Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan

Sumber : freepik/1m resources

Setiap orang punya tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sayangnya tak sedikit yang mengabaikan hal itu dan malah membuat lingkungan tercemar, alhasil banyak hal mengerikan yang terjadi. Mulai dari bencana alam yang diakibatkan ulah manusia, hingga hal-hal tak terduga berakibat buruk pada manusia itu sendiri.


Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan

Dengan mengetahui cara menjaga kelestarian lingkungan berikut paling tidak semakin banyak orang yang sadar bahwa berdamai dan bersahabat dengannya sangat penting. Apalagi cara yang harus dilakukan tergolong sangat mudah.

1.  Daur Ulang

Biasakan untuk menggunakan produk daur ulang untuk meminimalisir pencemaran lingkungan. Contohnya dengan menggunakan kembali botol bekas sebagai pot bunga atau benda lain yang bermanfaat, atau menjadikan kertas bekas sebagai hiasan ruang tamu yang indah.

2.  Buang Sampah

Jangan lagi membuang sampah sembarangan, mulailah membuangnya sesuai jenis sampah. Caranya dengan membuat tong sampah plastik, daur ulang, dan sampah rumah tangga, dan perbanyak jumlahnya di rumah maupun di kantor, sehingga semakin banyak orang bisa mengurangi sampah yang akan merusak lingkungan.

3.  Reboisasi

Reboisasi agar hutan tetap hijau dan jadi penyerap air maksimal yang mencegah bencana banjir dan longsor.

4.  Sosialisasi

Jangan berhenti melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, karena lingkungan bukan hanya ada saat ini, tapi akan jadi tempat generasi selanjutnya untuk hidup dan berkembang.

5.  Hemat Energi

Gunakan air seperlunya, matikan listrik jika tidak dibutuhkan merupakan cara hemat energi agar sumber daya alam yang menjadi sumber energi tetap ada hingga kapanpun. Karena menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab semua, bukan hanya pemerintah atau pihak tertentu saja.

Itulah lima cara menjaga kelestarian lingkunganyang bisa diterapkan mulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat yaitu keluarga. Karena sekecil apapun upaya yang dilakukan, jika konsisten akan menghasilkan dampak luar biasa untuk lingkungan. Jangan tunggu bencana datang, baru bertindak! Lakukan mulai sekarang dan seterusnya.


Sumber :

1.  https://brainly.co.id/tugas/185885

2.  https://ilmugeografi.com/biogeografi/cara-melestarikan-lingkungan-alam

3.  http://www.habibullahurl.com/2017/01/cara-menjaga-kelestarian-lingkungan-alam.html

 

 

Posting Komentar untuk "5 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan"