Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lihatlah Bayangan Pada Masing-Masing Cermin dan Tuliskan Hasilnya! Percobaan 3 Jenis Cermin, Kelas 4 Tema 5 Sub Tema 3


Lihatlah Bayangan dan Tuliskan Hasilnya! Percobaan 3 Jenis Cermin, Kelas 4 Tema 5 Sub Tema 3
Lihatlah Bayangan dan Tuliskan! Pexels/Cottonbro
 
Halo adik-adik hebat, apa kabar semua? Sehat-sehat saja bukan? Sekarang sudah mulai sering turun hujan ya adik-adik, kalau ada yang sedang kurang fit yang mungkin karena pergantian cuaca semoga lekas segar bugar kembali, ya. Adik-adik kali ini kita akan mengulas tentang materi cahaya dan cermin, ya. 

Setelah mempelajari materi ini diharapkan adik-adik mampu memahami sifat-sifat cahaya dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cermin.

Adik-adik sudah memahami yang tentang apa yang dimaksud dengan cahaya bukan? Bagi yang sudah tahu coba kasih tahu teman belum, ya. Coba dibaca lagi catatannya,ya adik-adik hebat.

Kita bisa membayangkan betapa gelapnya dunia tanpa adanya cahaya. Seperti yang adik-adik semua sudah pelajari bahwasannya cahaya memiliki sifat-sifat tertentu :

1. Cahaya merambat lurus
Perjalanan cahaya dari sumbernya tidak berkelok-kelok. Adik-adik cek dengan menyalakan senter dan arahkan ke jarak tertentu. Adik-adik juga bisa melihat sinar matahari yang menembus genteng atau lampu kendaraan bermotor. Nanti bisa adik-adik cek sendiri, ya.

2. Cahaya bisa dipantulkan secara teratur dan tidak teratur. Yang pertama terjadi jika sinar datang mengenai permukaan yang licin dan mengkilap. Sebagai contoh saat cermin mengenai kaca lemari sehingga objek yang ada didepan cermin dapat terlihat jelas. Sedangkan pemantulan tidak teratur terjadi ketika sinar mengenai permukaan bidang yang tidak rata atau kasar misalnya pada permukaan batu. Pada kondisi ini cahaya dipantulkan secara tidak beraturan.

3. Cahaya bisa dibiaskan ketika melewati dua medium berbeda dengan kerapatan berbeda pula. Contoh bolpoin akan tampak bengkok saat dicelupkan kedalam sebuah wadah berisi air.

4. Cahaya bisa menembus objek bening misalnya genteng kaca, mika face shield dan lain sebagainya.

5. Cahaya bisa diuraikan, sebagai contoh, terjadinya pelangi setelah terjadi hujan. Pada dasarnya pada peristiwa itu hanya ada satu warna cahaya matahari yaitu putih. Warna putih tersebut dibiaskan oleh titik-titik air hujan sehingga  menjadi berwarna-warni.

Adik-adik, ada yang bisa menyebutkan benda yang dapat memantulkan cahaya dan biasa kita jumpai atau kita gunakan sehari-sehari?. Ya, benar salah satu benda yang dimaksud adalah cermin. 

Nah, adik-adik sifat bayangan sebuah objek yang ditangkap oleh cermin berbeda-beda. Perbedaan sifat bayangan ini bergantung pada jenis cerminnya. Ada beberapa jenis cermin yang  dibedakan  menurut sifat-sifatnya :

Laporan Hasil Percobaan dengan 3 Jenis Cermin Berbeda

1. Cermin Cembung menggunakan bagian belakang sendok atau spion sepeda motor
- Sifatnya divergen (cahaya yang dihasilkan menyebar). 
- Bayangannya bersifat maya, tegak, diperkecil

2. Cermin Cekung menggunakan bagian dalam sendok
- Sifatnya konvergen (cahaya yang dihasilkan mengumpul). 
- Sifat bayangan sesuai jarak benda dengan cermin. Pada saat letak benda dekat dengan cermin maka bayangannya bersifat maya, tegak dan diperbesar. Sedangkan ketika jarak benda jauh dengan cermin maka bayangannya akan bersifat nyata, terbalik dan diperkecil.

3. Cermin Datar menggunakan kaca rias
- Sifat bayangannya maya, tegak, sama besar
- Ukuran bayangan sama dengan ukuran objek atau benda nya
- Penampakan bayangan berlawanan, kanan menjadi kiri dan sebaliknya

Adik-adik hebat,demikian tadi ulasan tentang sifat cahaya dan jenis-jenis cermin beserta karakteristiknya. Berdasarkan percobaan dapat disimpulkan bahwa bentuk permukaan cermin mempengaruhi sifat bayangan yang dihasilkan ya, adik-adik.Sekarang adik-adik silakan untuk melengkapi tabel laporan hasil percobaannya masing-masing.

Disclaimer :
1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.
2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.
3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Lihatlah Bayangan Pada Masing-Masing Cermin dan Tuliskan Hasilnya! Percobaan 3 Jenis Cermin, Kelas 4 Tema 5 Sub Tema 3"