Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal Globalisasi, Latihan PAS PKn Kelas 6 Tema 4

Kunci Jawaban  Soal Globalisasi,Latihan PAS PKn Kelas 6 Tema 4/Pexels/Andrea              Piacquadio
        Kunci Jawaban  Soal Globalisasi,Latihan PAS PKn Kelas 6 Tema 4/Pexels/Andrea
             Piacquadio

Halo adik-adik hebat semua, bagaimana kabarnya hari ini? Baik-baik saja bukan? Adik-adik, pada sesi kali ini kita akan bersama-sama membahas soal yang berkaitan dengan globalisasi. Dengan beberapa soal latihan berikut adik-adik akan lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan keberagaman ekonomi di masyarakat.  

Dibawah ini 22 soal latihan tersebut :

Nomor 1 (A)

Pembahasan :

Salah satu dampak negatif adanya globalisasi adalah ada beberapa kalangan masyarakat yang bergaya hidup seperti orang barat dan konsumtif yang tidak sesuai dengan kemampuan ekonominya. Sedangkan dampak positif dengan adanya globalisasi adalah meningkatnya sumber pengetahuan masyarakat, dapat meningkatkan devisa negara dengan adanya penanaman modal asing.  Memungkinkan daya jual produk lokal keluar negeri asalkan kualitas produk mampu bersaing dengan negara lain.


Nomor 2 (B)

Pembahasan :

Sebagai bagian dari masyarakat Internasional bangsa Indonesia akan sulit untuk membendung arus globalisasi. Oleh karena itu, sikap yang perlu dilakukan adalah menerima secara terbuka akan tetapi selektif. Terbuka berarti mengikuti perkembangan jama, selektif artinya memilah dan memilih antara yang sesuai atau yang tidak dengan nilai-nilai Pancasila. 


Nomor 3 (A)

Pembahasan :

Kita harus saling menghargai perbedaan latar belakang ekonomi antar atau sesama teman.


Nomor 4 (D)

Salah satu contoh sikap yang menunjukkan kerja keras adalah dengan belajar tekun setiap hari


Nomor 5 (D) 

Salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam rangka menjaga kelestarian lagu daerah adalah dengan menyelenggarakan festival berkaitan dengan lagu tersebut. Selain festival kita dapat mengadakan kampanye  lagu daerah bekerjasama dengan para seniman, pemerhati budaya dan pihak-pihak  mengurus seni budaya.


Nomor 6 (D)

Agama bukan merupakan faktor yang menjadikan keberagaman ekonomi di Indonesia. Sedangkan kondisialam,budaya dan sosial merupakan faktor-faktor yang menghasilkan keberagaman tersebut. Penduduk yang tinggal di pegunungan akan cenderung bertani, berkebun dan beternak. Berbeda dengan mereka yang tinggal di kota yang bekerja sebagai pegawai, karyawan atau berdagang.


Nomor 7 (A)

Selain kaya dengan hasil alamnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang juga kaya akan budaya. Kebudayaan yang beraneka ragam ini menjadi salah satu motivasi untukmenjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Nomor 8 (B)

Dengan adanya globalisasi siswa dapat memanfaatkan komputer dengan jaringan untuk belajar berbagai macam ilmu pengetahuan dari seluruh dunia kapan saja dan dimana saja. 


Nomor 9 (D)

Untuk menyongsong globalisasi kita harus menyiapkan bekal berupa ilmu pengetahuan. Kita akan berlatih 4 keahlian abad 21 yaitu Communication, Collaboartion, Creativity dan Critical Thingking.


Nomor 10 (D)

Salah satu dampak positif adanya globalisasi bagi keberlanjutan hidup manusia adalah kita bisa mengenalkan hasil produksi setempat atau lokal ke mancanegara dengan memasarkannya pada market place, website atau media sosial


Nomor 11 (A)

Sedangkan dampak negatif globalisasi yang lain adalah munculnya sikap individualisme atau acuh tak acuh atau menurunnya sikap kepedulian sosial terhadap sesama.


Nomor 15 (D)

Pengaruh negatif tersebut dapat kita kurangi dengan lebih mencintai produk-produk dalam negeri. Wujud cinta tersebut salah satunya dengan menggunakan ataumembeli produk dalam negeri walaupun kita mampu membeli produkimpor.


Nomor 16 (C)

Banyaknya restoran fast food yang bermunculan tersebut merupakan salah satu tanda bahwa wilayah perdagangan tidak hanya sebatas didalam suatu negara saja ajan tetapi sudah tersebar luas.


Nomor 17 (D)

Dari keempat pernyataan tersebut alasan maka yang bukan alasan untuk menggunakan produklokal adalah bahwa produk setempat memajukan ekonomi luar negeri. 


Nomor 18 (C)

Kegiatan membuat dodol sudah tradisi yang  diwariskan secara turun-temurun sejak dahulu sebelum adanya globlasasi.


Nomor 19 (D)

Contoh yang disebutkan merupakan hal-baik yang berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari. Misal yang sebelumnya kita kurang disiplin, kurang profesional dalam bekerja atau kurang begitu mengoptimalkan IPTEK menjadi disiplin, profesional dan memanfaatkan kemajuan dalambidang pengetahuan serta teknologi untuk memajukan bangsa.


Nomor 20 (D)

Hal positif dengan adanya globalisasi adalah dapa memacu kita untuk bekerja dengan lebih bersemangat karena tingkat persaingan semakin ketat


Nomor 21 (D)

Dengan adanya globalisasi maka pedagangan semakin meluas dengan ikuti jumlah produsen yang semakin banyak pula. Oleh karena itu pelajar harus mampu menghasilkan produk yang semakin berkualitas yang memiliki daya jual dan daya saing tinggi

Nomor 22 (D)

Semakin banyak orang yang menggunakan produk dalam negeri makan semakin banyak pula produk yang akan dijual olehprodusen atau pengrajin.

Demikian pembahasan soal latihan penilaian akhir semester gasal tentang globalisasi,Semoga bermanfaat bagi adik-adik yang akan mengikuti penilaian akhirsemester gasal, ya.






Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Globalisasi, Latihan PAS PKn Kelas 6 Tema 4"