Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuliskan Beberapa Usaha Manusia Dalam Memelihara Ekosistem, Kunci Jawaban Soal Tema 5 Kelas 5 SD/MI

 

Tuliskan Beberapa Usaha Manusia Dalam Memelihara Ekosistem, Kunci Jawaban Soal Tema 5 Kelas 5 SD/MI
 Tuliskan Beberapa Usaha Manusia Dalam Memelihara Ekosistem, Kunci
Jawaban Soal Tema 5 Kelas 5 SD/MI/Pexels/Rachel Claire

Halo adik-adik hebat. Bagaimana kabar hari ini? Semoga kalian dan keluarga dalam keadaan sehat semua, ya. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas secara singkat materi tema 5 sub tema Keseimbangan Ekosistem.

Pada sub tema ini ada dua kompetensi dasar yang harus adik-adik kuasai. Berkaitan dengan pengetahuan adik-adik harus mampu menganalisa tentang hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di sekitar tempat tinggal. Nah untuk keterampilannya adik-adik diminta untuk membuat sebuah hasil karya berkaitan dengan konsep jaring-jaring makanan dalam sebuah ekosistem.

Sebelum dilanjutkan coba adik-adik cek kembali tentang definisi ekosistem dan bagaimana hubungan antara ekosistem dan jaring-jaring makanan.

Adik-adik hebat, kita semua wajib menjaga keseimbangan ekosistem. Mengapa? Karena dengan keseimbangan ekosistem yang selalu terjaga maka kelangsungan makhluk hidup juga akan terjaga dan sebaliknya.

Bagaimana cara kita untuk ikut serta menjaga keseimbangan ekosistem adik-adik hebat?. Ini akan berkaitan dengan bagaimana interaksi kita dengan lingkungan alam. Adik-adik hebat, kita sebagai manusia tentunya memiliki kebutuhan hidup yang berusaha untuk dipenuhi. Ada berbagai cara yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan hidup utamanya yang berkaitan dengan pangan, sandang dan papan. Ketiga kebutuhan ini tidak akan mungkin tercukupi tanpa adanya lingkungan alam. Ya adik-adik hebat, manusia memanfaatkan kekayaan alam untuk hal itu.

Namun demikian, terkadang dalam pemanfaatan kekayaan alam yang melimpah ini manusia melakukannya secara berlebihan atau eksploitasi secara besar-besaran. Dimana kegiatan eksploitasi ini yang tentunya akan berpengaruh terhadap jaring-jaring makanan dan dapat mengganggu keseimbangan ekosisitem.

Contohnya seperti yang sudah adik-adik ketahui melalui tayangan video pembelajaran yaitu penangkapan ikan dengan menggunakan racun dan bahan peledak untuk mendapatkan hasil yang sebanyak-banyaknya. Padahal penangkapan ikan dengan racun tidak hanya akan mengenai ikannya saja tetapi juga pada biota laut yang lain seperti plankton yang merupakan makanan bagi hewan-hewan laut. Sementara itu, penangkapan ikan menggunakan peledak selain dapat mematikan hewan laut yang lain juga dapat merusak terumbu karang. Kita tahu bahwa terumbu karang merupakan tempat hidup dan berlindung ikan-ikan dan apabila rusak makaakan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem.

Tidak hanya itu adik-adik, pembuangan limbah industri ke perairan air tawar juga berbahaya bagi kelestarian ekosistem. Hal ini karena limbah pabrik terkadang mengandung zat-zat yang dapat mencemari air yang merupakan habibat bagi beberapa hewan tertentu.

Selain itu, pembuangan sampah rumah tangga ke daerah aliran sungai juga dapat berakibat buruk. Selain banjir, kebiasaan ini juga akan mengakibatkan pencemaran air dan ekosistem akan menjadi tak terpelihara.

Baiklah adik-adik, sekarang coba kita jawab bersama-sama latihan berikut, yuk!

1. Sebutkan beberapa usaha yang dilakukan usaha dalam pemeliharaan ekosistem!

Jawab :

- Tidak melakukan illegal logging atau penebangan hutan secara liar. Menerapkan sistem tebang pilih, yaitu menebang pohon yang sudah memenuhi kriteria saja

- Melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali secara besar-besaran

- Mengurangi atau menghindari penggunaan pestisida, insektisida atau bahan kimia dalam bidang pertanian baik itu dalam hal untuk merawat tanaman atau membasmi hama

- Penangkapan ikan dengan tidak menggunakan bahan peledak atau racun

- Tidak melakukan perburuan terhadap hewan liar seperti burung dan lain sebagainya

- Pembangunan suaka margasatwa (untuk hewan), cagar alam(untuk tumbuhan atau tanaman) dan sejenisnya

- Tidak membuang sampah atau limbah ke daerah aliran sungai 

2. Hal apa yang bisa dilakukan di tingkat rumah tangga sebagai upaya memelihara ekosistem?

- Menanam pohon lindung di sekitar rumah

- Membuat taman atau memperbanyak ruang terbuka hijau 

- Mengusahakan agar tidak menutup tanah dengan semen agar air dapat meresap kedalam tanah sebagai cadangan pemenuhan kebutuhan air

- Membuat saringan air menggunakan kombinasi ijuk, pasir dan kerikil sebagai penyaring pembuangan limbah rumah tangga misalnya air cucian yang megandung deterjen

3. Sebutkan salah satu usaha yang pernah Ananda lakukan dalam memelihara kelestarian ekosistem!

-Saya menanam pohon disekitar rumah

-Saya tidak membuang sampah atau limbah ke daerah aliran sungai

Demikian tadi kunci jawaban soal tema 5 tentang keseimbangan ekosistem. Adik-adik dapat menambahkan jawaban yang sesuai dengan mendiskusikannya bersama ayah-bunda, kakak atau teman-teman yang lain. Selamat mengerjakan adik-adik hebat.


Posting Komentar untuk "Tuliskan Beberapa Usaha Manusia Dalam Memelihara Ekosistem, Kunci Jawaban Soal Tema 5 Kelas 5 SD/MI"