Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Falsafah Kakek Duha Juhaeri di Kaki Gunung Tampomas? Jawaban Tema 5 Kelas 4

Ini Falsafah Kakek Duha Juhaeri di Kaki Gunung Tampomas, Jawaban Tema 5 Kelas 4
Ini Falsafah Kakek Duha Juhaeri di Kaki Gunung Tampomas, Jawaban
Tema 5 Kelas /Pexels/Johannes-Plenio

Selamat pagi adik-adik hebat, bagaimana kabarnya? Semoga kalian dalam keadaan sehat semua. Pada sesi sebelumnya adik-adik sudah belajar tentang nilai dan makna yang terkandung dalam sila kelima bukan?. Kemudian adik-adik juga sudah belajar juga tentang penerapan sila kelima Pancasila. 

Sesi ini merupakan kelanjutan dari materi tersebut, kita akan mengulas dan berlatih soal PPKn Tema 5. Berkaitan dengan tema ini adik-adik akan mampu mengenali nilai Pancasila yang ada pada sebuah cerita yang berjudul “Kakek Duha Juhaeri” dengan benar.

Coba adik-adik ingat kembali nilai-nilai kelima sila Pancasila. Terakhir kita sudah membahas dan berlatih soal terkait sila kelima. Nilai dan makna yang dapat adik-adik temukan pada sila kelima misalnya adalah bersikap adil, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, saling menghormati dan menghargai, membantu orang lain, tidak bergaya hidup boros dan lain sebagainya.

Adik-adik sudah menonton dan mempelajari video tentang kakek Duha Juhaeri. Apakah kalian sudah membuat rangkuman atau belum. Setelah menyaksikan tayangan video tersebut adik-adik akan mampu mengidentifikasi atau mengenali kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila dengan baik dan benar.

Sekarang coba kita membahas latihan soal tentang “Kakek Duha Juhaeri”. Jumlah soalnya ada 5 sebagai berikut!

Nomor 1 :

Berdasarkan tayangan video tersebut maka dapat diketahui bahwa falsafah hidup beliau adalah bahwa berbuat baik tidak harus menunggu kaya.

Nomor 2 :

- Beliau melakukan upaya untuk mengubah lahan tandus dan kering di kaki Gunung Tampomas selama 26 tahun dengan kesederhanaan dan ketekunan sehingga lahan tersebut berubah menjadi hijau dan subur.

Nomor 3 :

Tindakan Kakek Duha Juhaeri yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah :

- Beliau tanpa pamrih ikut memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan di kaki Gunung Tampomas yang beliau lakukan dengan tekun dan sederhana selama 26 tahun

- Beliau melaksanakan hak dan kewajiban untuk kelestarian lingkungan yang merupakan ekosistem alam

- Beliau mengubah lahan tandus menjadi lahan produktif dan mengajak masyarakat menjadi peternak. Hasil jerih payah beliau juga dimanfaatkan oleh puluhan petani setempat

- Ikhlas berusaha untuk meringkankan beban sesama

- Mengedepankan rasa kekeluargaan antar sesama manusia

- Menghargai hak orang lain untuk mendapatkan kehidupan yang layak 

Nomor 4 :

- Mengikuti kegiatan gotong-royong memebersihkan lingkungan yang terjadwal secara rutin

- Ikut memberikan bantuan kepada korban bencana alam dalam bentuk makanan, pakaian dan lain sebagainya

- Menghemat penggunaan air dan listrik

- Menanam tanaman  pelindung disekitar rumah

- Mebersihkan got dan selalu menjaga kebersihan lingkungan salah satunya dengan menyapu serta membuang sampah pada tempatnya

Nomor 5 :

- Tidak terciptanya kenyamanan lingkungan

- Setiap warga akan egois dan mementingkan dirinya sendiri

- Kepentingan pribadi akan diletakkan diatas kepentingan bersama

- Terciptanya kesenjangan sosial yang semakin tinggi antara golongan masyarakat dengan status sosial tinggi dengan status sosial bawah.

Itulah pembahasan soal tentang kepahlawanan Kakek Duha Juhaeri dalam menjaga kelestarian lingkungan yang bermanfaat bagi ekosistem dan juga para petani dan peternak setempat.

Disclaimer :

Konten ini ditulis sebagai pembanding dengan jawaban lain dan bersifat terbuka 















Posting Komentar untuk "Apa Falsafah Kakek Duha Juhaeri di Kaki Gunung Tampomas? Jawaban Tema 5 Kelas 4"