Coba Bandingkan Dua Teks Nonfiksi Balaputradewa dan Sultan Iskandar Muda Berikut! Jawaban Tema 5 Sub Tema 2 Kelas 4

Coba Bandingkan Dua Teks Nonfiksi Balaputradewa dan Sultan Iskandar Berikut! Jawaban Tema 5 Sub Tema 2 Kelas 5
  Coba Bandingkan Dua Teks Nonfiksi Balaputradewa dan Sultan Iskandar
  Muda Berikut! Jawaban Tema 5 Sub Tema 2 Kelas 5/pexels/pixabay

Halo adik-adik kelas 4 semua! Bagaimana kabar hari ini?. Semoga adik-adik hebat bersama keluarga dalam keadaan sehat senantiasa ya? Ketemu lagi dengan kakak yang pada kesempatan kali ini kita masih membahas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 2 yaitu Pahlawan Kebanggaanku.

Adik-adik hebat, untuk Tema 5 Sub Tema 2 akan kita bahas sekarang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS, ya.

Untuk Bahasa Indonesia berkaitan dengan menggali dan menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi. Adik-adik masih ingat pengertian teks nonfiksi? Ayo coba tuliskan disertai contohnya.

Selain teks nonfiksi ada jenis teks yang disebut sebagai teks fiksi. Perbedaannya adalah jika teks nonfiksi adalah teks yang bukan merupakan karya imajinasi penulis misalnya teks sejarah, teks perjalanan wisata, teks laporan kegiatan, karya ilmiah dan lain sebagainya. 

Sementara itu, teks fiksi adalah teks yang merupakan karya imajinasi pengarangnya misalnya cerpen, novel dan lain sebagainya. 

Walaupun begitu ada teks fiksi yang diangkat berdasarkan kejadian/peristiwa yang nyata (bukan imajinasi). 

Teks fiksi bersifat menghibur dan menyampaikan pesan moral atau nilai-nilai yang dapat dipetik oleh pembacanya.

Baiklah adik-adik sekarang kita berlatih membandingkan dua contoh teks nonfiksi, yuk! 

Adik-adik, apabila kita membandingkan dua teks maka kita dapat menemukan persamaan dan perbedaan di antara kedua teks tersebut. 

Apa yang dapat kita bandingkan?. Yang dapat kita bandingkan misalnya:

1. Struktur teksnya

2. Gagasan utama /pokok pikiran yang terdapat dalam teks/isi teks

3. Diksi atau pilihan kata yang digunakan

4. Tata bahasa yang digunakan dan lain sebagainya

Adik-adik sekarang silakan membaca Teks 1 tentang Raja Balaputradewa dan Teks 2 tentang Sultan Iskandar Muda.

Persamaan :

• Membahas raja dari kerajaan di Indonesia

• Sama-sama membahas raja dari kerajaan yang berada di Pulau Sumatera

• Menyebutkan nama kerajaan dari masing-masing raja

• Menyampaikan prestasi dari masing-masing raja

• Menyebutkan sikap yang dimiliki oleh masing-masing raja

Perbedaan :

• Teks 1 membahas Balaputradewa sedangkan Teks 2 Sultan Iskandar Muda

• Teks 1 menyampaikan bahwa kerajaan sebagai pusat perdagangan, pelayaran dan pendidikan serta penyebaran agama Budha sedangkan Teks 2 sebagai pusat perdagangan dan perkembangan agama Islam

• Teks 1 menggambarkan raja yang jujur, disiplin, adil dan bijaksana sedangkan Teks 2 menggambarkan raja yang mengutamakan kesejahteraan rakyatnya

Untuk hal-hal lain yang pasti berbeda adalah nama dan daerah tempat tinggal raja.

Demikian tadi persamaan dan perbedaan antara teks 1 dan 2. Apakah adik-adik menemukan persamaan dan perbedaan yang lainnya?

Baiklah adik-adik, sekarang kita lanjutkan ke soal peninggalan bersejarah dari Kerajaan Islam di Indonesia. Salah satu ciri khas peninggalan sejarah Kerajaan Islam di Indonesia adalah adanya konsep Masjid-Maqom. Coba adik-adik bertanya kepada ayah bunda atau eyangnya, ya.

Adik-adik banyak sekali Kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan Samudra Pasai adalah yang tertua di Indonesia. Setelah kerajaan tersebut berdirilah kerajaan Islam yang lainnya. 

Masih ingat kerajaan mana saja adik-adik? Dan apa saja peninggalan dari kerajaannya. Mari kita coba identifikasi, ya. Silakan adik-adik membaca teksnya terlebih dahulu, ya.

1. Kerajaan Samudra Pasai : Hikayat Raja Pasai, Lonceng Cakra Donya, Makam Sultan Malik As-Saleh

2. Kerajaan Demak

• Makan Sunan Kalijaga (Makam salah satu wali songo),

• Masjid Agung Demak (Masjid tertua di Jawa yang dibangun pada tahun 1474 Masehi)

• Pawestren (Bangunan untuk sholat berjamaah khusus wanita)

• Surya Majapahit (Gambar hiasan segi 8 dibuat pada tahun 1479 Masehi)

• Maksurah (Artefak bangunan berukir yang indah)

• Pintu Bledheg (Pintu penangkal petir)

• Mihrab ( tempat imammemimpin sholat)

• Situs kolam wudhlu

• Menara

Sumber : ejournal.iainbengukulu.ac.id

3. Kerajaan Aceh :

• Masjid  Raya Baiturrahman (Dibangun oleh Sultan Iskandar Muda sekitar abad 1612 Masehi)

• Taman Sari Gunongan 

• Masjid Tua Indrapuri

Sumber : Ir. Enny Supriyati Sardiyarso,MS Jurusan Arsitektur Universitas Trisakti)

4. Kerajaan Banten

• Masjid Agung Banten

Sebutkan coba adik-adik hebat..

5. Kerajaan Mataram Islam

• Masjid Agung Surakarta

• PasarLegi Kotagede

Tambahkan ya,

Demikian tadi latihan soal membandingkan dua contoh teks nonfiksi. Apakah jawaban adik-adik sama dengan kakak?  Coba cek buku tulisnya, ya. 

Adik-adik hebat, kalian juga dapat membandingkan lebih dari dua teks nonfiksi. Misalnya, kita bisa membandingkan teks yang membahas  topik yang sama akan tetapi pengarang atau penulisnya yang berbeda. Dengan begitu, kita dapat memperoleh sumber yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Jadi khasanah wawasan pengetahuan kita bisa bertambah ya adik-adik hebat.

Adik-adik, secara umum peninggalan kerajaan Islam di Indonesia berupa masjid, keraton, makam, seni rupa misalnya berupa kaligrafi, seni sastra berupa hikayat, babad, suluk, syair, seni pertunjukan serta upacara dan tradisi.

Begitulah adik-adik pembahasan kita hari ini, selanjutnya adik-adik dapat bertanya kepada ayah bunda atau kakek-nenek tentang sejarah kerajaan Islam di Indonesia atau di sekitar tempat tinggal adik-adik.

Alangkah senangnya ya adik-adik kalau kita dapat mengunjungi objek wisata bangunan bersejarah di sekitar kita. Kita dapat melihat secara langsung dan belajar tentang sejarah tempat tersebut.

Sebagai tambahan, adik-adik perlu ketahui bahwa peninggalan sejarah tidak hanya berwujud fisik yang berupa bangunan atau benda-benda tetapi juga dapat berupa nonfisik seperti nilai-nilai atau tradisi tertentu, ya. Salam adik-adik hebat, selamat belajar, ya.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


2 komentar untuk "Coba Bandingkan Dua Teks Nonfiksi Balaputradewa dan Sultan Iskandar Muda Berikut! Jawaban Tema 5 Sub Tema 2 Kelas 4"