Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Politik Luar Negeri Indonesia! Tema 5 Sub Tema 3 IPS Kelas 6

Sebutkan dan Jelaskan Politik Luar Negeri Indonesia! Tema 5 Sub Tema 3 IPS Kelas 6
       Sebutkan dan Jelaskan Politik Luar Negeri Indonesia! Tema 5
       Sub Tema 3 IPS Kelas 6/BSE Kemendikbud

Halo adik-adik hebat! Semoga kalian semua senantiasa baik-baik saja bersama keluarga, ya. Berjumpa kembali dengan kakak yang pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama berlatih soal yang berkaitan dengan peran Indonesia di ASEAN dalam bidang politik. 

Adik-adik tentunya sudah mendapat materi ini yang dimaksud bukan? Coba adik-adik pelajari kembali materi yang sudah diberikan. Nah,apabila sudah dipelajari dan mencoba menjawab,kira-kira jawaban adik-adik sama atau tidakdengan jawabn kakak :

Ada 5 pertanyaan yang berkaitan dengan materi tersebut. Berikut ini mari kita bahas bersama-sama:

1) Jelaskan politik luar negeri Indonesia!

Jawab:

Adapun kerjasama yang dilakukan seperti :

- Pertemuan Menteri Keamanan : Merupakan meeting dari  sepuluh negara untuk menjaga stabilitas keamanan dikawasan Asia Tenggara

- Duta dan konsul : Masing-masing negara anggota mengirimkan utusannya agar tercipta kesatbilan politik. Presiden secara rutin memilih wakil yang dijadikan duta dan konsul atas persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

- Ekstradisi : Negara yang tergabung dalam ASEAN saling membantu dalam pencarian tersangka kejahatan yang mencari suaka di kawasan negara anggota untuk diserahkan ke negara asalnya dan tidak memiliki wewenang dalam hal hukum atas orang tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga keadaan politik agar tetap baik

- Kesepakatan Wilayah Bebas Senjata Nuklir : Senjata ini dilarang karena memiliki dampak yang sangat berbahaya 

- Adanya Perjanjian Untuk Menciptakan Kawasan ASEAN yang Bebas, tercipta Perdamaian dan Netralitas 

Bebas berarti bahwa setiap negara yang menjadi anggota ASEAN berhak untuk menentukan kebijakan tanpa melanggar kesepakatan yang telah disetujui bersama. Damai artinya negara-negarayang tergabung dapat menghindari pertikaian sehingga tercipta perdamaian anatara sepuluh negara. Netral disini bermakna bahwa setiap negara mengurusi pemerintahannya masing-masing dan tidak mencampuri urusan negara lain

2) Jelaskan tujuan kerjasama bidang politik di ASEAN!

Jawab :

Tujuan kerjasama ini adalah agar terwujud perdamaian diantara sepuluh negara anggota atau tidak terjadi konflik.

3) Sebutkan contoh masalah-masalah politik di negara ASEAN!

Jawab :

- Masalah Laut China Selatan

- Masalah kudeta di Myanmar

- Adanya peperangan di Marawi

- Konflik perbatasan Kamboka dan Thailand pada tahun 2008

- Dan sebagainya.

4) Jelaskan kerjasama bidang politik di ASEAN dalam membantu menangkap tersangka korupsi atau teroris di Indonesia!

Jawab :

Kerjasama yang dilakukan adalah dengan adanya ekstradisi yaitu setiap negara yang tergabung dalam ASEAN saling membantu dalam hal pencarian, penangkapan dan pemulangan tersangka korupsi yang mencari suaka didalam negara anggota.

5) Apakah kamu ingin menjadi seorang duta delegasi ke negara lain di ASEAN? Jelaskan alasanmu!

Jawab :

Ya, saya bercita-cita menjadi seorang duta atau konsul di salah satu negara anggota ASEAN. Alasan saya adalah dengan bertugas sebagai duta atau konsul saya ingin lebih mengenalkan bahwa Indonesia merupakan negara yang cinta perdamaian dan bisa hidup berdampingan dengan baik dengan negara-negara anggota yang lain dalam era globalisasi seperti sekarang ini.

Demikian tadi jawaban soal latihan tentang peran Indonesia di ASEAN dalam bidang politik. Adik-adik dapat meminta bantuan ayah bunda atau orang yang lebih berwawasan luas terkait materi yang sedang kita bahas agar lebih bagus. 


 


Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Politik Luar Negeri Indonesia! Tema 5 Sub Tema 3 IPS Kelas 6"