengembangan bagi model kurikulum subjek akademis. Kurikulum ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada siswa dan melatih siswa menggunakan ide dan proses penelitian dengan menggunakan metode yang sudah ada.


2. Teori Pendidikan Personal

Teori pendidikan personal adalah teori pendidikan yang memberikan penekanan kepada setiap keyakinan yang dimiliki oleh setiap orang bahwa mereka memiliki potensi pada diri mereka masing-masing yang sudah dibawa semenjak lahir.

Dengan adanya pendidikan, diharapkan mampu memfasilitasi orang untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.  Teori Pendidikan Personal memiliki dua aliran berbeda, yaitu Romantik dan Progresif

• Romantik. Merupakan aliran dimana memiliki keyakinan setiap individu berada dalam keadaan fitrah, memiliki bnurani akan kejujuran, ketulusan dan kebenaran.

• Progresif. Peserta didik dianggap sebagai satu kesatuan yang utuh. Materi pengajaran diambil dari pengalaman siswa tersebut sesuai dengan kebutuhan dan minat yang dimiliki. Siswa kemudian merefleksikan terhadap masalah yang muncul.


3. Teori Teknologi Pendidikan

Teori teknologi Pendidikan adalah konsep pendidikan yang hampir sama dengan teori pendidikan klasik utamanya mengenai peranan pendidikan dalam menyebarkan informasi.

Perbedaan dalam teknologi pendidikan dengan teori pendidikan klasik.


4. Teori Pendidikan Interaksional

Teori pendidikan interaksional adalah konsep pendidikan yang menyadari prinsip hidup manusia sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan orang lain untuk berinteraksi. Interaksi dalam dunia pendidikan sebagaimana dimaksud adalah terjalinnya komunikasi timbal balik antara pengajar dengan siswa, serta dengan lingkungan.


Aliran Pendidikan

Berdasarkan teori pendidikan di atas maka timbul beberapa aliran pendidikan yang dicetuskan oleh beberapa ahli.


1. Aliran Nativisme

Aliran ini dicetuskan oleh Schopenhauer. Aliran ini memiliki pAndangan bahwa bakat/potensi dalam diri seseorang memiliki peran yang penting. Tidak ada gunanya mendidik seseorang apabila tidak memiliki bakat.


2. Aliran Empirisme

Aliran ini dicetuskan oleh John Locke. Menurut dia pendidikan merupakan hal yang penting. Salah satu teori yang terkenal adalah teori Tabula Rasa.

Teori Tabula Rasa mengemukakan bahwa setiap kelahiran seorang anak digambarkan sebagai kertas putih bersih yang siap untuk diwarnai oleh penulis. Dalam konteks ini,  warna pendidikan yang diajarkan kepada siswa. 

Dengan begitu, pendidikan dapat memberikan berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang luas kepada siswa.


3. Aliran Konvergensi

Aliran ini dikemukakan oleh William Stern. Aliran ini mengakui akan keberadaan serta kebenaran dari teori aliran pertama dan kedua. 

Manfaat pendidikan merupakan hal yang sangat vital namun begitu bakat/potensi yang ada dalam diri siswa juga sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan dari proses pendidikan. 

Aliran ini seperti mencampuradukkan aliran pertama dan kedua. Aliran konvergensi merupakan aliran pendidikan yang saat ini banyak dianut dan digunakan.

 


Posting Komentar untuk "Pengertian Teori Pendidikan Menurut Para Ahli"