Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Kuliah Universitas dengan Jurusan Otomotif Terbaik di Indonesia

    Beasiswa Kuliah Universitas dengan Jurusan Otomotif Terbaik di Indonesia
   /Pixabay/F.Muhammad
 

Pendidikan otomotif umumnya didapatkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Seiring dengan berkembangnya dunia industri, saat ini banyak Perguruan Tinggi yang membuka Program Studi Teknik Otomotif. 

Meskipun jumlahnya tidak banyak, 4 dari 7 Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sudah memiliki akreditasi A BAN-PT. Berikut ini 7 Perguruan dengan jurusan Teknik Otomotif terbaik dan membuka program Beasiswa kuliah otomotif.

Universitas Negeri Makassar

Meski belum lama dibuka, prodi Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar sudah terakreditasi A. Kampus ini juga menyediakan program beasiswa untuk mahasiswa yang ingin masuk jurusan ini. UNM memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan Teknik Otomotif yang kompetitif, cerdas, berkarakter dan berjiwa kewirausahaan sehingga mampu bersaing di tingkat lokal hingga internasional. 

Prodi ini menjadi bagian dari Fakultas Teknik dengan beberapa mata kuliah pendukung seperti material teknik, elektronika otomotif, termodinamika dan perpindahan panas, teknologi alat berat dan modifikasi sepeda motor.

Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang memiliki jurusan Teknik Mesin dengan akreditasi A dari BAN-PT. Teknik otomotif masuk ke dalam peminatan pada program studi ini. Untuk dapat lulus dan menjadi sarjana, mahasiswa dibebani 144 hingga 152 SKS. Mata kuliah yang akan dipelajari diantaranya adalah teknologi motor bensin, peralatan otomotif, kelistrikan engine, teknologi motor diesel, perbaikan bodi kendaraan dan sistem kontrol mesin. Sama seperti Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang ada di Indonesia, UM membuka program beasiswa bagi siswa berprestasi yang akan masuk ke program studi ini.

Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) menyiapkan tenaga pendidik untuk SMK dengan membuka jurusan Teknik Otomotif. Program Studi ini sudah terakreditasi A sehingga teman-teman yang akan mendaftar di prodi ini tidak perlu khawatir. Akreditasi merupakan ukuran untuk menentukan jika kegiatan pendidikan yang diselenggarakan telah sesuai dengan standar BAN-PT. Jika ingin mendapat beasiswa penuh selama 4 tahun, calon mahasiswa bisa mendaftar menggunakan program bidikmisi.

Universitas Negeri Yogyakarta

Tidak kalah dengan 3 Perguruan Tinggi lainnya, Program Studi Teknik Otomotif UNY juga sudah memiliki akreditasi A. Mata kuliah yang akan dipelajari diantaranya adalah listrik dan elektronika, teknik otomotif dasar, termodinamika, elemen mekanik otomotif dan teknologi sepeda motor. UNY memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung perkuliahan dan praktik kerja program studi ini. Tersedia bengkel chasis, bengkel engine, bengkel kelistrikan, bengkel bodi dan cat, bengkel sepeda motor, lab metrologi, lab bahan teknik, lab mekanika fluida, lab hidro-pneumatik dan lab komputer.

Universitas Negeri Semarang

UNNES membuka program studi S1 Teknik Otomotif baru sejak 2012. Meski demikian kampus ini sudah memiliki akreditasi B untuk Program Studi Otomotif. Mahasiswa pada program studi ini akan dibekali kompetensi seputar pengetahuan teknik otomotif, teknologi otomotif dan perawatan otomotif.

Universitas Negeri Medan

Salah satu program studi yang dimiliki Fakultas Teknik UNM adalah Teknik Otomotif. Sejak 2015, program studi ini sudah memiliki akreditasi B dari BAN PT. Berbagai program beasiswa pun disediakan untuk mahasiswanya. Teman-teman bisa mulai mendaftar pada Perguruan Tinggi ini dengan mengikuti jalur prestasi.

Universitas Muhammadiyah Purworejo

UMP merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi swasta di Indonesia yang membuka jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Berbeda dengan Universitas lainnya, Program Studi ini masuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

Berbeda dengan jurusan Teknik Otomotif di Sekolah Menengah Kejuruan, lulusan Teknik Otomotif dari perguruan tinggi lebih difokuskan menjadi trainer dan pendidik. 

Meski demikian bagi teman-teman yang lebih tertarik untuk terjun langsung di lapangan bisa masuk ke dalam bidang pekerjaan otomotif, pesawat terbang, robotik bidang permesinan lainnya. 

Jika ingin mengikuti program beasiswa, teman-teman harus giat mencari informasi seputar program studi yang diinginkan. Sebenarnya banyak program Beasiswa kuliah otomotif yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta, keterbatasan informasi yang biasanya menjadi penghalang. 

Setiap program beasiswa memiliki kualifikasi tersendiri, sebelum mendaftar pastikan teman-teman sudah berusaha memenuhi kualifikasi tersebut agar mendapat hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menanyakan secara langsung pada kampus otomotif yang diminati untuk informasi yang lebih detail.


Posting Komentar untuk "Beasiswa Kuliah Universitas dengan Jurusan Otomotif Terbaik di Indonesia "