Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menulis Cerpen yang Asyik

 

Ilustrasi menulis : Pixabay/Karolina Grabowska

Banyak orang yang menaruh minatnya dalam menulis cerpen. Tapi kebanyakan dari mereka yang belum mengetahui cara menulis cerpen yang emosional. Padahal melibatkan emosi dalam karya dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca.

Teknik menulis cerpen itu tidaklah sembarangan. Walaupun itu cerita fiksi, namun diharuskan untuk mengetahui aspek peran emosi. Berikut adalah cara menulis cerpen yang emosional.

Studi Kasus Langsung

Lucu rasanya jika orang menulis sebuah cerpen namun ada skenario yang tidak seperti di dunia nyata. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Seorang penulis harus berani mewawancarai langsung. Karena  emosi yang dikeluarkan oleh orang tersebut akan terasa langsung ketika diwawancarai.

Selain dari wawancara langsung, seorang penulis harus bisa mengerti betul latar belakang suasana yang hendak ditulis. Semisal hendak menulis dengan latar bunga sakura di jepang. Selain mengunjungi negaranya langsung, bisa dengan melihat vlog untuk mendapatkan emosi dari bunga sakura.

Gunakan Diksi

Cara menulis cerpen yang menarik, kuncinya ada di diksi. Carilah diksi yang menggunakan bahasa sesuai dengan latar emosi. Jadi diksi yang tidak terlalu berat, pembaca akan lebih memaknainya.

Menggambarkan Emosi Tokoh

Muncul sebuah pertanyaan, bagaimana cara penggambaran emosi dari sebuah tokoh? Ketika menulis cerpen, harus totalitas, jangan setengah setengah ketika menggambarkan karakter. Tidak cukup dengan penjelasan “dia jahat, dia baik, dia penyayang”.

Perlu adanya tindakan fisik tokoh langsung untuk dapat meregenerasi emosi. Jadi pembaca ketika membaca tokoh A, secara tidak langsung pembaca akan bisa merasakan emosi yang ada di tokoh tersebut. Entah itu jahat, baik, atau yang lainnya.


Showing

Selain dapat menambah jumlah kata pada cerpen, showing juga dapat menggambarkan emosi. Cara ini paling banyak dipakai oleh penulis, karena terbukti ini adalah cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca.

Bahkan kebanyakan pembaca cerpen maupun novel yang mulai merasakan emosi ketika penggambaran emosi tersebut diseret pada showing.

Cara menulis cerpen yang emosional itu memang butuh kesabaran. Agar bisa dengan mudah menulis cerpen, harus banyak banyak banyak membaca dan menulis. Karena kaya akan kosakata dan pilihan kata dapat membuat cerpen menjadi menarik.


Sumber:

https://www.wattpad.com/668798812-serba-serbi-kepenulisan-28-tips-memainkan-emosi/page/2

https://jiaeffendie.wordpress.com/2014/04/10/menggambarkan-emosi-dalam-cerita-tanpa-membuat-karaktermu-terlalu-sadar-diri/

http://mauljr.blogspot.com/2014/05/tips-menulis-untuk-pemula-agar-pembaca.html

https://pelayananpublik.id/2019/11/02/cara-menulis-cerpen-yang-menarik-dan-enak-dibaca/

 

Posting Komentar untuk "4 Cara Menulis Cerpen yang Asyik"