Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Back to School dengan Variasi Menu Bekal Sekolah Sederhana

 

Sumber : freepik.com/1m resources

Bekal sekolah untuk anak sangat penting. Dengan membawa bekal anak Anda akan terhindar makan jajan sehingga menu makanan anak menjadi lebih bergizi dan sehat. 

Namun begitu, seringkali anak merasa bosan dengan menu bekal yang itu-itu saja sehingga tak jarang mereka menjadi tak mau makan bekal mereka. 


Ide menu variasi bekal sekolah 

Berikut beberapa variasi menu yang bisa Anda 

Selain menu yang bervariasi, menyusun menu yang sehat dan bergizi sangat penting agar anak bisa tetap berenergi untuk menjalani aktvitas di sekolah sepanjang hari. 

Olahan Tempe. Jika biasanya tempe disajikan dengan di goreng atau di bacem, variasi olahan tempe seperti nugget temped an burger tempe bisa menjadi pilihan menarik untuk protein anak. 

Variasi nasi goreng. Nasi goreng sepertinya adalah menu wajib bagi bekal sekolah. Nah supaya nasi goreng tidak membosankan, Anda bisa membuat variasi nasi goreng seperti nasi goreng selimut dengan memberikan bentuk boneka ke nasi goreng dan menutupi boneka nasi goreng tersebut dengan telur dadar tipis. Jangan lupa beri selada serta tomat sebagai pemanis menu bekal. 

Olahan telur. Untuk olahan telur ini ada banyak sekali variasi yang bisa Anda buat sebagai bekal. Ide yang pertama adalah telur gulung. Di telur gulung ini Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan bayam yang diiris tipis. Menu lainnya adalah macaroni omelet. Omelet yang dicampur dengan macaroni rebus dan sosis merupakan lauk yang lezat untuk anak Anda. 


Pedoman menyusun menu bekal sehat 

Selain menu bekal yang bervariasi, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah memastikan menu bekal anak Anda merupakan bekal sehat yang memenuhi kebutuhan nutrisi dan energy setiap hari. Tidak perlu makanan yang mahal karena yang terpenting ketika menyiapkan bekal adalah memastikan menu tersebut mengandung semua kebutuhan gizi anak mulai dari protein, karbohider, serat, mineral serta kalsium. Selain gizi yang seimbang, bekal sekolah yang sehat juga harus memenuhi standar kemanan pangan. 

1.Kenali jenis panganan yang aman. Yaitu panganan yang bebas bahan kimia dan bahan berbahaya lain seperti pewarna makanan dan pemanis buatan. 

2.Beli makanan yang aman. Jika makan di luar, ajari anak untuk memilih makanan yang aman seperti bebas debu, bebas lalat, bersih serta lokasi penjual jauh dari timbunan sampah. 

3.Baca label makanan serta tanggal kadaluarsa. 

4.Menjaga kebersihan saat mentiapkan bekal 


Tips saat menyiapkan bekal anak 

Sebelum menyiapkan bekal untuk anak, simak tips berikut agar anak menyukai bekal yang dibawa. 

1.Tanyakan apa saja makanan yang disukai dan tidak disukai oleh anak. Jangan pernah memaksa anak untuk memakan menu bekal yang tidak dia sukai karena anak pasti tidak akan menghabiskanya. 

2.Berikan beberapa pilihan menu yang anak sukai. Anda juga bisa menyisipkan beberapa kudapan favorit anak agar anak semakin semangat ketika santap menu bekal. Hanya saja, ingat porsi kudapan karena dapat membuat anak kenyang lebih cepat. 

3.Cari referensi menu ide bekal untuk anak sekolah di internet, koran atau beli buku resep masak. Kabar baiknya, seringkali resep dilengkapi dengan info kandungan gizi sehingga kita jadi tahu asupan nutrisi yang masuk saat anak memakan bekal tersebut. 

4.Hias makanan agar tampak menarik sehingga anak akan menghabiskan makanan mereka. Menu bekal bento memang agak ribet ketika menghias, namun hasilnya yang bagus dan menarik akan membuat anak Anda menyukai bekal mereka. 

5.Pastikan menu bekal mereka memenuhi kebutuhan harian anak Anda. 


Posting Komentar untuk "Back to School dengan Variasi Menu Bekal Sekolah Sederhana "