Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Teks Eksplanasi tentang Globalisasi, Muatan Bahasa Indonesia Kelas 6

   

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Teks Ekplanasi tentang Globalisasi Muatan Bahasa Indonesia Kelas 6
   Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Teks Ekplanasi tentang Globalisasi
   Muatan Bahasa Indonesia Kelas 6/Pexels/Anna Shvets

Halo adik-adik kelas 6! Ketemu lagi dengan kakak, ya. Semoga kalian semua dan keluarga dirumah sehat selalu, ya.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas materi teks eksplanasi, menjawab soal latihan dan membahasnya secara singkat.

Adik-adik tentu semua tentu sudah belajar tentang materi ini ya? Semoga adik-adik sudah dapat   memahami materi tersebut . Ulasan kali ini mencakup pengertian, struktur dan ciri-ciri teks ekplanasi.

Kata “ekplanasi” merupakan serapan dari bahasa Inggris yaitu “explanation”. Kata “explanation” memiliki akar kata “to explain” yang berarti “menjelaskan”. Kata “eksplanasi” artinya “penjelasan”. Jadi teks ini berfungsi untuk menjelaskan. Nah, apa yang dijelaskan dalam sebuah teks jenis ini adik-adik? Yang dijelaskan adalah fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan ataupun sosial-bedaya Karena bersifat menjelaskan maka harus mampu menjawab pertanyaan “Mengapa?” atau “Bagaimana”. Oleh karena itu teks ini erat kaitannya dengan pernyataan yang berhubungan sebab  - akibat.

Strukturnya terdiri dari general statement atau suatu pernyataan yang bersifat umum mengenai fenomena yang sedang dibahas, informasi rinci mengenai bagaimana atau mengapa fenomena itu terjadi dan diakhiri dengan penarikan sebuah kesimpulan mengenai topik.

Jenis teks ini memiliki ciri kebahasaan seperti bersifat ilmiah, memberikan informasi sesuai dengan apa yang diamati, mengggunakan istilah-istilah keilmuan yang berkaitan dengan topik dan lain sebagainya. Istilah keilmuan yang berkaitan dengan topik misalnya jika teks menjelaskan tentang efek gas rumah kaca maka didalamnya akan digunakan istilah seperti  karbondioksida, lapisan ozon danlain-lain. 

1. Kunci Jawaban : A. Pernyataan umum

Pembahasan : Paragraf tersebut merupakan “Pernyataan Umum”

2. Kunci Jawaban : -

Pembahasan : Bunyi kalimat yang bercetak miring adalah “Mencintai tanah air merupakan kewajiban setiap warga negara.”. Pada kalimat tersebut tidak ditemukan kata yang tidak baku. Akan tetapi jika yang digunakan adalah kata “menyintai”maka jawaban dari soal ini adalah D. menyintai.

3. Kunci Jawaban : A. Zaman sekarang

Pembahasan : Struktur sebuah kalimat yang lengkap terdiri dari subjek, predikat, objek dan keterangan. Keterangan yang terdapat dalam kalimat dapat berupa keterangan cara, tempat, waktu dan lain sebagainya. Beberapa contoh keterangan waktu misalnya dahulu, kemarin, sekarang, besok, lusa dan lain-lain.

4. Kunci Jawaban : B. kita harus berpartisipasi dalam pembangunan bangsa

Pembahasan: Dalam kalimat tersebut terdapat pemborosan kata yakni “sudah harus”. Untuk mengubah kalimat tersebut menjadi efektif maka kata “sudah” harus dihilangkan.

5. Kunci Jawaban : B. Interpretasi

Pembahasa : Kalimat “masyarakat menyukai gaya hidup milik negara asing dansemakin meninggalkan budayanya. Untuk itu, marilah kita tetapmencintai budaya dan produk bangsa sendiri”. Berdasarkan kalimat tersebut dapat diketahui bahwa penulis menarik suatu kesimpulan berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan pada paragraf sebelumnya.

6. Kunci Jawaban : A. Prodak

Pembahasan :  Bunyi kalimat yang dicetak miring adalah “Untuk itu, marilh kita tetap mencintai budaya dan prodak bangsa sendiri.” Kata tidak baku yang terdapat padakalimat tersebut adalah “prodak” karena tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

7. Kunci Jawaban : A. Globalisasi dan cinta tanah air

Pembahasan : Teks tersebut menjelaskan tentang adanya globalisasi dan dampak negatifnya terhadap aspek budaya masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia kita harus mencintai budaya dan produk dalam negeri.

8. Kunci Jawaban : Jelang

Pembahasan : Kalimat berbunyi “Pembeli tiket kereta api mengalami antrian panjang jelang lebaran.”. Kata yang tidak baku pada kalimat tersebut adalah “jelang”karena tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang seharusnya “menjelang”.

9. Kunci Jawaban : C. Menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembaca.

Pembahasan : Jawaban A merupakan fungsi teks laporan, B adalah fungsi dari teks narasi sedangkan D adalah fungsi teks deskripsi.

10. Kunci Jawaban : A. Sebagai warga negara merupakan sebuah kewajiban untuk melestarikan budaya Indonesia

Pembahasan : Jawaban secara tersurat dapat ditemukan pada awal kalimat paragraf kedua.

Adik-adik hebat, kalian telah mempelajari pengertian, struktur, ciri kebahasaan teks eksplanasi . Selain itu kalian juga sudah membaca contoh teks dan latihan soalnya. Adik-adik dapat mencari contoh-contoh yang lain agar lebih memahami materi tersebut.   



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Teks Eksplanasi tentang Globalisasi, Muatan Bahasa Indonesia Kelas 6"