Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Tema 5 Teks Nonfiksi dan Pembahasannya

Kunci Jawaban Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Tema 5 Teks Nonfiksi dan Pembahasannya
Kunci Jawaban Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Tema 5 Teks
NonfiksI dan Pembahasannya/Pexels/Tima-Miroshnichenko

Halo adik-adik hebat semua. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal penilaian harian Bahasa Indonesia yang terdiri dari 10 nomor. Nah, yang perlu kalian perhatikan adalah bahwa urutan nomornya bisa jadi acak (tidak sama urutannya) dengan pembahasan berikut, ya.

1. Diberikan sebuah teks tentang Patih Gajah Mada. Yang ditanyakan adalah jenis teks  tersebut.

Jawaban : B

Pembahasan : Teks tentang Gajah Mada tersebut termasuk jenis teks nonfiksi karena menceritakan biografi singkat patih dari kerajaan Majapahit tersebut.  Sedangkan teks fiksi misalnya cerpen, novel, cerbung dan sebagainya. Teks tersebut juga bukan merupakan karangan terstruktur maupun karangan bebas.


2. Diberikan empat contoh karya yaitu jurnal, legenda, biografi. Perintahnya adalah menentukan yang bukan merupakan contoh teks

Jawaban : C

Pembahasan : Legenda merupakan salah satu contoh karya sastra yang berisi tentang cerita asal mulai suatu tempat. Jenis teks ini termasuk ke dalam jenis naratif dan merupakan teks fiksi. Sedangkan biografi, sejarah dan jurnsl berisi tentang sesuatu yang sesuai sifatnya nyata dan merupakan contoh teks nonfiksi.

 

3. Disajikan sebuah teks bacaan tentang kakek Duha Juhaeri di Kaki Gunung Tampomas. Teks tersebut terdiri dari 4 (empat) paragraf. Pada item soal ini yang ditanayakan adalah mengenai informasi yang terdapat pada pargraf ke-2 (kedua)

Jawaban : C

Pembahasan : Paragraf kedua teks tersebut adalah “Kaki Gunung Tampomas…ekosistem ini.” Berdasarkan paragraf tersebut dapat diketahui bahwa ide pokoknya adalah tentang tandusnya daerah tersebut akibat penambangan pasir dan terbengkalai.


4. Disajikan sebuah paragraf tentang Kapitan Pattimura dan berbagai usaha yang beliau lakukan dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda bersama beberapa raja-raja yang ada di indonesia. Item soal ini menanyakan ‘pernyataan’ yang sesuai dengan paragraf tersebut.

Jawaban : A

Pembahasan : Soal menanyakan ‘pernyataan’ yang sesuai. Jawabannya mudah ditemukan ya adik-adik karena dari keempat pilihan jawaban hanya jawaban A yang merupakan kalimat ‘pernyataan’. Sedangkan B, C dan D adalah kalimat-kalimat ‘pertanyaan’.


5. Diberikan sebuah paragraf tentang Cut Nyak Dhien dan perjuangannyadalam perang Aceh. Berdasarkan paragraf tersebut dapat disimpulkan bahwa informasi penting yang ada dalam teks adalah bahwa Cut Nyak Dhien merupakan pemimpin pada saat perang Aceh.

Jawaban : B

Pembahasan : Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Cut Nyak Dhien…dari Aceh.” Dari keempat pilihan jawaban maka yang merupakan informasi penting adalah  Cut Nyak Dhien yang merupakan seorang pemimpin pada saat perang Aceh.


6. Disajikan sebuah teks tentang Sultan Hasanuddin yang mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur karena keberanian beliau dalam melawan kolonialisme Belanda.  Yang ditanyakan padaitem soal ini adalah tentang pesan moral yang terdapat didalam teks.

Jawaban : A

Pembahasan : Berdasarkan paragraf diatas dapat ditemukan bahwa pesan moral yang ingin disampaikan adalah keberanian Sultan Hasanuddin. Selain itu, usaha-usaha yang beliau lakukan menunjunjukkan betapa gigihnya beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari kolonialisme Belanda pada saat itu.

 

7. Item soal ini menanyakan manfaat membandingkan informasi yang diperoleh sebelum dan sesudah membaca sebuah teks.

Jawaban : A

Pembahasan : Informasi yang kita dapat sebelum membaca sebuah teks terkadang belum bisa membuat kita jelas atau mendapatkan pemahaman secara menyeluruh akan suatu hal. Oleh karena itu, dengan membaca sebuah teks akan membuat kita mendapatkan atau memperoleh keterangan mengenai bagian yang belum tersampaikan sehingga menjadi lebih lengkap.

 

8. Diberikan 4 kalimat yang susunan masih acak atau belum. Kita diminta untuk menentukan urutan yang tepat dengan memilih nomornya.

Jawaban : D

Pembahasan : Kalimat awal harus jelas tentang subjek yang akan diceritakan. Kalimat nomor 3 ‘Sultan Agung…Islam’ adalah yang paling tepat. Hanya ada dua pilihan jawaban yang  diawali dengan nomor 3 yaitu B dan D. Diantara keduanya jawaban D paling tepat karena diawali dengan subjeknya (siapa yang akan diceritakan) kemudian nama kerajaannya, masa pemerintahannya dan ditutup dengan pencapaiannya.

 

9. Disajikan sebuah paragraf tentang kakek Duha Juhaeri. Item soal ini menanyakan informasi penting yang terdapat dalam paragraf tersebut.

Jawaban : B

Pembahasan : Berdasarkan paragraf tersebut dapat diketahui bahwa informasi penting yang kita dapatkan adalah Duha Juhaeri merupakan seorang penyelamat lingkungan.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomet 10!

 

10. Pada soal ini disajikan sebuah teks tentang Pangeran Antasari. Yang ditanyakan adalah pokok pikiran atau gagasan utama paragraf tersebut.

Jawaban : B

Pembahasan : Paragraf tersebut memeberikan informasi tentang keberhasilan Pangeran Antasari dalam memepersatukan suku-suku di daerah Banjar untuk melawan penindasan yang dilakukan oleh Belanda pada saat itu.

Demikianlah adik-adik pembahasan soal harian Bahasa Indonesia kali ini.Semoga bermanfaat bagi kalian semua, ya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Tema 5 Teks Nonfiksi dan Pembahasannya"