Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Evaluasi Materi Ki Hajar Dewantara Berikut Ini, Kelas 4 Tema 5 Sub Tema 2

 

Kunci Jawaban Evaluasi Materi Ki Hajar Dewantara Berikut Ini, Kelas 4 Tema 5 Sub Tema 2
        Kunci Jawaban Evaluasi Materi Ki Hajar Dewantara Berikut Ini, Kelas 4 Tema 5
        Sub Tema 2/Gambar Ki Hajar Dewantara/Kemendikbud

Halo adik-adik hebat semua. Apa kabar hari ini? Semoga adik-adik dan keluarga senantiasa dalam keadaan sehat,ya. Adik-adik hebat, postingan kali ini masih berkaitan dengan Tema 5 Sub Tema 2 yaitu Pahlawan Kebanggaanku. Pada sesi kemarin kalian mengenal beberapa pahlawan pada zaman kerajaan atau Nusantara, pahlawan perjuangan yang berjuang melalui peperangan secara fisik. Sekarang kita akan mengenal salah satu tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui jalur pendidikan. Beliau adalah Ki Hajar Dewantara. 

Setelah adik-adik membaca teks ataupun menonton tayangan video tentang beliau diharapkan adik-adik dapat meneladani sikap kepahlawanan yang beliau miliki dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Filosofi beliau pengajaran dan pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan satu dengan yang lain.

Menurut beliau, pendidikan membimbing murid supaya kehidupannya berlandaskan pada karakter yang baik sehingga menjadi manusia yang berpendidikan dimana merupakan landasan dari suatu bangsa yang besar adik-adik tanpam membeda-bedakan suku, adat, agama ataupun status sosial.

Beliau lahir di Yogyakarta yaitu pada tanggal 2 Mei 1889. Nama kecilnya adalah Raden Mas Suryaningrat dan berasal dari keluarga bangsawan.

Dikutip dari tokohindonesia.id beliau memutuskan untuk melepaskan gelar bangsawan yang disandang. Setelah itu beliau memilih untuk menjadi seorang aktivis, kolumnis, politisi dan pioner untuk pendidikan Indonesia. Beliau memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Berasal dari keluarga bangsawan telah memberikan jaminan kepada beliau untuk mengenyam pendidikan sesuai dengan yang diinginkan. Beliau memperoleh pendidikan dasar di ELS (Europeesche Lagere School) dan kemudian melanjutkan studi di STOVIA (Sekolah Kedokteran Jawa). Akan tetapi beliau tidakdapat menuntaskan pendidikannya disana karena alasan kesehatan.

Beliau mulai menulisdi surat kabar dan secara umum tulisan beliau berisi tentang patriotisme dan anti penjajahan Belanda. Beliau juga tergabung dalam awal berdirinya Budi Utomo  dan Indische Party.

Buku yang beliau terbitkan adalah ‘Als ik eens Nederlander’ (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan ‘Een voor allen en allen voor een (Satu Untuk Semua dan Semua Untuk Satu).

Kemudian beliau mendirikan SekolahTaman Siswa pada tahun 1922 dengan semboyan ‘Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani’. Setelah kemerdekaan beliau ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggla 26 April 1952 pada usia 69 tahun. Beliau dianugeragi gelar sebagai Pahlawan Nasionaloleh presiden RI yang kedua pada 28 November 1959. Potret beliau ada di pecahan uang kertas 20.000 sampai tahun 2002.

Baiklah adik-adik sekarang marilah kita bahas soal latihan bersama-sama :

1.Nama asli beliau adalah Raden Mas Suryaningrat. Beliau mengganti nama pada usia 40 tahun.

2.Berdasarkan pada penjelasan dapat diketahuibahwa beliau lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

3.Beliau menulis artikel berjudul ‘Seandainya Aku Seorang Belanda’

4.Ki Hajar Dewantara berjuangan melawan penjajahan Belanda dengan memajukan pendidikan di Indonesia pada saat itu

5.Ketiga tokoh tersebut adalah Ki Hajar Dewantara, Cipto Mangunkusumo dan Douwes Dekker. Ki Ageng Tirtayasa merupakan Sultan dari Kerajaan Banten. Drs. Moh.Hatta adalah wakil presiden Republik Indonesia yang pertama mendampingi bapak proklamator Ir. Soekarno.

6.Ki Hajar Dewantara mendirikan sekolah yang bernama Taman Siswa di Yogyakarta.

7.Semboyan yang beliau gunakan dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah ‘Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani’.

8.Semboyan tersebut menggunakan bahasa Jawa (krama) yang memiliki arti ‘Didepan memberi contoh,di tengah memberi semangat dan di belakang memberi dorongan’.

9.Atas perjuangan dan dedikasi beliau di bidang pendidikan maka Ki Hajar Dewantara disebut sebagai Bapak Pendidikan Indonesia

10.Salah satu sikap yang dapat diteladani dari seorang Ki Hajar Dewantara adalah berani dan pantang menyerah membela kebenaran.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.




Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Evaluasi Materi Ki Hajar Dewantara Berikut Ini, Kelas 4 Tema 5 Sub Tema 2"