Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Panjang Pita Mita Seluruhnya? Jawaban Soal Cerita Pembulatan Pengukuran Panjang Kelas 4 Tema 5

 

Berapa Panjang Pita Mita Seluruhnya? Jawaban Soal Cerita Pembulatan Pengukuran Panjang  Kelas 4 Tema 5
 Berapa Panjang Pita Mita Seluruhnya? Jawaban Soal Cerita Pembulatan
Pengukuran Panjang  Kelas 4 Tema 5/Pexels/Katerina Holmes

Selamat pagi semua! Apa kabar hari iniadik-adik hebat? Semoga baik-baik saja, ya. Nah, dalam sesi ini kita akan membahas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 3 yaitu Sikap Kepahlawanan. soal cerita pembulatan hasil pengukuran panjang 

Berkaitan dengan Matematika, tujuan sub tema ini masih berkisar tentang menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat. Dengan demikian adik-adik akan dapat menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat dengan. 

Nah, pada sesi sebelumnya kalian semua sudah memahami dan menerapkan pembulatan hasil pengukuran satuan panjang, ya. Tentunya adik-adik masih ingat, ya. Kalian sudah mengenal contoh satuan panjang seperti kilometer, meter, sentimeter, kaki, mil dan sebagainya.

Dengan mengetahui satuan panjang adik-adik bisa mengetahui misalnya jarak rumah ke sekolah atau ke fasilitas umum yang adik-adik sering kunjungi bersama teman atau ayah-bunda. Satuan panjang ini digunakan dalam kegiatan sehari-sehari dalam berbagai bidang ya, adik-adik. Salah satu contohnya adalah tukang jahit menggunakan meteran untuk mengukur panjang dan lebar kain agar sesuai dengan badan.

Manfaat mengetahui satuan panjang yang berupa pasti juga berguna ya adik-adik bagi seorang driver/pengemudi. Dengan mengetahui jarak tempat semula dengan tujuan seorang driver dapat memperkirakan waktu tiba di lokasi dan mengusahakan agar bisa sampai sesuai jadwal.

Kita sekarang sudah dimudahkan dengan alat transportasi ya adik-adik. Kita bisa bayangkan betapa lelahnya para pejuang yang bergerilya dan menempuh perjalanan puluhan atau bahkan ratusan kilometer dengan berjalan kaki.

Adik-adik, jika pada sesi sebelumnya kalian berlatih soal pembulatan pengukuran panjang dalam bentuk isian maka sekarang kita jawab bersama-sama soal cerita ya:

Soal nomor 1 : Berapa cm kira-kira panjang seluruh pita Mita setelah dibulatkan ke satuan terdekat?

Jawab :

- Panjang pita merah Mita sebelum dibulatkan = 75,8 cm

- Panjang pita merah Mita sesudah dibulatkan = 76 cm

- Panjang pita biru Mita sebelum dibulatkan = 68,4 cm

- Panjang pita biru Mita sesudah dibulatkan = 68 cm

Jadi, panjang seluruh pita Mita setelah dibulatkan adalah 76 cm  + 68 cm = 144 cm.

Soal nomor 2 : Berapa cm kira-kira panjang tongkat B setelah tongkat A dibulatkan ke satuan terdekat?

Jawab :

- Panjang tongkat A sebelum dibulatkan = 125, 6 cm

- Panjang tongkat A setelah dibulatkan = 126 cm

- Panjang tongkat B = Panjang tongkat A setelah dibulatkan + 10 cm

                                 = 126 cm + 10 cm

                                 = 136 cm

Jadi panjang tongkat B adalah 136 cm.

Soal nomor 3 : Berapa kira-kira panjang satu bagian tali tersebut?

Jawab :

- Panjang tali sebelum dibulatkan =14,7 cm

- Panjang tali sesudah dibulatkan = 15 cm

- Tali di bagi menjadi 3 bagian = Panjang tali setelah dibulatkan : 3

                                                    = 15 : 3

                                                    = 5 cm

Jadi panjang satu bagian tali kira-kira 5 cm.

Soal nomor 4 : Berapa jumlah panjang krayon, pensil dan spidol seluruhnya?

Jawab:

- Gambar 1. Krayon = 10 cm

- Gambar 2. Pensil = 6 cm

- Gambar 3. Spidol = 12 cm

Jumlah panjang benda tersebut = 10 cm + 6 cm + 12 cm

                                                          = 28 cm

Jadi panjang krayon, pensil dan spildol totalnya adalah 28 cm.

Demikian kunci jawaban dan pembahasan soal cerita pembulatan hasil pengukuran panjang kelas 4 SD MI Tema 5 Sub Tema 3. Salam adik-adik hebat. 


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Berapa Panjang Pita Mita Seluruhnya? Jawaban Soal Cerita Pembulatan Pengukuran Panjang Kelas 4 Tema 5 "