Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal Hasil Pengukuran Berat Badan Kelas 4 di SDN Suka Maju Tema 5 Sub Tema 2

Kunci Jawaban Soal Hasil Pengukuran Berat Badan Kelas 4 di SDN Suka Maju Tema 5 Sub Tema 2
Kunci Jawaban Soal Hasil Pengukuran Berat Badan
Kelas 4 di SDN Suka Maju Tema 5 Sub Tema 2/Pexels/Tiger Lily

Halo adik-adik kelas 4! Selamat Hari Pahlawan 10 November! Bagaimana kabarnya hari ini? Baik-baik saja bukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal evaluasi pembulatan hasil pengukuran berat Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 2 yaitu Pahlawanku Kebanggaanku. Kali ini kita akan membahas soal Matematika lagi, ya.

Sebelumnya kalian telah berlatih soal tentang pembulatan hasil pengukuran berat ke satuan terdekat bukan? Nah, pada sesi ini  kita akan berlatih lagi mengubah hasil pengkuruan berat ke satuan terdekat. Semakin sering berlatih semakin bagus. Kata pepatah “Practice makes perfect”. Jadi perbanyak berlatih soal dengan tingkatk esulitan dari mudah, sedang dan sulit ya adik-adik. Agar nanti kalau sudah naik ke kelas 5 dapat belajar Matematika dengan lancar pada level yang lebih sulit.

Bisa jadi keahlian adik-adik akan mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan di masa depan. Mungkin sebagai ahli di bidang  ilmu komputer atau yang lainnya.

Baiklah adik-adik kita kembali ke pokok bahasan pembulatan hasil  pengukuran satuan berat. Untuk me-refresh ingatan dan pemahaman materi ini, coba isilah titik-titik dibawah ini :

-1 ton =…kuintal

-1 kuintal =…kilogram

-1 kilogram =…gram

-1 gram=…ons

Coba bandingkan adik-adik,  kapas berbobot 1 kg jika dibandingkan dengan batu 1 kg lebih berat mana? Adik-adik jika diminta mengangkat kapas seberat 25 kg kuat atau tidak? Mungkin belum kuat ya, adik-adik.

Sekarang kita coba bayangkan perjuangan para pahlawan kita pada zaman penjajahan dulu. Harus siap sedia dengan membawa peralatan perang.  Nah kita harus bersyukur tinggal menikmati kemerdekaan atas beratnya perjuangan para pahlawan terdahulu. 

Nah, kita bisa membayangkan bagaimana rakyat saat mengalami kerja paksa zaman dahulu. Mereka harus mengangkat beban tanpa diberi upah.

Baiklah adik-adik, sekarang marilah kita bahas latihan soalnya bersama-sama. Adik-adik masih ingat kan? Jika angka yang berada dibelakang koma adalah angka 1,2,3,4 maka angka tersebut kita buang dan diganti dengan nol. Selanjutnya, apabila angka dibelakang koma adalah angka 5,6,7,8,9 maka nilai angka tersebut kita tambah 1.

Berikut ini adalah data berat badan 10 siswa Kelas 4 di SDN Sukamaju. Dari data berikut bulatkan berat badan ke satuan terdekat selanjutnya urutkan nama siswa berdasarkan berat badan dari yang paling ringan sampai yang paling berat.

- Asep 52,8 kg = 53 kg

- Bagas 33,5kg =34 kg

- Cici 45,6 kg = 46 kg

- Dodi 61,7 kg = 62 kg

- Edi 32,2 kg = 32 kg

- Fitri 36,0kg = 36 kg

- Gisel 49,1 kg = 49 kg

- Hani 67,4 kg = 67 kg

- Intan 28,9 kg = 29 kg

- Joko 53,3 kg = 53 kg

Sekarang kita urutkan angka hasil pembulatan dari yang paling kecil ke yang besar yaitu 29,32, 34, 36, 46, 49, 53, 53, 62, 67. Jadi urutan nama siswa dengan berat badan paling ringan ke yang paling berat adalah :

Ke-1. Intan

Ke-2. Edi

Ke-3. Bagas

Ke-4. Fitri

Ke-5. Cici

Ke-6. Gisel

Ke-7. Joko dan Asep

Ke-8. Dodi

Ke-9. Hani

Coba cocokkan dengan jawaban adik-adik, kira-kira sama atau tidak ,ya. Itulah tadi kunci jawaban soal latihan pembulatan hasil pengukuran berat yang sudah adik-adik kerjakan. Salam adik-adik hebat.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk " Kunci Jawaban Soal Hasil Pengukuran Berat Badan Kelas 4 di SDN Suka Maju Tema 5 Sub Tema 2"