Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Biasanya Kita Mengisi Sebuah Formulir? Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Formulir Kelas 6

Kapan Biasanya Kita Mengisi Sebuah Formulir? Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Formulir Kelas 6
          Kapan Biasanya Kita Mengisi Sebuah Formulir? Kunci Jawaban dan
  Pembahasan Soal Formulir Kelas 6/Pexels/Katerina Holmes

Selamat pagi adik-adik. Semoga adik-adik semuanya dalam keadaan sehat,ya. Bertemu lagi dengan kakak yang pada sesi ini akan membahas 20 soal latihan tentang formulir untuk kelas SD MI.

Tentunya adik-adik semua telah mempelajari materi formulir bukan?. Baiklah mari langsung kita bahas soal formulir muatan Bahasa Indonesia tema 5 berikut ini!

Sebelumnya adik-adik perlu memperhatikan apakah urutan nomor soal berikut ini sama dengan urutan yang terdapat pada google form atau tidak. Urutannya bisa jadi berbeda atau acak yaadik-adik.

1. Jawaban : Dari keempat pilihan jawaban yang ada maka ‘Melakukan pendaftaran sebagai peserta lomba’ merupakan jawaban yang paling tepat

Pembahasan : Formulir biasanya diberikan pada kepada seseorang yang akan melakukan registrasi misalnya pendaftaran siswa baru atau keanggotaan yang lain. Selain itu, formulir juga sering digunakan dalam kegiatan lomba yakni ditujukan kepada calon peserta yang akan kut berpartisipasi pada lomba.

2. Jawaban : Daftar Riwayat Hidup (DRH)

Pembahasan : Terdapat beberapa jenis formulir. Salah satunya adalah Daftar Riwayat Hidup. Untuk formulir jenis ini biasanya tersedia di toko ATK/ photocopy center. Beberapa orang biasanya membeli formulir daftar riwayat hidup sebagai kelengkapan persyaratan  melamar pekerjaan yang dikirim dalam sebuah amplop kabinet beserta surat lamaran kerja.

3. Jawaban : 3-5-4-2-1

Pembahasan : Pada nomor soal ini adik-adik diminta mengisikan data yang tersedia secara acak agar sesuai dengan format yang sudah ada. Adapun format yang tertulis pada formulir secara urut adalah nama, TTL, pendidikan, agama dan yang terakhir adalah alamat tempat tinggal. 

4. Jawaban : pekerjaan /profesi

Pembahasan : guru, dosen, dokter, teller bank, swasta, wiraswasta merupakan data yang diisikan pada bagian atau kolom  pekerjaan.

5. Jawaban : menonton lomba

Pembahasan : Daftar riwayat hidupbiasanya digunakan untuk melamar pekerjaan, daftar sekolah ataupun registrasi sebagai anggota perpustakaan

6. Jawaban : Slip penarikan

Pembahasan : Pada saat kita akan mengambiluang melalui teller di sebuah bank maka kita diwajibkan mengisi sebuah formulir yang biasa disebut slip penarikan. Pada slip tersebut terdapat kolom seperti nama, nomor rekening, jumlah uang yang ingin diambil dan lain sebagainya. Agar lebih jelas adik-adik dapat mencari contoh slip penarikan uang dibank.

7. Jawaban : kertas yang berisi beberapa kolom isian atau pertanyaan yang harus diisi

Pembahasan : Pada sebuah formulir terdapat beberapa bagian atau kolom isian yang wajib diisi oleh penerima formulir. Dalam pengisian formulir data yang diisikan harus bersifat asli.

8. Jawaban : huruf besar/ huruf kapital

Pembahasan : Pada Lembar Jawab Komputer terdapat beberapa kolom isian seperti nama, nomor identitas, tempat tanggal lahir dan sebagainya. Penulisan nama menggunakan huruf kapital dan apabila jumlah huruf pada nama melebihi kotak yang disediakan maka akan disingkat sesuai dengan tata cara pengisian yang telah ditentukan pada LJK.

9. Jawaban : Jalan Tiga Roda D1/VII, Sukabumi

Pembahasan : Pada soal dapat diketahui bahwa bagian atau kolom yang belum diisi(rumpang) adalah ‘alamat. Dari keempat pilihan jawaban yang merupakan keterangan alamat adalah nama jalan, kemudian D1/VII yang mungkin merupakan blok atau gang serta nama tempatnya yaitu ‘Sukabumi’.

10. Jawaban : 2B

Pembahasan : Dalampengisian formulir biasanya digunakan jenis pensil 2B.

11. Jawaban : Formulir penyetoran

Pembahasan :Formulir yang digunakan untuk menyetorkan uang disebut dengan slip setoran biasa digunakan jika kita akan menabung,melakukan transfer,membayar tagihan dan lain sebagainya melalui teller bank.

12. Jawaban : Formulir pendaftaran

Pembahasan : Karena Lusi ingin bergabung dengan sebuah kursus renang maka ia harus mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. 

13. Jawaban : 1 dan 4

Pembahasan : Pada formulir daftar riwayat hidup terdapat kolom  isian riwayat pendidikan dan pekerjaan. Sedangkan nama pengirim, jumlah setoran dan nomor rekening merupakan kolom-kolom yang terdapat pada slip setoran bank.

14. Jawaban : membaca petunjuk

Pembahasan : Yang harus kita lakukan sebelum mengisi kolom-kolom yang ada pada sebuah LJK adalah membaca petunjuk secara teliti untuk menghindari kesalahan dalam pengisiannya.

15. Jawaban : sungguh-sungguh

Pembahasan : Data yang kita isikan kedalam kolom-kolom yang disediakan pada daftar riwayat hidup adalah data yang benar atau asli.

16.Jawaban : formulir dirancang dengan sederhana dan mudah dipahami

Pembahasan : Sebuah formulir digunakan untuk pengambilan data yang sahih sehingga harus mudah dipahami oleh pengisinya. Mengenai nilai estetika atau keindahan tampilan formulir bukan merupakan syarat formulir yang baik dan benar.

17. Jawaban : ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automatic Teller Machine)

Pembahasan : Apabila seseorang memiliki kartu ATM maka ia dapat mengambil uang melalui mesin yang disediakan oleh pihak bank. Ini dapat dilakukan walaupun bank sudah tutup.

18. Jawaban : nomor rekening

Pembahasan : Untuk dapat melakukan transaksi pengiriman ataupun penerimaan uang melalui bank maka seseorang harus memiliki nomor rekening. Sebuah nomor rekening terdiri dari beberapa digit angka sesuai dengan yang diterbitkan oleh masing-masing bank.

19. Jawaban : Siska Wulandari, 11 tahun, VI (enam)

Pembahasan: Pada bagian nomor 1. Identitas diri terdapat 4 kolom yang harusdiisi yaitu nama lengkap, umur, kelas dan nomor induk siswa(NIS). Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah Siska Wulandari, 11 tahun dan VI (ENAM).

20. Jawaban : wesel pos

Pembahasan : Wesel pos merupakan layanan kantor pos yang digunakan untuk melakukan pengiriman uang.

Demikian tadi kunci jawaban dan pembahasan 20 soal tentang formulir. Silakan adik-adik mencocokkan apakah jawabannya sama atau berbeda dengan hasil pemahaman adik-adik semua.


Posting Komentar untuk "Kapan Biasanya Kita Mengisi Sebuah Formulir? Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Formulir Kelas 6"