Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Kecerdasan Emosional Anak Sejak Dini

Sumber : freepik.com/fwstudio

Memiliki keseimbangan kecerdasan emosional, spiritual dan intelegensia merupakan hal yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. 

Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan oleh sebab itu, sangat penting untuk melatih kecerdasan emosional semenjak usia dini.

Memahami pentingnya kecerdasan emosional anak

Kecerdasan emosi sangat mendukung kesuksesan seorang anak. Kecerdasan emosional anak berhubungan dengan kemampuan anak untuk memahami dan mengenali perasaan orang lain ketika mereka berinteraksi dengan ditandai bagaimana seorang anak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka, bagaimana mereka melibatkan emosi, perilaku dan sikap dalam pertemanan. 

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seorang anak untuk mengatur emosi, mengekspresikan perasaan emosional mereka ataupun keadaan yang sedang mereka alami. 

Sebenarnya kemampuan ini akan berkembang seiring berjalannya waktu, namun keluarga dan lingkungan menjadi faktor yang sangat menentukan bagaimana anak mampu mengembangkan dan mengasah emosional anak. 

Terdapat beberapa kecerdasan emosional yang mampu memberikan kualitas support kepada keberhasilan hidup seperti rasa empati, disiplin dan mandiri, mampu mengendalikan amarah, mampu memahami dan mengungkapkan perasaan, memiliki kemampua untuk beradaptasi dengan baik, menjadi pribadi yang banyak disukai, dapat menyelesaikan masalah antar individu, keramahan, sikap menghormati, kesetiakawanan, serta keramahan. 

Kualitas tersebut diatas memiliki peran penting dalam setiap perkembangan anak.

 

Cara melatih kecerdasan emosional anak 

• Membaca Buku Untuk Anak

Hal Pertama yang bisa dilakukan untuk melatih kecerdasan emosional anak adalah dengan membaca buku. 

Biasakan membaca buku menjalang todur karena selain akan menambah wawasan juga dapat mempererat hubungan antara anak dengan orang tua. 

Hubungan yang dekat dengan orang tua akan membuat anak merasa nyaman berada dengan orang tuanya dan memiliki emosi yang positif. 

• Melatih kesabaran Anak

Cobalah untuk melatih anak untuk sabar. Hal ini bisa dilakukan missal dengan membiasakan antri menunggu giliran. Melatih kesabaran ini bisa dilakukan di sekolah maupun di rumah.

• Ajak Anak untuk berbagi dan bersikap peduli kepada sesama

Latih kedua sifat ini dengan cara yang paling mudah, yaitu dengan membiasakan anak untuk berbagi mainan dengan teman, atau membagi makanan.

• Latih anak untuk bertanggung jawab

Latih anak untuk memiliki sifat bertanggung jawab semenjak dini dengan cara membuat pembiasaan/kebiasaan semenjak dini yang sudah disepakati antara anak dengan orang tua. Misalnya, anak jika selesai bermain harus membereskan kembali mainan dan menaruh kembali ke rak mainan. 

• Bersikap jujur dan realistis

Anak yang memiliki manajemen emosional negative akan merasa sulit untuk mengatur emosi ketika mereka berhadapan dengan keadaan atau situasi yang tidak diharapkan 

• Bantu anak Anda untuk mengenali emosi mereka sendiri 

Tentunya hal ini diajarkan semenjak masih usia dini

• Membiasakan anak dengan tata karma

Sopan santun sangat erat hubungannya dengan pembiasaan. Konsisten memberikan contoh sopan santun akan membantu anak mengembangkan kecerdasan emosional mereka. 

• Ajarkan anak untuk menerima emosi negatif

Berikan pemahaman kepada anak bahwa taka pa ia merasa sedih, marah ataupun kesal dengan sesuatu yang terjadi di lingkungannya. 

• Buatlah batasan serta cara penyelesaian

Apabila anak mengeluarkan emosi negative secara berlebihan, maka penting bagi orang tua untuk mulai membatasi sikap dan memberikan solusi kepada anak agar dia bisa mengatur emosi. 

Hal ini sedikit banyak hampir sama dengan memahmi perasaan emosional dari anak namun Anda dituntut untuk bersikap lebih tegas agar anak tidak mengalami tantrum yang berlebihan. 

Semakin dini anak menerima rangsangan emosional positif dari lingkungan maka mereka akan memiliki potensi lebih besar untuk memiliki kecerdasan emosional yang stabil. 


Posting Komentar untuk "Cara Melatih Kecerdasan Emosional Anak Sejak Dini"