Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Diceritakan dalam Teks Tentang Pak Gimin Tersebut?

  

Apa yang Diceritakan dalam Teks Tentang Pak Gimin Tersebut?
Apa yang Diceritakan dalam Teks Tentang Pak Gimin Tersebut?/Pexels/
Veerasak Piyawatanakul

Halo adik-adik kelas 4 semua! Bagaimana kabarnya?. Semoga adik-adik hebat dan keluarga dalam keadaan sehat. Baik, pada sesi ini kita akan membahas soal yang berkaitan dengan jenis teks tersebut.

Jika pada sesi sebelumnya adik-adik sudah membandingkan dua contoh teks  Balaputradewa dan Sultan Iskandar Muda maka pada kesempatan sekarang kalian tidak membandingkan teks akan tetapi membaca teks.

Nah, sebelum kita menjawab soal, mari kita ingat kembali sekilas tentang  pengertian teks nonfiksi? Coba adik-adik buka kembali buku catatannya.

Adik-adik juga sudah mengetahui beberapa perbedaan antara  teks nonfiksi dan teks fiksi bukan? Teks nonfiksi bukan merupakan karya imajinasi penulis melainkan teks yang berisi fakta misalnya teks sejarah, teks perjalanan wisata, teks laporan kegiatan, karya ilmiah dan lain sebagainya. Sedangkan teks fiksi merupakan karya imajinasi pengarangnya. Sebagai contoh cerpen, novel, puisi dan teks sastra lainnya.  Ada juga teks fiksi yang diangkat berdasarkan kejadian/peristiwa yang nyata. Tujuan dari sebuah teks fiksi adalah untuk menghibur dan memberikan pesan moral kepada para pembacanya.

Baiklah adik-adik sekarang kakak ingin berbagi pembahasan soal teks berjudul Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Adik-adik sambil membaca kembalijawaban yang sudah kalian catat dibuku tulis, ya!

1. Isi teks tersebut :

Jawab:

Teks tersebut menceritakan sikap kepahlawanan seorang penjaga palang pintu perlintasan kereta api di desa Lemah Abang, Karawang bernama Gimin.

2. Pendapat tentang profesi Gimin :

Jawab:

Menurut pendapat saya pekerjaan Gimin sangat membutuhkan ketahanan mental dan fisik karena jam istirahat yang tidak menentu pada cuaca terik maupun hujan. Selain itu,pekerjaan Gimin merupakan pekerjaan mulia karena ia turut serta menjaga keselamatan para pengguna jalan yang melewati perlintasan kereta api di tempatnya bertugas.

3. Sikap kepahlawanan yang dapat diteladani dari Pak Gimin :

Jawab :

- Rela berkorban dan tanpa pamrih

- Memiliki semangat juang yang tinggi

- Mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi

4. Menuliskan kembali cerita :

Jawab :

Gimin adalah seorang warga desa Lemah Abang di Kabupaten Karawang. Pekerjaannya adalah sebagai seorang penjaga palang pintu kereta api. Walaupun pekerjaan sebagai penjaga pintu kereta api akan tetapi ia sangat mencintai pekerjaannya tersebut. Mengapa? Hal ini karena dengan pekerjaannya tersebut ia turut menyelematkan para pengguna jalan yang melintas baik pejalan kaki, pengendara sepeda motor, penumpang mobil dan yang lainnya. Ia melakukan pekerjaan ini baik dalam cuaca panas ataupun hujan dengan tanpa menghiraukannya. 

Suara-suara mesin kendaraanpun tidak memengaruhinya. Bahkan umpatan-umpatanpun ia terima dari pengendara yang mencoba menerobos palang pintu kereta api. Ia ikhlas menerima hal itu karena tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan bersama.

Pekerjaan ia lakukan telah turut menyelamatkan jiwa banyak orang. Walaupun begitu, banyak pula orang yang tidak  peduli kepadanya. Ketidakpedulian itu adalah orang-orang yang tidak mengucapkan terima kasih kepadanya. Pendapatannya sangat kecil dan tak sebanding dengan waktu dan tenaga yang ia curahkan demi pekerjaannya itu. 

Disaat orang lain sedang libur iapun terkadang masih harus masuk kerja. Namun hal ini lantas tidak menyurutkan semangatnya. Hampir 30 tahun lamanya ia bertahan untuk bekerja sebagai penjaga palang pintu kereta api. Ia tetap melayani dengan ketulusan hati dan tetap semangat dan berfikir positif.


Disclaimer :

Konten ini dibuat untuk perbandingan dengan alternatif jawaban lain sehingga tidak bersifat mutlak.

Posting Komentar untuk "Apa yang Diceritakan dalam Teks Tentang Pak Gimin Tersebut?"