Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Pembulatan ke Satuan Terdekat, Kunci Jawaban dan Pembahasan 10 Latihan Soal Pengukuran Panjang Tema 5 Kelas 4


Hasil Pembulatan ke Satuan Terdekat Kunci Jawaban dan Pembahasan 10 Latihan Soal Pengukuran Panjang Tema 5 Kelas 4
 Hasil Pembulatan ke Satuan Terdekat Kunci Jawaban dan Pembahasan
10 Latihan Soal Pengukuran Panjang Tema 5 Kelas 4/Pexels/Monstera

Selamat pagi adik-adik hebat kelas empat! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat senantiasa, ya. Adik-adik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal evaluasi pembulatan hasil pengukuran panjang kembali.

Semakin sering berlatih adik-adik diharapkan akan semakin mampu menjelaskan dan pembulatan hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat. Selain itu, kalian dapat menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat dengan teliti. 

Silakan adik-adik menyimak kunci jawaban dan pembahasan 10 soal latihan pembulatan hasil pengukuran panjang berikut ini, ya.


1. Hasil pembulatan tinggi pohon ke satuan terdekat adalah…

A.160

B.161

C.162

D. 200

Kunci Jawaban : B. 161

Pembahasan : Pada gambar ditunjukkan dengan garisputus-putus bahwa tinggi pohon adalah 160,86 cm. Kita lihat angka dibelakang koma adalah 8 maka untuk membulatkan ke satuan terdekat nilainya kita tambah 1 menjadi 161.


2. Berdasarkan gambar dibawah ini dapat diketahui bahwa panjang pensil sebelum dibulatkan adalah…

A. 5,2 cm

B. 5,5 cm

C. 6 cm

D. 5 cm

Kunci Jawaban : 5,2 cm. 

Pembahasan : Untuk mengetahui panjang dengan alat ukurberupa penggaris dapat dilakukandengan  melihat angka atau setrip yang ditunjukkan pada bagian kanan. Pada gambar ditunjukkan bahwa pangkal pensil berada pada angka nol sedangkan ujungnya berada di 2 dua setrip setelah angka 5(dua setrip = 2 mm). Jadi panjang pensil tersebut adalah 5 cm 2 mm atau ditulis dengan 5,2cm.


3. Setelah dibulatkan maka panjang pensil dibawah ini menjadi…

A.17,5 cm

B.17 cm

C.17,6 cm

D.18 cm

Kunci Jawaban : 18 cm. 

Pembahasan : Untuk membulatkan ke satuan terdekat adik-adik dapat berpedoman pada angka yang terletak di belakang penggaris. Jika angka yang berada dibelakang koma adalah berada dalam rentang 1 sampai 4 maka dianggap nol jadi nilai angka tidak ditambah. Sementara itu, apabila angka yang berada dibelakang koma adalah angka-angka yang berada pada rentang 5 sampai 9 maka nilai angka didepan koma ditambah 1. Pada soal ditunjukkan bahwa panjang penggaris adalah 17,6. Angka dibelakang koma adalah 6 maka nilai angka didepan koma ditambah 1 menjadi 18.


4. Setelah dibulatkan maka panjang pensil tersebut menjadi…

A.16 cm

B. 4 cm

C. 4,1 cm

D. 5 cm

Kunci Jawaban : 4 cm

Pembahasan : Untuk menghitung panjang dengan penggaris kita melihatnya dari titik dimana ujung sebelah kiri benda berada. Artinya tidak selalu dihitung dari angka nol. Seperti halnya pada soal. Ditunjukkan bahwa ujung sebelah kiri pensil (pangkal pensil) berada dititik/angka 12 sedangkan ujung sebelah kanan pensil (ujung pensil lancip) berada pada titik 16,1. Panjang pensil tersebut adalah 16,1 – 12 = 4,1 cm. Kemudian nilainya kita bulatkan ke satuan terdekat. Kita lihat dibelakang koma adalah angka 1 maka kita hilangkan sehingga angka didepan koma tinggal angka 4.


5. Panjang pensil setelah dibulatkan ke satuan terdekat adalah…

A. 7,5 cm

B. 8 cm

C. 7 cm

D. 7,4 cm

Kunci Jawaban : 8 cm

Pembahasan : Ujung sebelah kiri pensil (lancip) berada dititik atau angka nol sedangkan pada ujung kanannya (penghapus) berada pada titik 7,5. Maka panjang pensil tersebut adalah 7,5 – 0 =7,5 cm. Nilainya setelah dibulatkan menjadi 8 cm.


6. Pembulatan hasil pengukuran benda seperti pada gambar ke satuan terdekat adalah…

A. 8 cm

B. 9 cm

C. 4 cm

D. 5 cm

Kunci Jawaban: 4 cm

Pembahasan : Ujung sebelah kiri benda (tumpul) berada pada angka 4 sedangkan ujung bagian kanan (lancip) berada pada angka 8,1. Maka panjang benda tersebut adalah 8,1 – 4 = 4,1 cm.  Maka setelah dibulatkan akan menjadi 4 cm 


7. Panjang pensil seperti pada gambar setelah dibulatkan ke satuan terdekat menjadi…

A. 7 cm

B. 8 cm

C. 3 cm

D. 4 cm

Kunci Jawaban : 4 cm

Ujung kiri pensil berada di angka 4 sedangkan ujung kanannya berada di titik 5 mm setelah angka 7. Panjang pensil tersebut adalah 7,5 – 4 = 3,5 cm. Makasetelah dibulatkan akan menjadi 4 cm.


8. Hasil pengukuran terhadap buku menunjukkan angka 42, 3 cm. Maka setelah dibulatkan hasilnya akan menjadi…

A. 41 cm

B. 42 cm

C. 43 cm

D. 44 cm

Kunci Jawaban : 43 cm. 

Pembahasan : Dibelakang koma adalah angka yang berada pada rentang 1 sampai 4 (angka 3) maka angka tersebut dihilangkan.


9. Pita Santi berwarna merah dan biru. Panajang Pita yang berwarna merah adalah 74,8 cm dan yang berwarna biru 70,4 cm. Maka setelah dibulatkan panjang pitanya menjadi…

A. 144 cm

B. 145 cm

C. 146 cm

D. 147 cm

Kunci Jawaban : 145 cm. 

Pembahasan : Panjang pita merah setelah dibulatkan adalah 75 cm dan peta biru 70 cm. Kemudian kita jumlahkan menjadi 145 cm.


10. Panjang seutas tali 19,7 cm. Setelah dibulatkan akan dibagi menjadi 4. Maka masing-masing bagian berukuran…

A. 6 cm

B. 5 cm

C. 7 cm

D. 10 cm

Kunci Jawaban : B. 5 cm.  

Pembahasan : Panjang talisetelah dibulatkan adalah 20 cm (angka dibelakang koma adalah 7 maka nilai angka didepan koma ditambah 1)

Adik-adik hebat, demikianlah kunci jawaban dan pembahasan soal evaluasi pembulatan hasil pengukuran panjang. Sekarang adik-adik dapat berlatih mengerjakan soal agar semakin paham. Adik-adik juga dapat mempraktekkan melakukan pengukuran benda-benda disekitar yang aman dan mudah dijangkau.


Disclaimer :

Konten ini dibuat sebagai pembanding atau agar siswa yang belum paham semakin paham. Metode atau cara penyampaian pembahasan tidak bersifat mutlak. 


Posting Komentar untuk "Hasil Pembulatan ke Satuan Terdekat, Kunci Jawaban dan Pembahasan 10 Latihan Soal Pengukuran Panjang Tema 5 Kelas 4"