Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amati Simbol Dibawah Ini, Jelaskan Arti Simbol Tersebut ! Kelas 4 Tema 5 Subtema 2

Amati Simbol Dibawah Ini, Jawaban Soal Latihan
Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 /bpip.go.id

Halo, selamat pagi adik-adik hebat! Bagaimana kabar hari ini?. Semoga adik-adik bersama keluarga sehat-sehat selalu, ya. Saat ini disini cuaca sedang berkabut adik-adik, kalau disitu bagaimana?

Adik-adik, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan soal latihan Tema 5 Pahlawanku Subtema 2 Pahlawan Kebanggaanku.

Pada postingan sebelumnya kita sudah membaca teks bacaan tentang Gusnadi Wiyoga yang meraih prestasi dalam sebuah olimpiade sains dan membahas soal berdasarkan teks tersebut. Adik-adik juga telah belajar apa itu teknik membaca skimming dan scanning.

Kita ingat kembali ya adik-adik bahwa Tema 5 Subtema 2 Pahlawan Kebanggaanku ini mencakup 2 mata pelajaran yaitu PPKn dan Bahasa Indonesia. 

Tujuan pembelajaran ini adalah agar adik-adik dapat menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila kelima Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, kalian diharapkan juga dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi kedalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Untuk kali ini, kita akan membahas soal yang berkaitan dengan simbol dan makna yang terdapat pada Pancasila. Apakah adik-adik hafal bunyi kelima butir sila-sila Pancasila?. Coba adik-adik ingat-ingat bagaimana bunyinya,ya.

Baiklah adik-adik, kita langsung membahas soal-soalnya sebagai berikut :

1. Amati simbol dibawah ini. Jelaskan arti dari simbol tersebut! 

      Sumber : Buku PKN dan Pancasila/
      Ni Putu Candra

Jawab :

Simbol diatas melambangkan sila ke-5 Pancasila. Gambar padi berarti pangan dan kapas berarti pakaian. Pangan dan sandang merupakan kebutuhan primer manusia.

2. Apa hubungan simbol dengan maknanya?

Jawab :

Gambar diatas merupakan simbol sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Gambar padi melambangkan pangan dan kapas melambangkan sandang atau pakaian. Keduanya merupakan kebutuhan pokok manusia. Kaitannya dengan sila kelima adalah bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Dalam usahanya untuk mendapatkan hal tersebut setiap individu harus menjaga keseimbangan antara hak dan kewajibannya. 

3. Bacalah ilustrasi berikut ini!

Edo, Udin, Lani dan Siti mendapat tugas kelompok untuk mendiskusikan contoh pengamalan-pengamalan sila kelima Pancasila. Edo, Udin dan Lani asyik mengobrol, sementara Siti mengerjakan tugas kelompok tersebut.

a) Apakah Edo sudah membagikan tugas secara adil? Jelaskan jawabanmu!

Jawab:

Belum. Berdasarkan ilustrasi diatas hanya Siti yang bekerja sedangkan yang lain hanya mengobrol.

b) Apakah sikap Edo dan teman-temannya mencerminkan sila kelima Pancasila?Jelaskan jawabanmu!

Jawab :

Sikap Edo dan temannya belum mencerminkan sila kelima Pancasila karena tidak ada pembagian tugas dalam kelompok tersebut. Hal ini tidak menunjukkan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban.

c) Apa yang akan terjadi jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil.

Jawab:

Jika pada saat kerja kelompok tugas tidak dibagi secara adil maka akan timbul kecemburuan sosial antar anggota kelompok. Sehingga bisa jadi hasil dari kerja kelompok tidak semaksimal jika dibandingkan dengan pengerjaan tugas dengan pembagian tugas yang adil.

Baiklah adik-adik, demikian tadi pembahasan latihan soal yang berhubungan dengan sila kelima Pancasila. Selamat belajar, ya. 


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Amati Simbol Dibawah Ini, Jelaskan Arti Simbol Tersebut ! Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 "