Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah Iklan di Media Cetak Tentang Cara Memelihara Organ Peredaran Darah, Presentasi Kelas 5 Tema 4 Subtema 3

  Carilah Iklan di Media Cetak Tentang Cara Memelihara
  Organ Peredaran Darah/ Dinkes RI/Bijak Memilih
  Makanan

Halo adik-adik kelas 5! Bagaimana cuaca hari ini? Cerah atau sedang hujan adik-adik?. Adik-adik hebat, kali ini kita akan membahas contoh iklan yang berkaitan dengan Tema 4 Sehat Itu Penting Subtema 3 yaitu Cara Melihara Organ Peredaran Darah Manusia, ya. 

Adik-adik hebat, pada postingan sebelumnya sudah diberikan penjelasan singkat tentang contoh penyakit yang bisa menyebabkan gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Seperti yang disampaikan oleh para ahli dalam bidang kesehatan jantung dan pembuluh darah merupakan organ vital karena merupakan motor sehingga tubuh anggota tubuh dapat berfungsi. Peran organ tersebut adalah mengalirkan darah ke seluruh anggota tubuh. 

Dimana darah membawa oksigen, nutrisi, elektrolit dan hormon. Adanya gangguan pada peredaran darah akan berpengaruh terhadap kerja jantung dan pembuluh darah dalam memompa darah. Hal ini rawan karena bisa menyebabkan gagal jantung dan stroke. 

Gangguan pada peredaran darah tersebut disebabkan oleh beberapa penyakit misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi), aterosklerosis dan penyempitan pembuluh darah dan lain sebagainya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Mengonsumsi tanaman obat keluarga juga dapat membantu menjaga kesehatan.

Berkaitan dengan hal diatas pemerintah melalui Dinas Kesehatan RI melakukan berbagai upaya demi terciptanya kesehatan masyarakat. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah adalah dengan iklan layanan kesehatan masyarakat.

Media yang digunakan pun beragam dan salah satunya adalah media cetak. Berikut ini contoh iklan yang berkaitan dengan cara memelihara organ peredaran darah dengan taat dan patuh pada pola makan yang sehat agar tidak terserang penyakit yang dapat menyebabkan gangguan peredaran darah. Mari adik-adik kita simak contoh iklan layanan berikut ini (lihat gambar diatas) :

Judul : Bijak Memilih Makanan

Slogan : G.G.L /Gula.Garam.Lemak/4.1.5

Keterangan :

• 4 sdm(sendok makan) gula : Terlalu banyak gula berakibat kegemukan dan diabetes melitus. Diabetes mengganggu jantung dan ginjal

• 1 sdt (sendok teh) garam : Lebih dari 1 sendok teh/hari,maka risiko stroke naik 23% dan risiko penyakit jantung naik 17%

• 5 sdm (sendok makan) lemak : Banyak lemak membuat berat badan berlebih sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan hipertensi

Dapat kita simpulkan bahwa iklan layanan masyarakat diatas mengajar agar kita berhati-hati dalam mengonsumsi gula,garam dan lemak sehingga terhindar dari penyakit atau gangguan pada peredaran darah. 

Menurut gambar diatas takaran maksimal konsumsi gula per hari  adalah 4 sdm, garam sebanyak 1 sdt dan lemak sebanyak 5 sdm.

Setelah mempelajari iklan diatas adik-adik selanjutnya adalah bersiap-siap untuk presentasi. Tentunya adik-adik harus menyiapkan bahan  dan alat yang akan digunakan. Perlu diingat bahwa presentasi adik-adik harus memuat pembukaan,isi dan penutup, ya. Selamat presentasi adik-adik hebat.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Carilah Iklan di Media Cetak Tentang Cara Memelihara Organ Peredaran Darah, Presentasi Kelas 5 Tema 4 Subtema 3"