Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman dan Pembahasan Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Sub Tema 1

Sumber : BSE Kemendikbud

Halo semuanya! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja ya! Postingan kali ini akan membahas Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013  Kelas 4 SD Edisi Revisi 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rangkuman ini diharapkan dapat digunakan untuk mempermudah dalam mempelajari materi-materi yang terdapat dalam buku. Pembahasan tugas, soal dan kunci jawaban buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 4 SD Revisi 2017 Tema 9 ‘Kayanya Negeriku’ ini dapat ditambah agar menjadi lebih lengkap.

Buku tematik tema 9 ini berjudul ‘Kayanya Negeriku’. Dengan mempelajari tema ini, siswa/siswi akan belajar mengenal beraneka ragam kekayaan alam yang ada di Indonesia sehingga kelak mereka akan mampu memahami cara memanfaatkan kekayaan dengan baik dan bijaksana. Hal ini dapat dimulai dengan melihat sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar dan bagaimana penduduk memanfaatkannya.

Dalam tema 9 yang berjudul ‘Kayanya Negeriku’ ini terdapat 4 subtema yaitu : Pertama adalah tentang kekayaan sumber energi Indonesia yang terdiri dari 6 pembelajaran seperti yang terdapat dibawah ini.

Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia

Pada bagian awal siswa/siswi akan mengamati dua buah gambar yang berkaitan dengan sumber energi listrik yang diikuti dengan tiga buah pertanyaan. Disini siswa ditanya tiga pertanyaan pembuka.

Pertanyaan pertama adalah tentang apakah air dan lisrik merupakan sumber energi? Tentunya jawabannya adalah ‘Ya’ air dan listrik merupakan sumber energi. Air merupakan sumber energi listrik dan listrik merupakan sumber energi cahaya dan lain sebagainya.

Kedua adalah menanyakan berapa banyak sumber energi air yang ada dilingkungan sekitar. Ini berarti menyesuaikan dengan keadaan geografis tempat siswa/siswi tinggal. Apakah jumlahnya hanya banyak, beberapa atau tidak ada sumber energi yang ada dilingkungan sekitarnya.

Ketiga adalah seberapa sering siswa menggunakan air dan listrik untuk kegiatan sehari-hari? Tentunya kedua energi ini tidak dapat dipisahkan dari kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Air misalnya digunakan setiap hari dari pagi sampai kembali pagi lagi yakni untuk memasak, mencuci, mandi, minum dan sebagainya. Sedangkan listrik untuk penerangan, untuk menggunakan alat-alat elektronik, alat rumah tangga dan lain lain sebagainya. Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia ini terdiri dari pembelajaran 1 dan Pembelajaran 2.

Pembelajaran 1  memperbanyak rasa syukur hidup di Indonesia dengan karunia sumber daya alam yang salah satunya adalah energi mulai dari minyak, gas dan bukan minyak 

Ayo Membaca

Pada bagian awal, adik-adik diminta untuk membaca dialog. Kemudian diberikan sebuah gambar pembangkit listrik yang diikuti sebuah teks bacaan berjudul ‘Air dan Listrik’. Terdapat tiga pertanyaan terkait bacaan tersebut:

Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Halaman 4

1) Apa fungsi air dalam pembangkit tenaga listrik itu?

Jawaban : Fungsi air dalam pembangkit tenaga listrik adalah untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

2) Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?

Jawaban : Karena bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA)

3) Adakah pembangkit listrik tenaga air didaerahmu?

Jawaban untuk pertanyaan ini menyesuaikan dengan daerah asal masing-masing.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Halaman 5

Ayo Berlatih

Perhatikan lampu yang ada dirumahmu!

Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan?

Tuliskan pendapatmu pada kolom dibawah ini!

Apabila sebelumnya saklar lampu dalam keadaan OFF maka ketika ditekan lampunya menyala.

Tuliskan peralatan listrik yang ada dirumahmu dan kegunaannya.

1. Hair dryer untuk mengeringkan rambut

2. Jug untuk merebus air

3. Komputer untuk mengolah data

4. Magic com untuk menanak nasi

5. Vacuum cleaner untuk menyedot kotoran

6. Oven untuk meng-oven roti

7. Blender untuk menggiling, membuat jus dll

8. Mixer untuk mencampur adonan kue

9. Toaster Sandwich Maker untuk membuat roti bakar

10. Kipas angin untuk menyejukkan ruangan atau mengatur sirkulasi udara

Ayo Membaca

Siswa membaca sebuah teks tentang lingkungan. Disini siswa akan diberikan penjelasan yang mencakup pengertian dan fungsi lingkungan.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Halaman 7

Ayo Berlatih

Siswa harus melengkapi peta pemikiran berdasarkan bacaan tentang lingkungan. Berikut ini dapat dijadikan rambu-rambu atau pembanding dengan jawaban orang tua/wali siswa:

1. Apakah lingkungan? Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia.

2. Ada berapa jenis lingkungan? Ada tiga jenis lingkungan yaitu lingkungan alam, lingkungan buatan dan lingkungan sosial.

3. Apakah lingkungan hanya bermanfaat bagi manusia? Tidak. Karena makhluk hidup yang lain seperti hewan dan tumbuhan juga memerlukan lingkungan.

4. Apa saja fungsi lingkungan bagi manusia? Fungsi lingkungan bagi manusia adalah sebagai tempat mencari makan, tempat kerja dan tempat tinggal.

5. Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia? Karena lingkungan yang berbeda juga akan menimbulkan perbedaan aktivitas manusia. Misalnya orang yang tinggal di pesisir pantai menjadi nelayan sedangkan orang yang tinggal didaerah pegunungan akan bertani atau berkebun. Contoh lainnya adalah orang yang tinggal didesa akan berbeda kebanyakan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan orang yang tinggal dikota besar.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Halaman 8

Daftar Kosakata Sulit dan Artinya

1. Lingkungan : segala sesuatu yang disekitar manusia yang memiliki pengaruh terhadap kelangsungan hidupnya

2. Fungsi : kegunaan atau manfaat dari sesuatu

3. Nafkah : Penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

4. Produksi : Kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa

5. Aktivitas : Kegiatan sehari-hari atau rutinitas

6. Interaksi : Hubungan antara manusia dengan yang lain

7. Kesejahteraan : Kemakmuran atau hidup berkecukupan

8. Kawasan : Daerah atau lokasi yang memiliki ciri khas

9. Pengusaha : Orang yang kegiatan ekonominya dengan wiraswasta atau pebisnis

Kesimpulan berdasarkan bacaan

Dari bacaan diatas dapat disimpulkan bahwa kelangsungan hidup manusia dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggalnya.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Halaman 9

Ayo berdiskusi : Manfaat Lingkungan

Manfaat Lingkungan

1. Sebagai sumber mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup

2. Menjaga keseimbangan ekosistem

3. Menjaga kelestarian makhluk hidup

4. Dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi

5. Tetangga memberikan pertolongan ketika kita membutuhkan bantuan

6. Sebagai tempat untuk bersosialisasi

7. Tempat untuk saling berbagi

8. Lingkungan kerja untuk mengembangkan potensi diri

9. Tempat untuk memperluas relasi atau kenalan

10. Tempat untuk memasarkan produk atau jasa kita

Ayo renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya belajar tentang pengertian, macam-macam dan manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia.

2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil dari pembelajaran hari ini?

Saya dapat lebih bisa bersyukur dan belajar memanfaatkan lingkungan alam dengan baik serta menjalin hubungan yang baik dengan teman atau orang lain.

3. Keterampilan apakah yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan yang dapat saya kuasai melalui pembelajaran ini adalah keterampilan membaca, menulis dan berbicara atau berdiskusi.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Setelah melalui pembelajaran ini saya akan belajar mengenali  potensi lingkungan sekitar untuk dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana. Selain itu, saya akan belajar cara berinteraksi dan berkomunikasi yang baik dengan teman, tetangga, orang lain untuk menjalin kerjasama dan membina kerukunan antar sesama.

Pembelajaran 2 : Menikmati hidup di lingkungan yang nyaman dan asri merupakan hak kita sebagai warga masyarakat. Kita juga mempunyai hak untuk memanfaatkan berbagai sumber energi. Disisi lain, menjaga dan melestarikan lingkungan, merupakan salah satu kewajiban kita: Halaman 11

Ayo berdiskusi

Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 2 Halaman 11 - 12

 Hak kita terhadap lingkungan

1. Menikmati lingkungan segar

2. Menikmati lingkungan yang nyaman

3. Memanfaatkan potensi lingkungan

4. Berhak mendapatkan air yang tidak tercemar limbah

5. Berhak mendapatkan lingkungan yang aman

 Kewajiban kita terhadap lingkungan

1. Menjaga lingkungan agar bebas dari pencemaran baik air, udara, suara

2. Tidak membuang sampah disembarang tempat

3. Tidak berburu binatang sembarangan

4. Tidak menebang hutan secara liar

5. Menjaga lingkungan agar bersih, aman, nyaman dan sehat

Ayo renungkan

1.  Apa yang kamu pelajari hari ini?

Alternatif jawaban : Saya belajar tentang manfaat, hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan.

2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif jawaban: Manfaatnya adalah saya menjadi lebih memahami arti lingkungan bagi kehidupan manusia. Hal ini menjadikan saya untuk lebih bersyukur dengan memanfaatkan lingkungan dengan bijaksana dan menjaga kelestariannya.

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif jawaban : Keterampilan membaca, menulis, bernyanyi dan berdiskusi.

4. Apa yang kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif jawaban : Mengamati lingkungan sekitar dan mempelajari manfaatnya. Setelah itu, saya akan mendiskusikannya dengan Bapak/Ibu Guru.

Demikian rangkuman materi buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 4 SD Revisi 2017 Tema 9 ‘Kayanya Negeriku’. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Rangkuman dan Pembahasan Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Kayanya Negeriku Sub Tema 1"