Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Manfaat Magnet Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas 6 Tema 5 Sub Tema 2

Sebutkan Manfaat Magnet Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas 6 Tema 5 Sub Tema 2
Sebutkan Manfaat Magnet Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 Kelas 6 Tema 5 Sub Tema 2/pexels/cottonbro

Halo adik-adik. Bagaimana kabar hari ini? Sehat-sehat saja bukan? Semoga sehat selalu, ya. Bagi yang sedang sakit semoga lekas sembuh sehingga belajarnya tambah semangat. Ketemu lagi dengan kakak, ya.

Adik-adik semua sudah mempelajari Tema 5 Wirausaha Sub Tema 2 Usaha di Sekitarku, bukan? Pada tema 5, untuk pelajaran IPA adik-adik yang pertama adalah mengenali sifat-sifat magnet. Setelah itu, adik-adik membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-sehari. Yuk kita ulas terlebih dahulu berdasarkan beberapa sumber terkait. 

Adik-adik, apakah kalian memiliki penggaris mika yang lentur itu atau tidak? Kalau punya coba digosok-gosokkan ke rambut yang kering. Setalah itu, dekatkan penggaris pada sobekan kertas kecil-kecil. Lihatlah apa yang terjadi adik-adik. Kertas-kertas itu akan bergerak dan menempel pada penggaris. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan oleh berubahnya energi listrik statis yang dimiliki penggaris menjadi energi magnet. 

Disekitar magnet terdapat suatu daerah yang dipengaruhi oleh gaya tarik magnet yang dinamakan medan magnet Medan magnet menyebabkan terbentuknya pola-pola tertentu yang disebut dengan garis-garis magnet. 


Sifat-Sifat magnet :

1. Magnet dapat menarik benda-benda tertentu 

Gaya tarik yang dimiliki oleh magnet dapat menarik benda-benda tertentu yang berada disekitarnya. Benda yang bisa ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetis. Sebagai contoh besi baja, nikel dan sebagainya. Sebaliknya, benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut sebagai benda nonmagnetis. Misalnya kayu, karet, plastik dan yang serupa. Coba temukan contoh benda magnetis yang berada di sekitar adik-adik.  

2. Gaya magnet dapat menembus benda non-magnetis 

Sebagai contoh, siapkan magnet, kertas dan sebuah kancing baju yang terbuat dari logam. Letakkan kertas diantara magnet dan kancing baju. Apa yang terjadi adik-adik? Kancing baju tersebut akan tetap bisa menempel pada magnet. 

Walaupun begitu magnet tidak selalu bisa menarik benda magnetis yang terhalang oleh benda non-magnetis. Hal ini terjadi jika:

a. Benda non-magnetis yang digunakan sebagai pemisah terlalu tebal sehing pengaruh medan magnet tidak akan sampai pada benda magnetisnya (benda penghalang terlalu tebal)

b. Jarak magnet dengan benda magnetis tidak dapat dijangkau oleh medan magnet  (jarak antara magnet dengan benda magnetis terlalu jauh)

3. Magnet memiliki dua kutub yang berbeda yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan 

Kutub utara berwarna merah dan dilambangkan dengan huruf N (North) sedangkan Kutub Selatan berwarna biru dengan lambang S (South). Apabila kutub yang sama didekatkan maka akan tolak-menolak,sebaliknya apabila kutub yang berbeda didekatkanmaka akan tarik-menarik.


Jenis-Jenis Magnet 

Berdasarkan proses terbentuk (asalnya) magnet dapat dibedakan menjadi 2(dua) :

1. Magnet alami

Magnet alami ialah magnet yang berasal dari alam. Sebagai contoh magnet bumi, batu magnet yang ditemukan pertama kali Magnesia negara Yunani. Magnet bumi bersifat abadi atau akan selalu ada. 

2. Magnet buatan

Magnet buatan ialah magnet yang dibuat oleh manusia. Magnet hasil karya manusia memiliki fungsi dan bentuk yang beraneka ragam. 

- Magnet berbentuk huruf U yang dinamakan Magneto. Magnet berbentuk huruf U ini memiliki dua kutub yakni Kutub Utara (warna merah) dan Kutub Selatan(warna biru) 

- Magnet batang 

- Magnet silinder 

- Magnet cincin 

- Magnet cakram 

- Magnet jarum  

- Magnet ladam (magnet yang berbentuk seperti tapal kuda)


Pengelompokkan Benda Magnetis Berdasarkan Kekuatan Untuk Ditarik Magnet

Berdasarkan kemampuan untuk ditarik oleh magnet benda magnetis dikelompokkan menjadi 3 (tiga):

Benda feromagnetis : Benda yang memiliki daya tarik kuat.Contoh besi,baja, logam dan sebagainya

Benda paramagnetis : Benda yang memiliki daya tariklemah. Contoh alumunium,tembaga.

Benda diamagnetis  : Benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.Conoth plastik,kayu

Nah, sekarang mari kita membahas soal-soal latihan Tema 5 Sub Tema 2 berikut ini:

1. Sebutkan manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari.

Jawab:

-Magnet pada pengeras suara berguna untuk mengubah sinyal listrik menjadi gelombang bunyi 

-Magnet pada bagian pinggir pintu lemari es atau kulkas berfungsi untuk menutup pintu secara otomatis 

-Magnet pada kompas berguna untuk menunjukkan arah Utara dan Selatan (sesuai kutub magnet)

-Magnet pada kartu ATM untuk memverifikasi transaksi pemegang kartu, medan magnet terletak di bagian tanda panah

-Magnet yang terdapat pada gagang telepon dan bel listrik berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi gelombang bunyi

-Magnet pada alat berat digunakan untuk mengangkat tumpukan besi sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah

2. Sebutkan contoh benda yang memanfaatkan magnet sebagai pengubah getaran suara.

Jawab:

-Pengeras suara/sound system

-Televisi

-Radio

3. Bagaimana cara kerja magnet yang berfungsi sebagai perekat pada mekanisme penutupan yang diaplikasikan pada penutup tas, dompet atau kulkas.

Jawab:

Dalam hali ini magnet mampu merapatkan dua benda atau objek. Hal ini terjadi karena disekeliling bagian sisi penutup tas/dompet, pintu kulkas terdapat magnet. Magnet diletakkan pada karet menyesuaikan panjang penutup tas/dompet ataupun pintu kulkas. Penutup tas/dompet merupakan baja yang mana merupakan benda feromagnetis sehingga mampu menutup dengan rapat.

4. Sebutkan dua benda magnet sebagai alat ukur listrik.

Jawab :

- Amperemeter

- Voltmeter

5. Bagaimana  pemahaman kalian tentang penemuan kereta api maglev atau magnetic levitation.

Jawab :

Roda pada kereta api jenis ini digantikan oleh magnet. Kereta ini memanfaatkan sifat magnet yakni jika kedua kutub yang sama didekatkan maka akan tolak menolak. Hal ini yang menjadikan kereta melayang diatas rel. Pada bagian sepanjang rel dan bagaian bawah kereta terdapat magnet dengan kutub yang sama sehingga disebut magnetic levitation (mengapung diatas magnet). 


Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambahi sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.





Posting Komentar untuk "Sebutkan Manfaat Magnet Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas 6 Tema 5 Sub Tema 2"