Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Apa Saja yang Dapat Ananda Simpulkan Setelah Menonton Tayangan Video Tersebut? Kunci Jawaban Soal Iklan Elektronik Kelas 5

Hal Apa Saja yang Dapat Ananda Simpulkan Setelah Menonton Isi Video Tersebut?Kunci  Jawaban Soal Iklan Elektronik Kelas 5
Hal Apa Saja yang Dapat Ananda Simpulkan Setelah Menonton Tayangan Video Tersebut? Kunci Jawaban Soal Iklan Elektronik Kelas 5/Pexels/Laura Tancredi

Halo adik-adik hebat semua. Bagaimana kabar hari ini? Baik-baik saja bukan. Adik-adik hebat, pada sesi sebelumnya kalian sudah belajar tentang iklan bukan? Para pengusaha baik dibidang produk maupun jasa menggunakan iklan sebagai salah satu alat untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Baiklah adik-adik, pokok bahasan tema 5 subtema 1 kali ini mencakup dua mata pelajaran yaitu IPA dan Bahasa Indonesia. Pada sesi ini topik yang kita diskusikan berkaitan dengan Bahasa Indonesia, ya. Setelah belajar dan berlatih soal diharapkan adik dapat memahami dan mengenali contoh iklan media elektronik. Selain itu,kalian dapat menganalisis informasi dan melakukan presentasi menggunakan bahasa sendiri.

Adik-adik hebat, pada sesi sebelumnya kalian telah belajar tentang iklan media cetak dan membuat contohnya. Tentunya adik-adik masih ingat saat membuat contoh iklan tersebut.

Nah, pada sesi ini kita akan belajar tentang iklan elektronik. Apakah yang dimaksud iklan elektronik? Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media elektronik untuk mengenalkan, mengajak, memasarkan produk yang berupa barang atau jasa kepada target pasarnya.

Adik-adik hebat, iklan merupakan salah satu hal penting dalam dunia bisnis. Tanpa adanya iklan produk atau jasa yang sebuah perusahaan tawarkan akan sulit dikenal oleh masyarakat atau pasar. Semakin sebuah produk terkenal maka peluang untuk laku dipasar akan semankin tinggi dan sebaliknya.

Untuk itu, dalam mengiklankannya harus semenarik mungkin. Tentunya dalam mengiklankan sebuah produk atau jasa suatu perusahaan akan menggunakan prinsip ekonomi. Apa itu prinsip ekonomi adik-adik hebat? Prinsip ekonomi adalah dengan modal sedikit mendapatkan untung berbukit-bukit. Termasuk dalam hal ini adalah untuk biaya iklan adik-adik.

Adik-adik, menarik atau tidaknya sebuah iklan itu sebenarnya bergantung pada siapa yang menerima iklan tersebut, ya atau sifatnya subjektif. Belum tentu sebuah iklan mengenai produk atau jasa yang menurut kakak menarik dan menurut adik-adik juga menarik atau sebaliknya.

Nah,dalam hal ini, pembuat ide atau konsep iklanlah yang memegang peranan pentingadik-adik. Pembuat iklan harus jeli agar hasil iklannya menarik panca indera target iklan atau audiens. Misalnya, jika iklan menggunakan media cetak maka pembuat iklan harus memepertimbangkan bahan kertas atau kainnya, baliho,pamflet dan visualisasinya. Mengingat kalau iklan media cetak berkaitan dengan indera penglihatan pembaca. 

Nah beda halnya dengan iklan elektronik adik-adik. Iklan jenis ini menawarkan banyak pilihan.Misalnya berupa suara (iklan radio), tulisan (iklan di internet), tulisan, gambar, suara, video (iklan televisi dan internet). Bagaimana menurut adik-adik,lebih menarik yang manakah?. Pasti yang iklan elektronik, ya adik-adik. 

Menurut kakak juga, iklan elektronik lebih menarik karena menggabungkan unsur audio, visual dan psikologi audiens. Terkadang, ada iklan elektronik yang mengajak interaksi dengan audiensya. Iklan elektronik mampu menjangkau target pasar lebih luas ya adik-adik. Bahkan media sosialpun juga dapat digunakan sebagai salah satu media iklan elektronik, ya.

Adik-adik, untuk waktu tayang iklan di radio atauTV biasanya disesuaikan dengan siaran atau program yang sedang disajikan. Coba deh adik-adik minta didampingi ayah bunda untuk menganalisis iklan elektronik. Untuk biaya iklan mungkin disesuaikan dengan jadwal tayang dan durasi iklannya ya adik-adik. Pastinya iklan yang memilki unsur seperti audio dan visual akan lebih menarik yaadik-adik dan tentunya harganya lebih mahal mungkin ya.

Nah,berikut ini latihan soal dan contoh pembahasannya. Silakan disimak, ya.

1. Hal apa saja yang dapat Ananda simpulkan setelah menonton isi video tersebut?

Jawab :

Iklan elektronik menggunakan perangkat elektronik sebagai alat promosinya. Perangkat elektronik  yang dapat digunakan adalah radio, televisi maupun internet. Pilihan jenis iklan ini bervariasi, bisa berupa tulisan, tulisan yang dipadukan dengan suara atau gabungan antara tulisan /gambar dengan audio dan juga video. Jangkauan jenis iklan ini lebih luas jika di bandingkan dengan iklan media cetak. Dengan media ini promosi menjadi lebih menarik.

2. Merupakan iklan media apakah contoh iklan pada video yang telah Anda tonton?

Jawab :

Iklan media elektronik

3. Sebutkan, apa ciri-ciri iklan yang terdapat pada media tersebut?

Jawab:

- Durasi iklan pendek 

- Menargetkan pada indera penglihatan dan pendengaran

- Memadukan suara dengan video

- Menggunakan media elektronik

- Penggambaran produk atau jasa yang menarik

Demikian kunci jawaban dan pembahasan mengenai latihan soal iklan media elektronik kelas 5 tema 5 subtema 1 adik-adik.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Hal Apa Saja yang Dapat Ananda Simpulkan Setelah Menonton Tayangan Video Tersebut? Kunci Jawaban Soal Iklan Elektronik Kelas 5"