Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Evaluasi Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang Tema 5 Kelas 4

Kunci Jawaban Evaluasi Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang /
Pexels/Pavel Danilyuk

Selamat pagi adik-adik kelas 4! Bagaimana kabarnya hari ini? Baik-baik saja bukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal evaluasi pembulatan hasil pengukuran panjang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 yaitu Perjuangan Para Pahlawan.

Berkaitan dengan mata pelajaran Matematika, setelah mempelajari subtema ini adik-adik diharapkan mampu menjelaskan dan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat. 

Disamping itu,adik-adik juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat dengan teliti. 

Adik-adik sudah belajar tentang satuan berat dan satuan panjang bukan?Ayo,coba sebutkan contoh satuan berat dan satuan panjang yang adik-adik ketahui! 

Ya,benar. Contoh satuan berat adalah kilogram, gram dan ons. Sedangkan satuan panjang misalnya kilometer, meter,sentimeter,mil dan lain sebagainya.

Memahami satuan berat dan satuan panjang akan sangat berguna sekali dalam kehidupan sehari-sehari. Sebagai contoh untuk adik-adik terapkan dalam kegiatan jual-beli. 

Untuk mengetahui harga barang yang dihitung setiap kilogram atau gram seperti harga gula pasir, harga emas, harga beras atau mengecek biaya paket barang.

Sedangkan satuan panjang misalnya dapat diterapkan untuk menghitung luas tanah, memperkirakan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menempuh suatu jarak tertentu. Misalnya menghitung berapa liter bahan bakaryang diperlukan untuk jarak Jakarta ke Bandung menggunakan mobil atau sepeda motor.

Adik-adik juga dapat menerapkannya untuk menghitung harga tanah pada suatu daerah tertentu dengan mengetahui luas dan harga tanah per ubin.

Nah, untuk menambah pemahaman adik-adik, marilah kita kerjakan latihan soal dan pembahasan berikut ini bersama-sama :

1.Satuan panjang yang digunakan pada penggaris pada umumnya adalah…

a.Milimeter (m)

b.Sentimeter (cm)

c.Desimeter(dm)

d.Meter (m)

Kunci Jawaban : b.cm. Penggaris pada umumnya menggunakan satuan sentimeter (cm). Coba lihat penggaris adik-adik,ya.

2.Panjang pensil berdasarkan gambar dibawah ini adalah…

a.7 cm

b.7,5 cm

c.8 cm

d.8,5 cm

Kunci Jawaban : 8 cm. Untuk menghitung panjang menggunakan penggaris maka lihatlah angka yangditunjukkan pada bagian kanan.  Melihatnya dari bagian kiri, ya (angka nol)

3.Benda dibawah ini berdasarkan pengukuran pada gambar,jika dibulatkan ke satuan terdekat adalah…

a.5 cm

b.6 cm

c.7 cm

d.8 cm

Kunci Jawaban : b. 6 cm. Untuk membulatkan adik-adik bisa lihat padapenggaris. Jika panjang yang ditunjukkan kurang dari 5 (angka dibelakang koma angka 0,1,2,3 dan 4),maka angka tersebut dibuangdan diganti nol. Sebaliknya,jika ujung yang ditunjukkan lebih dari atu sama dengan 5 (5,6,7,8,9) maka angka satuan terdekat dinaikkan satu.

4.Panjang kayu sesuai dengan hasil pengkuran dibawah ini jika dibulatkan kesatuan terdekat adalah…

a.2 cm

b.3 cm

c.4 cm

d.5 cm

Kunci Jawaban : c. 4 cm. Angka terdekat pada ujung penggaris adalah angka bawahnya 3 dan angka atasnya 4. Lihat adik-adik, ujung garis tebal berada pada titik yang melebihi setengah sentimeter yakni tepatnya adalah 0,7 milimeter atau angka dibelakang koma masuk kedalam kategori sama dengan atau lebih dari 5. Maka tambah 1 atau kita bulatkan ke angkat terdekat yang berada diatas yaitu angka 4.

5.Panjang bolpoin Adit diukur dengan menggunakan penggaris adalah 4,3 cm. Seandainya dibulatkan ke satuan terdekat maka hasilnyaadalah…

a.3 cm

b.4 cm

c.5 cm

d.6 cm

Kunci Jawaban : b.cm. Angka terdekatnya adalah 4 dan 5. Dari soal diatas dapat diketahui bahwa panjang bolpoin Adit 4,3 cm (4 cm lebih 0,3 milimeter). Karena 0,3 milimeter jika dilihat pada penggaris tidak melebihi setengah sentimeter / kurang atau sama dengan 0,5 milimeter maka pembulatannya  ke angka bawah.

6.Panjang buku gambar Alicia 32,8 cm. Panjang buku gambar Alicia jika dibulatkan ke satuan terdekat menjadi…

a. 30 cm

b. 31 cm

c. 32 cm

d. 33 cm

Kunci Jawaban : Angka bawahnya 32 dan angka atas 33. Karena dibelakang koma adalah angka yang memenuhi kriteria lebih sama dengan atau lebih besar dari 5 (≥5) maka pembulatannya ke angka atas yaitu 33 cm.

7.Putri memiliki sehelai pita. Panjang pita Putri 43,5 cm. Panjang pita Putri jika dibulatkan ke satuan terdekat adalah…

a.45 cm

b.44 cm

c.43 cm

d.42 cm

Kunci Jawaban : 44 cm. Angka terdekat bawah adalah 43 dan angka terdekat atas 44. Angka dibelakang koma memenuhi kriteria sama dengan atau lebih besar dari 5 (≥5). Maka angka satuan terdekat dinaikkan satu (43 + 1 = 44).

8.Pensil Ani diukur dengan penggaris dan panjangnya 10 cm

lebih 9 mm. Panjang pensil Ani jika dibulatkan ke satuan terdekat menjadi…

a.9 cm

b.10 cm

c.11 cm

d.12 cm

Kunci Jawaban : 11 cm. Jika dituliskan adalah 10,9 mm. Angka 9 memenuhi kriteria sama dengan atau lebih dari 5.

9.Aidil mempunyai krayon panjangnya 9 cm lebih 5 mm. Panjang krayon Aidil jika dibulatkan ke satuan terdekat menjadi….

a.11 cm

b.10 cm

c.9 cm

d.8 cm

Kunci Jawaban : b. 10 cm.  Jika dituliskan adalah 9,5 mm. Jika dibelakang koma adalah angka 5,6,7,8,9 maka angka terdekat dinaikkan 1 (atau ditambah 1).

10.Affan, Azka, Prifian dan Satria masing-masing memiliki tongkat. Panjang tongkat mereka berturut-turut adalah 129,5 cm,130,8 cm dan 130,2 cm dan 129,4 cm. Siapakah yang memiliki tongkat sama panjang setelah dibulatkan ke satuan terdekat?

a.Azka dan Satria

b.Affan dan Prifian

c.Azka dan Prifian

d.Affan dan Satria

Kunci Jawaban: b. Affan dan Prifian

Diketahui :

Panjang tongkat Affan =129,5 cm dibulatkan menjadi 130

Panjang tongkat Azka  =130,8 cm dibulatkan menjadi 131

Panjang tongkat Prifian =130,2 cm dibulatkan menjadi 130

Panjang tongkat Satria = 129,4 cm dibulatkan menjadi 129

Jadi yang memiliki tongkat sama panjang adalah Affan dan Prifian.

Adik-adik hebat, demikianlah kunci jawaban dan pembahasan soal evaluasi pembulatan hasil pengkuran panjang tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan yang sedang adik-adik pelajari. 


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Evaluasi Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang Tema 5 Kelas 4"