Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Politeknik yang Terkenal di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Politeknik adalah sebuah institut pendidikan yang lebih mengedepankan sistem pembelajaran praktis dari pada teori. Kurikulum yang dimiliki umumnya 55 persen praktek, dan 45 persen teori. Berikut adalah Politeknik di Jawa Tengah.

Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Semarang atau dikenal sebagai sebutan Polines adalah perguruan tinggi negeri yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Polines pada awal pendiriannya merupakan bagian dari Universitas Diponegoro Semarang atau UNDIP. 

Seiring berjalannya waktu, dan semakin mandirinya Politeknik Universitas Diponegoro, maka berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI, Politeknik tersebut dinyatakan mandiri dan lepas dari manajemen UNDIP, dan berdiri dengan nama Polines sejak tahun 1997. 

Sistem pendidikan yang dimiliki Polines adalah kelas dengan anggota mahasiswa yang  terdiri sekitar dua puluh empat orang per kelas. Ditambah dengan materi-materi klasik yaitu teori, dan ditunjang dengan diskusi, latihan, dan praktek. 

Serta ditunjang pula dengan Kuliah Kerja Lapangan atau KKL, dan Praktek Kerja Lapangan atau PKL. Ciri utama pendidikannya adalah vokasi serta membekali mahasiswa dengan kemampuan memecahkan masalah praktis berdasarkan konsep dan teori yang ada. 

Dalam Polines terdapat lima jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Administrasi Negara. Beberapa jurusan di Polines mempunyai jenjang mulai D3 hingga D4 atau lebih dikenal dengan S1 terapan. 

Politeknik Indonusa Surakarta 

Politeknik Indonusa Surakarta adalah perguruan tinggi milik swasta yang berada di Surakarta. Universitas tersebut mempunyai dua gedung, yang pertama ada di Jalan KH Samanhudi nomor 31, dan Jalan Palem nomor 8. 

Politeknik Indonusa Surakarta sering juga disebut dengan POLINUS. POLINUS didirikan oleh Yayasan Indonesia Membangun Surakarta pada tanggal tujuh belas Oktober tahun 2001. Sebenarnya POLINUS sudah ingin didirikan tahun 1999. 

Adapun jurusan yang dikelola oleh POLINUS adalah Mesin Otomotif, Komunikasi Massa, Perhotelan, dan Farmasi. Semua jurusan di POLINUS adalah jurusan dengan jenjang D-III.

Politeknik Muhammadiyah Magelang

Politeknik Muhammadiyah Magelang adalah Politeknik swasta yang berada di Magelang. Politeknik Muhammadiyah Magelang sudah berdiri sejak tahun 1993. Politeknik Muhammadiyah Magelang merupakan sebuah perguruan tinggi yang terafiliasi dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 

Afiliasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah telah mempunyai sekitar 155 perguruan tinggi mulai Universitas hingga Politeknik, dan telah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Politeknik Muhammadiyah Magelang mempunyai tiga jurusan yang dikelola. Mereka adalah Jurusan Teknik Lingkungan, Budidaya Perikanan Air Tawar, dan Sekretari.   

Politeknik LPP Yogyakarta

Selanjutnya kita beralih ke Politeknik LPP Yogyakarta, yang juga masih termasuk Politeknik di Jawa Tengah dan sekitarnya. LPP sendiri adalah singkatan dari Lembaga Pendidikan Perkebunan. Politeknik LPP Yogyakarta sudah berdiri cukup lama, yaitu sejak tahun 1950, dan awalnya hanya untuk menyediakan tenaga ahli yang menjadi pakar dalam bidang gula. 

Semakin berjalannya waktu, Politeknik LPP Yogyakarta pada awalnya adalah sebuah lembaga non Politeknik yang menyiapkan tenaga ahli bagi BUMN yang bergerak di bidang perkebunan. Awalnya pun LPP ini hanya diperuntukkan bagi karyawan yang berkuliah dengan ikatan dinas. Namun karena semakin tingginya animo masyarakat maka dibuka pula untuk masyarakat umum, dan dijadikan sebuah Politeknik dengan nama LPP Yogyakarta. 

Politeknik LPP Yogyakarta hanya mempunyai dua jurusan, yaitu Jurusan Budidaya Tanaman khususnya tanaman untuk perkebunan, dan Jurusan Akuntansi yang berpegang pada pedoman IFRS khusus untuk BUMN yang bergerak di bidang perkebunan.

Politeknik API

Masih di DIY kota Yogyakarta, Politeknik selanjutnya yang akan dibahas dalam ulasan ini adalah Politeknik API. Politeknik API sudah berdiri sejak tahun 1971, dan dikelola oleh Yayasan Perguruan Dharma Pala. API sendiri adalah kepanjangan dari Akademi Pariwisata Indonesia. Terdapat tiga jurusan di Politeknik API, yaitu Jurusan Perpajakan, Jurusan Perhotelan, dan Jurusan Bina Wisata. Semua jurusan yang ada di Politeknik API adalah jurusan dengan jenjang pendidikan D-III. 

Politeknik Negeri Cilacap

Belum begitu lama, didirikan pada tahun 2014 di kota yang merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Jateng (Pertamina, Holcim, Batubara) dan lain sebagainya yang didirikan sebagai tindak lanjut lanjut dari salah satu program pemerintah kabupaten yang “pro investasi”. 

Walaupun masih tergolong baru, politeknik ini dilengkapi dengan peralatan berstandar internasional. Sedangkan jurusan yang dibuka adalah D-3 Teknik Elektronika, D-3 Teknik Informatika dan D-3 Teknik Mesin. 

Nah, untuk teman-teman yang berprestasi, bisa mendaftar melalui program beasiswa bidikmisi. Keuntungan mendapatkan beasiswa siswa ini adalah bebas biaya pendaftaran, biaya kuliiah sampai lulus dan uang saku bulanan.  

Itulah daftar beberapa Politeknik di Jawa Tengah dan sekitarnya yang tersebar di kota-kota besar di Jawa Tengah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat buat teman-teman sekalian. Tentunya untuk informasi lebih jelas dan lengkapnya dapat mengunjungi situs web atau kampus masing-masing. Selain politeknik di Jateng yang disebutkan diatas tentunya masih ada lagi politeknik-politeknik yang lainnya.


Posting Komentar untuk "Politeknik yang Terkenal di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta"