Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Judul Puisi Tersebut? Kunci Jawaban Soal Halaman 15 Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku


Apakah judul puisi tersebut? Kunci Jawaban Soal Halaman 15 Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku
Apakah judul puisi tersebut? Kunci Jawaban Soal Halaman 15 Sub
     Tema 1 Aku dan Cita-Citaku/Pexels/Max Fisch

Halo adik-adik, bagaimana kabar kalian hari ini? Baik-baik saja bukan. Bertemu lagi dengan kakak yang pada kesempatan kali ini akan membahas soal yang berkaitan dengan sebuah contoh puisi yang ada di halaman 15.

Sebelum kita membahas soal tersebut mari kita sedikit belajar tentang puisi. Menurut adik-adik apa yang dimaksud dengan puisi?. Berdasarkan pengamalan belajar kakak, puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang digunakan untuk mengungkapkan apa yang terdapat didalam hati dan pikiran seseorang (penulisnya) atau juga merupakan kesan penulis terhadap lingkungan sekitarnya atau suatu kondisi tertentu.

Penyair, sebutan untuk orang yang menulis puisi, biasanya menggunakan diksi atau pilihan kata yang indah dalam penulisannya. Sebuah puisi tersusun dari baris atau larik yang membentuk bait-bait. Didalam sebuah puisi juga terdapat rima yang menjadikannnya lebih memiliki nilai estetika atau keindahan.

Selain puisi, ada juga bentuk-bentuk karya sastra yang lainnya seperti pantun, cerpen, novel dan juga drama. Setiap bentuk karya sastra tersebut memiliki ciri khas yang membedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Baiklah adik-adik, sekarang mari kita jawab soal-soal berikut ini :

Apakah judul puisi tersebut?

Jawaban : Cita-Citaku

Pembahasan : Judul sebuah puisi terdapat dibagian atas yaitu ’Cita-Citaku’. Puisi tersebut merupakan hasil karya seseorang yang bernama ‘Angelica’.

Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!

Jawaban : Impianku

Pembahasan : Puisi tersebut dapat diberi judul ‘Impianku’ karena hampir memiliki kesamaan arti atau makna. Apabila kita membaca dan memahami bait-bait yang dalam pusi tersebut maka dapat diketahui bahwa isinya merupakan ungkapan si penulis mengenai apa yang ingin ia raih dimasa depan.

Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?

Jawaban : 3 bait

Pembahasan : Jika dalam sebuah teks bacaan terdapat istilah paragraf maka dalam puisi dikenal istilah bait. Bait merupakan bagian dari puisi yang tersusun dari beberapa baris atau larik.Bait-bait dalam puisi mengandung irama atau rima yang memberikan unsur keindahan atau estetika tersendiri bagi puisi tersebut.

Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?

Jawaban : Setiap bait pada puisi tersebut terdiri dari 4 baris.

Pembahasan : Jika didalam sebuah paragraf terdapat kalimat maka pada puisi dikenal istilah baris. Masing-masing dari tiga bait dalam puisi tersebut terdiri dari 4 baris.

Adik-adik hebat , demikian tadi kunci jawaban soal latihan puisi Tema 6 Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku. Sekarang coba bandingkan dengan jawaban adik-adik. Nah, kalian juga dapat melengkapi jawaban dengan pendapat masing-masing sesuai dengan contoh puisi yang diberikan. Salamadik-adik hebat semuanya.

Posting Komentar untuk "Apakah Judul Puisi Tersebut? Kunci Jawaban Soal Halaman 15 Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku"