Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hitunglah Luas Permukaan Kubus Dibawah Ini, Matematika Kelas 6 Tema 5 Subtema 2

 
Hitunglah Luas Permukaan Kubus Dibawah Ini, Matematika Kelas 6 Tema
5 Subtema 2/Pexels/Magda Ehlers

Halo adik-adik kelas 6! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian dan keluarga dalam keadaan sehat semua , ya. Adik-adik hebat, bahasan kita kali ini berkaitan dengan mata pelajaran matematika yakni bangun ruang. Bangun ruang adalah bangun yang memiliki panjang, lebar dan tinggi ya adik-adik. Kita dapat menyebutnya bangun tiga dimensi. 

Coba adik-adik cari perbedaan bujur sangkar (squares) dan kubus (cube), ya.

Nah,karena meiliki panjang,lebar dan tinggi maka bangun ruang memiliki volume. Pelajaran bangun ruang ini sangat berguna lho adik-adik. Konsep bangun ruang ini misalnya diterapkan dalam pembangun rumah, gedung dan lain sebagainya.

Mungkin ayah, bunda, kakak atau saudara kalian ada yang berprofesi sebagai arsitektur. Wah, adik-adik bisa langsung bertanya ke beliau dong, he..he. Disini kakak mohon ijin untuk sedikit berbagi tentang materi matematika kelas 6 SD/MI ya.

Baiklah, adik-adik mungkin sudah tahu salah satu mainan yang bernama rubik, iya kan?. Adik-adik suka main rubik nggak? Kalau kakak suka tapi jarang main. Main rubik gampang-gampang susah ya ternyata.

Adik-adik yang hebat,kalau perhatikan sebuah rubik berbentuk kubus. Kalian sudah belajar tentang kubus atau belum. Apa yang adik-adik ketahui tentang kubus?. Berapa jumlah sisi pada kubus?
Berapa jumlah rusuknya?
Berapa jumlah titik sudutnya?

Ya, benar. Kubus memiliki 6 sisi dimana setiap sisi berbentuk persegi, 12 rusuk dan 8 sudut. Yang sudah adik-adik ketahui keduabelas rusuk kubus memiliki panjang yang sama, kan?. Coba, bedakan dengan balok (cuboids). 

Oh iya berapa sudut yang terdapat pada kubus? Rusuk yang tegak lurus pada kubus membentuk sudut 90 derajat.

Baiklah adik-adik, mari bersama-sama kita belajar menghitung luas permukaan kubus dan menentukan panjang sisi sebuah kubus.

Soal nomor 1 : Hitunglah luas permukaan bangun ruang kubus dibawah ini.

Diketahui :
Panjang sisi kubus (s) = 28 cm
Ditanya : L
Jawab :
Luas permukaan kubus (L) = 6 x sisi x sisi
                                                 = 6 x s2
                                                 = 6 x 282
                                                 = 6 x 784
                                                 = 4.704
Jadi, luas permukaan kubus diatas adalah 4.704 cm2

Keterangan : Setiap sisi pada bangun ruang kubus berbentuk persegi. Luas persegi adalah sisi x sisi (L = s2). 

Soal nomor 2 : Sebuah kubus mempunyai luas permukaan 4.056 cm2. Hitunglah berapa panjang sisi kubus tersebut.

Diketahui :
Luas permukaan kubus : 4.056 cm2
Ditanya : s
Jawab :
L = 6 x s2
4.056 = 6 x s2
s2 = 4.056 / 6
s2 = 676
s = √676
   = 26.
Jadi, panjang sisi kubus tersebut adalah 26 cm.

Keterangan : Kalau memahami cara mencari akar pangkat dua adik-adik akan lebih mudah dalam mencari panjang sisi/rusuk yang ditanyakan pada sebuah kubus.

Dengan mempelajari materi dan soal tentang kubus diharapkan adik-adik mampu menjelaskan dan mengidentifikasi (mengenali) bangun ruang tersebut sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disclaimer :
1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.
2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.
3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.
 

Posting Komentar untuk "Hitunglah Luas Permukaan Kubus Dibawah Ini, Matematika Kelas 6 Tema 5 Subtema 2"