Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Nama Alat Ukur Panjang Pada Gambar Meteran Rol Kecil? Jawaban 10 Soal Penilaian Harian Kelas 4

 

Apa Nama Alat Ukur Panjang Pada Gambar? Jawaban 10 Soal Penilaian Harian Kelas 4
Apa Nama Alat Ukur Panjang Pada Gambar? Jawaban 10 Soal Penilaian
Harian Kelas 4/Pexels/Agung Pandit Wiguna

Halo adik-adik! Semoga semua sehat-sehat saja, ya!. Adik-adik pada kesempatan kali ini kita akan membahas 10 latihan soal pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat. Apakah adik-adik semua sudah mengerjakan tugasnya?

Kalau belum selamat mengerjakan ya. Bagi-bagi adik-adik yang sudah selesai mengerjakan marilah kita  bahas soal-soalnya dengan singkat. 

1. Jawaban : meteran rol kecil

Pembahasan : Cukup jelas bahwa gambar yang ditunjukkan adalah sebuah meteran rol kecil. Adik-adik tentunya dapat membedakan antara penggaris, pita, meteran rol kecil dan yang besar. Meteran rol kecil biasanya digunakan untuk mengukur benda yang tidak terlalu panjang atau area yang tidak terlalu lebar. Sedangkan meteran rol besar digunakan untuk yang jangkauannya lebih panjang atau lebar misalnya yang dipakai Pak Guru Olahraga saat mengukur lompatan atau jarak pada tolak peluru.

2. Jawaban : 8 meter

Pembahasan : Panjang tongkatnya = 7, 8 meter. Angka dibelakang koma adalah 8 (0,8) sehingga dibulatkan menjadi 1. Nilai angka didepan koma ditambah satu (7 + 1) hasilnya 8.

3. Jawaban : 8 centimeter

Pembahasan : Terlihat pada gambar bahwa ujung sebelah kiri pensil (lancip) berada pada angka 0 (nol) sedangkan ujung yang satunya atau sebelah kanan (tumpul) berada di antara angka 7 dan 8 (7 centimeter lebih 0,5 milimeter). Karena dibelakang koma adalah angka 5 maka dibulatkan menjadi 1. Kemudian nilai angka didepan koma ditambah satu (7 + 1) nilainya adalah 8.

4. Jawaban : 125 centimeter

Pembahasan : Karena angka dibelakang koma nilainya dibawah 5 (yaitu 4) maka angka tersebut dihilangkan atau tidak dianggap. Sehingga tinggi badan setelah dibulatkan adalah 125 centimeter.

5. Jawaban : 144, 3

Pembahasan : Dari keempat pilihan jawaban dapat dilihat bahwa satu jawaban yang memiliki angka dibelakang koma dengan nilai dibawah 5 adalah 144, 3. Sedangkan ketiga pilihan jawaban lainnya angka dibelakang komanya adalah 6, 7 dan 8. Untuk ketiga pilihan jawaban ini jika dibulatkanke satuan terdekat akan menjadi 145. Sedangkan yang ditanyakan pada soal adalah 144.

6. Jawaban : C

Pembahasan : Jenis timbangan seperti pada gambar yang berwarna biru biasa kita jumpai di posyandu, puskesmas atau UKS merupakan alat penimbang berat badan.

7. Jawaban : 35 kilogram

Pembahasan : Berdasarkan data berat badan Ajeng diketahui bahwa angka yang terdapat dibelakang koma adalah 6 (34,6 ) sehingga dibulatkan menjadi 1. Kemudian angka didepan koma nilainya ditambah 1 (34 + 1 = 35).

8. Jawaban : 1 kilogram

Pembahasan : Tanda panah pada gambar mengarah ke angka 3 sehingga berat buah nanas tersebut adalah 1,3 kilogram. Angka di belakang koma adalah 3 (nilainya dibawah 5) sehingga jika dibulatkan ke satuan terdekat adalah 1 kilogram (angka 3 dihilangkan).

9. Jawaban : 2 kilogram

Pembahasan : S.D.A (Sama Dengan Atas) yaitu angka dibelakang koma adalah 3 dimana nilainya dibawah angka 5 maka dihilangkan.

10. Jawaban : 1 kilogram

Pembahasan : 

Langkah 1 : Membulatkan bobot buah jeruk dari 4,7 kilogram menjadi 5 kilogram

Langkah 2 : Membulatkan bobot buah apel dari 6,3 kilogram menjadi 6 kilogram

Menghitung selisih keduanya dengan mengurangkan yaitu 6-5 = 1 kilogram.


Demikian tadi pembahasan 10 soal latihan matematika tentang pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat.


Posting Komentar untuk "Apakah Nama Alat Ukur Panjang Pada Gambar Meteran Rol Kecil? Jawaban 10 Soal Penilaian Harian Kelas 4"