Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal Latihan PAS PPKn Kelas 6 Tema 5 tentang Wirausaha dan Pembahasannya

Kunci Jawaban Soal Latihan PAS PPKn Kelas 6 Tema 5 tentang Wirausaha dan Pembahasannya
 Kunci Jawaban Soal Latihan PAS PPKn Kelas 6 Tema 5 tentang Wirausaha
dan Pembahasannya/Pexels/Rizky Rafael

Halo semngat pagi adik-adik kelas 6. Bagaimana kabar kalian semua?  Semoga adik-adik hebat bersama keluarga senantiasa dalam keadaan sehat dan mendapatkan rejeki yang melimpah. Adik-adik, pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas soal latihan penilaian akhir semester ganjil muatan PPKn, ya. 

Nah sebaiknya adik-adik memberikan jawaban soal muatan PPKn tentang Wirausaha ini secara mandiri terlebih dahulu.

Pembahasan ini sifatnya fleksibel ya adik-adik. Artinyaadik-adik dapat menambahkan pembahasan sesuai dengan pemahamanyang adik-adik miliki. Alangkah baiknya adik-adik juga mendiskusikannya dengan ayah-bunda, kakak atau teman-teman serta orang-orang yang menurut kalian memiliki pengetahuan atau praktisi di bidangnya masing-masing.

Akan lebih tepat jika adik-adik berdiskusi dengan wirausahawan disekitar adik-adik  yang berpengalaman dalam menjalankan usahanya. Jadi beliau sudah memahami teori dan melakukan praktek.

Adik-adik, berikut ini soal latihannya. Ingat ya, nomor yang diberikan pada setiap item soal berikut urutannya belum tentu sama dengan yang ada digoogle form. Jadi adik-adik harus membaca pembahasannya secara teliti dan cermat.

1. Orang yang mengatur atau memiliki sebuah usaha dalam suatu bidang tertentu dapat disebut sebagai pengusaha. Bidang-bidang usaha bemacam-macam seperti usaha dalam pertambangan,  pertanian, perkebunan, wisata, properti, perdagangan, percetakan dan lain sebagainya.

2. Salah satu modal utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah tekad yang kuat. Selain itu tentunya juga modal yang berkaitan dengan materi dan jaringan yang luas. 3P yang harus dipertimbangkan adalah Product, Place dan Price.

3. Suatu kegiatan atau usaha yang menghasilkan sebuah produk disebut sebagai industri. Misalnya industri rumah tangga yang menghasilkan tempe keripik. Industri garmen atau tekstil yang menghasilkan berbagai macam pakaian atau kain bahan untuk membuat seragam dan lain sebagainya.

4. Kegiatan ekonomi mencakup 3 (tiga) hal yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang atau jasa oleh produsen. Sedangkan distribusi adalah penyaluran hasil produksi tersebut hingga sampai kepada konsumen. Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yaitu kegiatan menggunakan atau mengurangi nilai barang atau jasa yang dilakukan oleh para konsumen.

5. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa produksi berkaitan dengan dihasilkannya barang atau jasa oleh pihak prosdusen. Misalnya meja dan kursi yang dihasilkan oleh pengrajin mebel, tahu yang dihasilkan oleh pabrik baik dalam skala industri rumah tangga ataupun yang besar. Barang-barang yang kita pakai  atau gunakan merupakan barang hasil produksi. 

6. Kita harus berterima kasih kepada para pengusaha. Dengan dibukanya sebuah usaha maka biasanya akan dibutuhkan tenaga kerja. Penyerapan tenaga kerja ini otomatis akan mengurangi jumlah orang yang tidak bekerja. Hal ini akan membantu program pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran.

7. Dari beberapa kisah pengusaha sukses ternyata tidak serta merta sekali menggeluti dunia pengusaha kemudian langsung sukses. Ada beberapa pengusaha yang mengalami jatuh bangun berkali-kali akan tetapi tetap terus berjuang pantang menyerah dan selalu meiliki ide kreatif yang akhirnya menjadikan usaha mereka sukses.

8. Kerja keras bukanlah kerja yang dilakukan terus menerus selama 24 jam karena sebagai manusia kita membutuhkan waktu untuk beristirahat. Semua pastinya sudah terjadwal sehingga sikap ini tercermin dari kedisiplinan dalam berangkat dan pulang kerja sesuai waktunya.

9. Tidak semua orang sukses dalam hal kecukupan ekonomi. Ada yang kebutuhannya sangat tercukupi, pas-pas an dan adapula yang kurang atau bahkan tidak tercukupi. Walaupun begitu kita harus saling menghormati dan menghargai tanpa memandang status sosialmasing-masing.

10. Sebagai warga negara Indonesia kita wajib ikut serta menjaga kelestarian budaya yang ada. Bentuk partisipasi ini tentunya harus kita sesuaikan dengan kemampuan dan porsi masing-masing. Menyerahkan upaya pelestarian kepada pemerintah bukanlah merupakan cara menjaga kelestarian batik.

11. Seorang wirausahawan tentunya meiliki peran terhadap perekonomian Indonesia. Geliat berkembang dan maujunya sebuah usaha yang dijalankan oleh seorang pengusaha tentunya akan menaikkan kuantitas lakunya sebuah produk atau jasa. Produk atau jasa yang laku dalam bisnis akan tentunya akan menaikkan nilai jumlah pajak yang masuk ke negara sehingga dapat menambah jumlah devisa.

12. Manusia tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri karena terdapat jenis kebutuhan yang beraneka ragam. Bayangkan saja adik-adik apa yang akan terjadi jika usaha ekonomi yang ada hanya satu jenis. Tentulah akan terjadi ketidaktersediaan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya. Oleh karena itu kita harus menghargai keberagaman ekonomi yang terdapat didalam masyarakat.

13. Anak-anak biasanya cenderung memiliki imajinasi dan daya kreativitas yang tinggi. Dari pilihan yang ada, kerajinan merupakan usaha yang cocok bagi anak-anak. Sedangkan ketiga hal yang lain seperti membuka bengkel, jasa fotokopi dan dagang online sepertinya belum tepat.

14. Kalau kita lihat disekitar kita ada satu jenis usaha yang sama akan tetapi mengalami perkembangan dan kemajuan yang berbeda. Sepertiyang diilustrasikan pada soal bahwa usaha Pak Iwan lebih berhasiljika dibandingkan dengan usaha Pak Jaya. Dalam ini hal yang sebaiknya dilakukan oleh Pak Jaya adalah mencontoh kiat-kiat ataupun strategi usaha yang dilakukan oleh Pak Iwan.

15. Di pasaran terkadang kita jumpai sebuah produk sejenis yang dihasilkan oleh ribuan produsen. Sebagai produsen tentunya harus memiliki kreativitas agar menghasilka sebuah produk yang memiliki nilai spesial atau khusus agar menarik konsumen sehingga meningkatkan daya saing dan daya jualnya.

16. Beliau-beliau yang menjadi pengusahasukses pastilah orang yang disiplin dalammenjalankan usahanya. Untuk membiasakan kedisiplinan padaawalnya memang harus dipaksakan agar menjadi sebuahkebiasaan. Begitu juga bagi seorang murid. Sifat disiplin dapat  dilatih dengan tiba di sekolah sebelum jampelajaran dimulai atau tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

17. Kegiatan wirausaha yang beraneka ragam yang ada didalam masyarakat memiliki pengaruh positif  yang salah satunya adalah dapat menambah income (pendapatan) masyarakat.

18. Menjadi seorang pengusaha menurut beberapa pakar tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang harus gagal berkali-kali.Kegagalan ini tidak boleh menjadikan semangat mengendur dan menyerah. Jadi, seorang pengusaha tidak boleh berputus asa.

19. Batik merupakan salah satu budaya yang berwujud benda. Ada banyak cara yang dilakukan dalam rangka melestarikan batik seperti mengadakan lomba desain baju batik, mengadakan festival atau pameran batik, menjadikan batik sebagai seragam yang dipakai pada hari tertentu pada instansi-intansi atau perusahaan. Bagi yang memiliki modal materi dan non-materi yang cukup dapat membuat perusaahaan batik.

20. Era globalisasi memerlukan kompetensi yang luar biasa. Setiap orang memiliki potensi atau bakatnya sendiri-sendiri yang bisa jadi berbeda dengan orang lain. Oleh karena itu, hal yang sebaiknya dilakukan adalah melakukan hal-hal dalam rangka pengembangan potensi diri.

Demikian kunci jawaban dan pembahasan 20 soal latihan PAS muatan PPKn kelas 6 tentang Wirausaha.Semoga bermanfaat ya adik-adik hebat semuanya.



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Latihan PAS PPKn Kelas 6 Tema 5 tentang Wirausaha dan Pembahasannya"