Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Tokoh Terkenal dari Kerajaan Gowa-Tallo? Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2

 Siapakah Tokoh Terkenal dari Kerajaan Gowa-Tallo? Kunci Jawaban Kelas
 4 Tema 5 Subtema 2/Sumber Gambar : Wikimedia Commons

Halo adik-adik kelas 4! Bagaimana kabar hari ini?. Bagaimana cuaca di wilayah adik-adik saat ini? Pada kesempatan kali ini kita masih membahas Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 yaitu Perjuangan Para Pahlawan yakni menjawab 5 pertanyaan tentang Kerajaan Gowa-Tallo. 

Berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, setelah mempelajari subtema ini adik-adik diharapkan mampu menggali dan menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan menggunakan bahasa sendiri. Disebut nonfiksi karena bukan rekaan. Berbeda dengan teks fiksi yang biasanya bersifat rekaan atau imajinasi(walaupun ada juga yang dihasilkan berdasarkan fakta). Untuk teks fiksi misalnya puisi, novel, cerpen dan sebagainya. Mungkin ada adik-adik yang ingin belajar menulis cerpen mulai sekarang,ya. Kalian juga bisa mencari inspirasi dari beberapa karya tokoh sastra Indonesia yang mungkin adik-adik ada yang belum tahu, ya.

Selain itu, adik-adik juga diharapkan mampu mengidentifikasi (mengenali) kerajaan tokoh dan peninggalan kerajaan Islam di Nusantara. Setelah itu adik-adik sebut dan jelaskan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat saat ini.

Didalam pembahasan sebelumnya kakak memberikan sedikit informasi yakni tentang kerajaan Islam pertama di Indonesia Samudra Pasai yang terletak di pesisir pantai utara Sumatra.

Nah, setelah munculnya kerajaan Islam tersebut tentulah muncul kerajaan-kerajaan Islam yang lain. Apakah adik-adik sudah tahu kerajaan mana saja?

Wah, bagus jika sudah tahu. Perlu adik-adik ketahui bahwa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia memiliki peran yang penting bagi perkembangan agama Islam di Indonesia.

Salah satu kerajaan Islam yang terkenal di Indonesia adalah kerajaan Gowa-Tallo di Makassar. 

Untuk mengecek pemahaman adik-adik tentang kerajaan Gowa-Tallo, marilah kita bahas kuis berikut bersama-sama. 

1. Siapakah nama tokoh terkenal dari kerajaan Gowa-Tallo? 

Jawab : Sultan Hasanuddin.

2. Dimanakah letak kerajaan Islam Gowa-Tallo?

Jawab : Di wilayah Sulawesi Selatan, tepatnya di ujung selatan dan pesisir barat semenanjung yakni di wilayah administrasi Kabupaten Gowa (sekarang)

3. Kapan Sultan Hasanuddin dilahirkan?

Jawab :  Pada tanggal 12 Januari 1631

4. Bagaimana upaya yang dilakukan Sultan Hasanuddin dalam melawan penjajahan Belanda?

Jawab : Beliau menolak monopoli perdagangan kongsi dagang Belanda yang disebut Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Vereenigde Oostindische Compagnie jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur. Hindia Timur merupakan istilah untuk menyebut kepulauan di Asia Tenggara khususnya kepulauan Melayu. Penolakan yang dilakukan dilakukan dengan berperang melawan Belanda.

5. Mengapa Sultan Hasanuddin dijuluki “Ayam Jantan dari Timur”?

Jawab : Karena beliau sangat gigih melawan Belanda.

6. Sikap apa saja yang perlu kalian teladani dari perjuangan Sultan Hasanuddin?

Jawab : 

-Gigih

-Berani karena benar

-Tegas

-Komunikatif, diplomatif dan memiliki jaringan yang luas

-Ulet

-Arif dan bijaksana

Bagaimana adik-adik, apakah jawabannya ada yang berbeda? Coba cek buku tulisnya, ya. Setelah belajar bab ini, kalian coba tanyakan pada ayah atau bunda apakah di wilayah tempat tinggal kalian terdapat peninggalan Kerajaan Islam. 

Jika ada, coba tuliskan nama kerajaannya dikolom komentar ya?

Tugas kita  sebagai pewaris peninggalan tersebut adalah dengan merawat dan menjaganya agar tetap lestari. 

Cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah apabila kita melakukanwisata edukasi  ke tempat bersejarah maka janganlah melakukan vandalisme. 

Atau mungkin ada diantara kalian yang ingin memiliki profesi yang berkaitan dengan tempat sejarah adik-adik hebat?.


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Siapakah Tokoh Terkenal dari Kerajaan Gowa-Tallo? Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 2"