Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebagai Evaluasi Isilah Formulir Berikut Ini, Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI

Ilustrasi Isilah Formulir Berikut Ini, Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI/
Pixabay/Dmitriy Gutarev

Halo adik-adik kelas 6! Bagaimana kabarnya hari ini? Baik-baik saja bukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal yang berkaitan dengan Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan. Kompetensi dasar pada subtema ini mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Seni Budaya dan Prakarya. 

Pada pelajaran Bahasa Indonesia adik-adik harus mampu mencermati petunjuk dan mengisi berbagai macam formulir. Sebagai contoh formulir  pendaftaran, kartu tanda anggota (KTA), formulir pengiriman uang melalui bank atau kantor pos, daftar riwayat hidup (DRH) dan lain sebagainya.

Pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya adik-adik harus mampu memahami dan membuat reklame. Jadi setelah pelajaran ini adik-adik harus bisa membuat produk berupa reklame berdasarkan teori yang sudah dipelajari.

Sebelumnya, kita ulas terlebih dahulu mengenai formuli,ya. Adik-adik, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) formulir adalah lembar isian; surat isian: - yang telah diisi dan harus diserahkan ke bagian pendaftaran.

Ada beberapa macam formulir yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya formulir pendaftaran, formulir kesehatan, formulir pembelian, formulir pemesanan, formulir setoran atau penarikan uang di bank dan lain sebagainya.

Sebelum mengisi formulir biasanya diberikan petunujuk pengisian formulir. Petunjuk pengisian formulir adalah serangkaian penjelasan yang diberikan untuk memberikan panduan tentang bagaimana cara mengisi formulir tertentu. 

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan pengisian formulir. Petunjuk pengisian formulir biasanya terletak dibagian bawah formulir. 

Dalam membaca petunjuk pengisian formulir harus dilakukan secara cermat karena terkadang ada beberapa bagian yang hanya diisi oleh petugas.

Oleh karena itu adik-adik harus memahami langkah-langkah mengisi formulir yakni dengan membaca judul dan keterangan yang ada pada formulir,  petunjuk yang tertulis atau kadang yang diberikan secara lisan, memperhatikan bagian yang perlu diisi dan tidak diisi, memberikan keterangan yang sesuai dan tepat.  

Pertama,adik-adik harus membaca judul formulir. Kedua, bacalah petunjuk pengisian formulir. Tentunya petunjuk pengisian formulir akan berbeda satu dengan yang lainnya bergantung pada jenis formulirnya. Selain petunjuk secara tertulis terkadang petunjuknya juga bisa secara lisan oleh petugas terkait. 

Ketiga, adik-adik cukup mengisi isian yang diperlukan. Selain yang tidak ada dalam format isian tidak usah ditulis atau diisikan. 

Selanjutnya, apabila didalam formulir terdapat  pertanyaan maka jawablah dengan pertanyaan yang tepat. 

Terkadang dalam sebuah formulir terdapat beberapa kombinasi antara lain isian, pilihan ganda, melingkari opsi, memberikan tanda centang, mencoret yang tidak perlu dan lain sebagainya. 

Pada bagian akhir biasanya kita harus membubuhkan tanda tangan dan nama terang.

Huruf yang digunakan untuk mengisi formulir biasanya adalah huruf kapital seperti pada penulisan nama, alamat dan lain sebagainya. Formulir merupakan alat yang digunakan untuk merekapitulasi data dari seseorang yang mengisinya.

Formulir juga dapat digunakan sebagai sarana melakukan survei. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa formulir merupakan salah satu alat yang digunakan untuk pengumpulan data. Dengan begitu, data yang sudah terkumpul akan mudah untuk diidenfikasi, dikelompokkan dan dianalisa.

Sebagai evaluasi, isilah formulir pendaftaran berikut ini! Adik-adik mari kita praktekkan penjelasan diatas. 

FORMULIR PENDAFTARAN

LOMBA CERDAS CERMAT TINGKAT SD

1. IDENTITAS DIRI

a. Nama Siswa : INTAN ARUM 

b. Tempat/tanggal lahir : JAKARTA/10 NOPEMBER 2010

c. Umur : 11 TAHUN

d. Kelas : 4

e. Alamat : JALAN SOETOMO NOMOR  11

Kota : JAKARTA

Kode Pos : 12345

f. Sekolah : SD PELITA PERTIWI

Kota : JAKARTA

Kode Pos : 56789

2. JENIS LOMBA YANG DIIKUTI

        OLIMPIADE MATEMATIKA

Baiklah adik-adik itu tadi contoh pengisian formulir pendaftaran lomba cerdas cermat tingkat sekolah dasar. Sekarang adik-adik sudah memahami dan mengisi formulir bukan?.

Adik-adik, sekarang beralih ke mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, ya?. Seperti yang sudah kakak jelaskan diatas, kita akan belajar tentang kewirausahaan. Kalau membahas kewirausahaan pasti berkaitan dengan pengusaha. 

Mungkin ada diantara kalian yang bapak, ibu, kakak atau saudara yang menjadi pengusaha, ya. Adik-adik bisa tanya-tanya langsung sama beliau, ya. 

Disini kakak ingin memberitahu sedikit tentang kewirausahaan. Kakak dapat dari melihat lingkungan sekitar atau teman-teman kakak yang menjadi pengusaha. Mereka promosi produk atau jasanya.

Nih, adik-adik, tetangga kakak ada yang memiliki usaha rental mobil. Agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dan berbeda dengan rental mobil yang lainnya maka teman kakak ini membuat logo untuk rental mobil miliknya.

Nah, logo ini dapat berbentuk tulisan, gambar ataupun sketsa yang memiliki arti atau makna tertentu dan menggambarkan ciri khas dari sebuah produk, jasa, organisasi, perusahaan, pemerintahan atau bahkan negara. 

Buatlah logo ASEAN dan uraiakan maknanya.

Nah untuk mengetahui logo ASEAN adik-adik dapat mengunjungi asean.org , mintalah didampingi orang tua saat mengaksesnya. Disana adik-adik dapat mengetahui sejarah berdiri, anggota dan informasi terkait lainnya. Warna dan bentuk yang terdapat pada logo ASEAN memiliki makna yang adik-adik perlu pelajari dalam menggambar logo.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.

 

Posting Komentar untuk "Sebagai Evaluasi Isilah Formulir Berikut Ini, Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI"