Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Belajar Efektif Supaya Cepat Masuk ke Otak

Sumber : pixabay.com/eommina

Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh semua orang, tidak mengenal usia, pekerjaan dan status sosial. 

Ada yang bilang bahwa hidup sepenuhnya tentang belajar. Meski begitu, cara belajar efektif tidak semua orang bisa mengaplikasikan dengan baik.

Tidak bisa memaksimalkan kemampuan belajar adalah masalah semua orang. Oleh karena itu berikut ini adalah tips dan trik untuk membuat belajar menjadi efektif dan tanpa hambatan:

1.Buat ruang belajar menjadi nyaman

Belajar dengan ruangan yang berantakan akan memperkeruh fokus belajar. Ruangan yang rapi dan tertata dengan baik akan membuat cara belajar yang nyaman. 

Jadi sebelum belajar, siapkan posisi ruang yang nyaman dan jangan lupa tambahkan wewangian agar mood belajar kamu bagus.

2.Sesuaikan mood belajar dengan musik

Setiap orang punya preferensi musiknya masing-masing, terutama saat sedang belajar atau bekerja. 

Ada orang yang menggunakan musik untuk fokus belajar dengan musik yang menghentak-hentak keras seperti rock atau metal, namun ada juga yang suka dengan musik lembut seperti pop melow atau lo-fi.

Caranya untuk menemukan musik yang tepat adalah coba putar salah satu genre musik dan mulailah belajar, jika merasa kurang cocok atau malah mengganggu, ganti dan terus lakukan sampai menemukan yang cocok. 

3.Siapkan minuman dan makanan yang meningkatkan fokus

Minuman dan Makanan bisa membuat fokus belajar. Salah satu minuman pendamping belajar adalah kopi karena bisa meningkatkan fokus dan menghindari ngantuk yang bisa jadi penghambat belajar kamu 

4.Jauhkan smartphone

Notifikasi smartphone memang menjadi salah satu penghambat belajar. Ketika belajar dan masih saja melihat smartphone akan membuat kehilangan fokus belajar. 

Belajar tidak dengan fokus yang baik akan tidak efektif dan menjadi sia-sia karena akan lupa dengan materi yang dipelajari.

5.Mulai belajar dengan porsi sedikit

Salah satu trik belajar efektif lainnya adalah tidak memforsir volume belajar. Mulailah dengan porsi yang sedikit-demi sedikit namun harus konsisten. 

Jika sudah konsisten, tingkatkan porsi agar menjadi kebiasaan dan belajar akan menjadi kebutuhan.

Belajar adalah kebutuhan individu yang harus pelakunya sendiri bagaimana metode yang paling tepat. Oleh karena itu cara belajar efektif tiap orang bisa berbeda-beda. 

Meski begitu, terus gali preferensi belajar dari orang lain untuk mencari mana yang paling sesuai dengan gaya belajar anda.  

Itulah tadi tips tentang bagaimana agar belajar cepat masuk ke otak. Dapatkan informasi bermanfaat seputar pendidikan dan parenting serta hal-hal menarik lainnya.


Posting Komentar untuk "5 Cara Belajar Efektif Supaya Cepat Masuk ke Otak "