Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hitunglah Volume Bangun Ruang Berikut! Jawaban Soal Evaluasi Kubus dan Balok Tema 5 Sub Tema 3 Kelas 6

Hitunglah Volume Bangun Ruang Berikut! Jawaban Soal Evaluasi Kubus dan Balok Tema 5 Sub Tema 3 Kelas
Hitunglah Volume Bangun Ruang Berikut! Jawaban Soal Evaluasi Kubus
dan Balok Tema 5 Sub Tema 3 Kelas /Pexels/Tima Miroshnichenko

Selamat pagi adik-adik hebat! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian dan keluarga dalam keadaan sehat semua , ya. Adik-adik hebat, pada sesi kali ini kita akan membahas soal latihan bangun ruang. Adik masih ingat bukan tentang apa yang dimaksud dengan bangun ruang. 

Setelah mempelajari materi ini adik-adik akan mampu menjelaskan dan mengenali beberapa macam bangun ruang serta menghitung luas dan volumenya.

Adik-adik hebat, jika pada sesi sebelumnya kita telah belajar menghitung luas kubus maka sekarang kita akan menghitung volume kubus dan balok. Nah, adik-adik sudah mengetahui pengertian volume bukan? Ayo, silakan buku catatannya silakan dibuka kembali. 

Agar mudah dalam mengingat kita dapat mengartikan bahwa volume adalah seberapa besar atau sejumlah berapa (ruang) yang bisa dimuati atau diisi pada suatu objek. Jadi kalau ini berkaitan dengan daya tampung/ daya muat ya adik-adik.

Bentuk kubus dan balok ini biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-sehari. Kalau pada sesi sebelumnya kakak memberikan contoh benda yang berbentuk kubus adalah rubik. Kalau contoh benda berbentuk balok misalnya kotak atau kardus handphone ya adik-adik. Contoh lainnya adalah kardus yang biasa digunakan untuk mengirim paket via jasa titipan kilat, lunch box, dan lain sebagainya ya adik-adik.

Adik-adik bisa menyebutkan contoh yang lainnya, ya. Kalian bisa meminta bantuan kepada ayah, bunda, kakak, saudara atau teman-teman. 

Nah jenis benda yang menempati bangun ruang tersebut bermacam-macam ya adik-adik. Bendanya bisa berwujud gas,cair, padat dan sebagainya.Tentunya hal ini juga mempertimbangkan bahan dari bangun ruang tersebut. Misal, kardus yang berbentuk kubus atau balok yang terbuat dari kertas tidak bisa diisi benda cair secara langsung.
Baiklah langsung kita ke rumus volume kubus dan balok, ya. Inirumusnya :
Rumus :
Volume kubus : sisix sisi x sisi = s3
Volume balok = panjang x lebar x tinggi (p x l x t)
Satuan volume misalnya cm3, liter dan sebagainya.

Nah adik-adik, sekarang kita akan menghitung volume kubus dan balok berdasarkan keterangan yang diberikan didalam soal.

Soal nomor 1 : Hitunglah volume kubus dibawah ini.

Diketahui :
Panjang sisi kubus (s) = 18 cm
Ditanya : Volume?
Jawab :
Volume kubus (L) = s3
                                = s x s x s
                                = 18 cm x 18 cm x 18 cm
                                = 5832 cm3
Jadi, volume kubus tersebut adalah 5832 cm3
Keterangan : Apabila benda yang didalam kubus berupa zat cair dan ingin mengetahui volumenya jikadalam satuanliter maka kita konversi (ubah) volume dalam centimeter kubik kedalam satuan liter ya adik-adik.  Berdasarkan rumus, 1 centimeter kubik = 0,001 liter. Misal volume kubus diatas kita konversi ke dalam liter maka kita bagi dengan 1000. Sehingga menjadi  5832 cm3 = 5,832 liter.

Soal nomor 2 : Hitunglah volume balok seperti dalam gambar!

Diketahui :
Luas permukaan kubus : 
Ditanya : Volume balok?
Jawab :
V = p x l x t
V = 24 cm x 16 cm x 20 cm
   = 7680 cm3
 
Jadi, volume balok tersebut adalah 7680 cm3.
Keterangan : Sama halnya dengan soal nomor 1. Apabila benda yang mengisi balok tersebut adalah benda cair dan kita ingin mengetahuinya dalam satuan liter maka kita konversi volume dalam centimeter kubik kedalam satuan liter. Misalnya balok diatas berisi dan adik-adik ingin mengetahui volumenya dalam satuan liter, berapa hasilnya?

Soal nomor 3 : Terdapat sebuah akuarium  yang bentuknya berupa balok. Dikatakan bahwa panjang dan lebarnya secara berturut – turut adalah 50 cm dan 30 cm. Apabila volumenya 60.000 cm3, berapa tinggi akuriumnya?
Diketahui :
Panjang (p) = 50 cm.
Lebar  (l)= 30 cm.
Volume = 60.000 cm3
Ditanya : tinggi (t)?
Jawab :
V = p x l x t
60.000 = 50 x 30 x t
60.000 = 1500 x t
Berapa dikalikan 1500 hasilnya 60.000? adik-adik, angka itulah yang merupakan tinggi balok tersebut.
Atau biasanya dalam penghitungan kita pindahkan t nya ke ruas kiri (sebelah kirinya tanda sama dengan). Sehingga menjadi :
t = 60.000  : 1500 
Kemudian untuk memeprmudah kita masing-masing kita coret 2 nol.
t = 600  : 15 
t = 40 
Jadi tinggi balok tersebut adalah 40 cm.

Demikian adik-adik pembahasan soal volume bangun ruang kubus dan balok diatas. Sekarang silakan adik-adik mengecek jawabanmasing-masing, ya. Salam adik-adik hebat.

Disclaimer :
1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.
2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.
3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.

Posting Komentar untuk "Hitunglah Volume Bangun Ruang Berikut! Jawaban Soal Evaluasi Kubus dan Balok Tema 5 Sub Tema 3 Kelas 6"