Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berat Ikan Total Adalah 3,7 kg. Jadi, Berapa Kilogram Berat Ikan Per Ekor?

Kemarin Nina ikut pergi ke pasar untuk membeli 4 ekor ikan mujair. Berat ikan total adalah 3,7 kg. Jadi, berapa kilogram berat ikan per ekor ikan?
Gambar Pexels/Ylanite-Koppens

Halo adik-adik kelas 4! Berjumpa kembali dengan kakak, ya. Adik-adik, pada sesi ini kita akan membahas soal cerita pembulatan hasil pengukuran berat Tema 5 Pahlawanku Subtema 3 Sikap Kepahlawanan.

Pada sesi sebelumnya kalian telah belajar dan menemukan jawaban soal evaluasi pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat juga bukan? Nah,maka pada sesi ini  kita akan belajar mengubah hasil pengkuruan berat ke satuan terdekat dalam bentuk soal cerita. 

Baiklah adik-adik, sekarang mari kita coba berlatih 4 soal cerita pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat  berikut ini. Adik-dik-adik pahamilangkah-langkah dalam mengerjakan soalnya dan dapat meminta untuk didampingi oleh ayah, bunda atau kakak.

1. Kemarin Nina ikut pergi ke pasar untuk membeli 4 ekor ikan mujair. Berat ikan total adalah 3,7 kg. Jadi, berapa kilogram berat ikan per ekor?

Jawab : 

Langkah 1 : Bulatkan berat keempat ekor ikan. Diketahui total berat 4 ikan adalah 3,7 kg. Dibelakang koma angka 7 maka nilai angka didepan koma kita  tambah 1 sehingga 3 + 1 = 4 kg.

Langkah 2 : Menghitung berat ikan per ekor 

Berat ikan per ekor = Berat total 4 ekor ikan : Jumlah Ikan 

= 4 kg : 4

= 1kg. Jadi berat ikan per ekornya adalah 1 kg.

2. Bulan lalu Ani bersama Ibunya mengantar si adik ke posyandu. Ia sekalian menimbang berat badannya dan bobotnya adalah 32,3 kg. Ibunya juga ikut serta. Berat badannya adalah 64,7 kg. Hitunglah selisih berat badan keduanya setelah dibulatkan ke satuan terdekat?

Langkah 1 : Bulatkan berat badan Ani. Karena dibelakang koma adalah angka 3 maka kita hilangkan sehingga hasil pembulatannya = 32 kg

Langkah 2 : Bulatkan berat badan Ibunya Ani. Karena dibelakang koma adalah angka 7 maka nilai angka didepan koma kita tambah 1 sehingga menjadi 65.

Langkah 3 : Menghitung selisih berat badan keduanya yaitu 65-32 = 33 kg. Jadi selisih berat badan mereka adalah 33 kg.

3. Paman akan menjenguk temannya yang sedang sakit. Ia membeli membeli satu kantong mangga seberat 4.7 kg dan buah pir sebanyak 6,3 kg. Berapa berat total buah yang dibeli oleh Paman setelah dibulatkan ke satuan terdekat?

Langkah 1 : Menghitung berat buah mangga setelah dibulatkan yaitu dari 4,7 kg menjadi 5 kg

Langkah 2 : Menghitung berat buah pir setelah dibulatkan yaitu 6,3 kg menjadi 6 kg(karena angka dibelakang koma 3 maka dihilangkan)

Langkah 3 : Menjumlahkan berat buah mangga dan berat pir = 5 + 6 =11 kg. Jadi berat total buah yang dibeli oleh Paman adalah 11 kg.   


4. Bibi membeli 2 ekor ayam kampung, jantan dan betina. Berat ayam  jantan adalah 5,3 kg sedangkan yang betina 1,8 kg lebih ringan dibandingkan dengan yang jantan. Berapa kilogram kira-kira berat ayam betina?

Langkah 1 : Bulatkan berat ayam jantan dari 5,3 menjadi 5 kg.

Langkah 2 : Bulatkan selisih berat ayam jantan dan betina yaitu 1,8  menjadi 2 kg.

Langkah 3 : Menghitung berat ayam betina (lebih ringan berarti dikurangi)

Berat ayam betina = berat ayam jantan – selisih berat 

                  = 5 kg – 2 kg

  = 3 kg

Jadi berat ayam betina kira-kira 3 kg.

Catatan:

-Jika dibelakang koma adalah angka 1,2,3 atau 4 maka tidak dihitung (dihilangkan) 

-Jika dibelakang koma adalah angka 5, 6, 7, 8, 9 maka nilainya sama dengan 1 (jadi nilai angka didepan koma ditambah 1)

Adik-adik hebat, demikian pembahasan soal cerita  pembulatan hasil pengukuran berat tema 5 Pahlawanku Subtema 3 Sikap Kepahlawanan. Salam adik-adik hebat semua.




Posting Komentar untuk "Berat Ikan Total Adalah 3,7 kg. Jadi, Berapa Kilogram Berat Ikan Per Ekor?"