Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Prestasi yang Gusnadi Wiyoga Raih? Kunci Jawaban Tema 5 Hal 61-62

Apa Prestasi yang Gusnadi Wiyoga Raih?
Apa Prestasi yang Gusnadi Wiyoga Raih? Kunci Jawaban 
Tema 5 Hal 61-62/Pexels/Anna Shvets

Halo adik-adik kelas 4! Apa kabar hari ini?. Sehat-sehat saja bukan? Semoga adik-adik dan keluarga sehat selalu,ya. Baiklah adik-adik, ketemu lagi dengan kakak yang pada kesempatan kali ini akan mencoba untuk membahas soal latihan Tema 5 Pahlawanku Subtema 2 Pahlawan Kebanggaanku.

Perlu adik-adikketahui bahwa Tema 5 Subtema 2 Pahlawan Kebanggaanku ini mencakup 2 mata pelajaran yaitu PPKn dan Bahasa Indonesia, ya. Harapannya setelah adik-adik mempelajari materi ini kalian akan :

1.Mampu menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila kelima Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

2.Mampu menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi kedalam tulisan dengan bahasa sendiri

Adik-adik, pada pembahasan sebelumnya kita telah belajar tentang pahlawan nasional, pahlawan perjuangan dan pahlawan kemerdekaan yang telah berjasa kepada nusa dan bangsa.

Sekarang kita akan membahas pribadi yang memiliki jiwa kepahlawanan. Ayo coba adik-adik tulis dikolom komentar, ya. Sekarang coba adik-adik yang baik buka buku tematiknya pada tema 5 halaman 161-162.

Pada halaman tersebut terdapat sebuah teks nonfiksi berjudul “Gusnadi Wiyoga-Prestasi di Tengah Keterbatasan”. Terdiri dari berapa paragraf teks tersebut?. Ada tiga paragraf ya, adik-adik. Dimana setiap paragraf berkaitan satu sama yang lainnya. 

Perlu adik-adik ketahui, dalam setiap paragraf terdapat satu ide pokok. Jadi, misalnya pada teks bacaan diatas, ide pokok paragraf 1 akan berbeda dengan paragraf 2 dan paragraf 3. Ide pokok pada sebuah paragraf terletak di kalimat utama. Kalimat utama biasanya terletak diawal atau diakhir paragraf ya adik-adik. Tambahan, pada setiap paragraf terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas, ya. Fungsi kalimat penjelas adalah untuk mendukung atau menjabarkan kalimat utama. 

Paragraf yang kalimat utamanya terletak diawal dengan paragraf deduktif. Sedangkan paragraf yang kalimat utamanya terletak dibagian akhir disebut paragraf induktif. 

Kembali ke teks ya adik-adik. Coba baca dulu teks dihalaman tersebut, lalu marilah kita jawab soal berikut ini bersama-sama.

1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga raih? 

Jawab : Ia berhasil meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2011 di Manado. Keberhasilannya dalam kompetisi ini menjadikan dia sebagai wakil Indonesia dalam International Competitions and Assesment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011.
 
Penjelasan : Jawaban secara tersurat di paragraf kedua.


2. Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu?

Jawab : Usaha yang ia lakukan adalah belajar secara tekun dan mandiri walaupun hidup dalam kesederhanaan.

Penjelasan : Jawaban tersurat di paragraf kedua.


3. Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu!

Jawab : Tidak menyerah dengan keadaan, gigih, tekun dan tidak menyerah dengan keadaan serta kerja keras. Seperti yang disampaikan di paragraf pertama, Gusnadi berasal dari keluarga sederhana, ayahnya seorang tukang sol sepatu dan ibunya seorang  ibu rumah tangga. Hal ini lantas tidak membuatnya berkecil hati. Ia tetap semangat belajar secara mandiri dan tekun yang pada akhirnya mampu membuatnya mendulang sebuah prestasi.

Penjelasan : Jawaban terdapat pada paragraf/aline 1, 2 dan 3.


4. Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban : Ya. Sila kelima memiliki makna bahwa setiap orang berhak mendapatkan kehidupan yang layak sesuai dengan cita-cita. Untuk mencapai cita-citanya Gusnadi bekerja keras dengan cara belajar giat, tekun dan tidak menyerah. Hal ini sesuai dengan sila kelima yaitu ‘kerja keras’.

Demikian adik-adik pembahasan kita kali ini . Dari bacaan diatas dapat kita simpulkan bahwa Gusnadi memiliki jiwa kepahlawanan yang ia tergambar dalam perjuangannya untuk meraih prestasi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan kompetisi tingkat Asia-Pasifik yang telah ia ikuti. Medali perak yang ia raih dapat digambarkan sebagai kemerdekaan atas perjuangannya tersebut. 

Sebagai penutup kakak sedikit sampaikan ya bahwa dalam membaca sebuah teks bacaan kalian bisa menggunakan teknik membaca skimming dan scanning

Teknik membaca skimming diterapkan pada saat kita ingin mengetahui gagasan utama dari sebuah bacaan misalnya untuk mencari topik bacaan secara keseluruhan atau menarik sebuah kesimpulan. 

Sedangkan teknik membaca scanning kita lakukan ketika bermaksud mencari informasi spesifik atau tertentu yang terdapat pada sebuah teks. Contoh penerapan teknik membaca scanning pada teks "Gusnadi Wiyoga-Prestasi di Tengah Keterbatasan" pada halaman 61-62 adalah ketika kita ingin mencari informasi tentang darimana Gusnadi berasal, apa profesi ayahnya, apa nama kompetisi yang Gusnadi ikuti, apa prestasinya dan lain sebagainya yang dapat kita temukan secara tersurat pada teks.


Disclaimer :
1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.
2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.
3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.



















Posting Komentar untuk "Apa Prestasi yang Gusnadi Wiyoga Raih? Kunci Jawaban Tema 5 Hal 61-62"