Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Penting dan Sering Muncul Disebut? Kunci Jawaban dan Pembahasan Penilaian Bahasa Indonesia Tema 8 Kelas 5

Kunci Jawaban dan Pembahasan Penilaian Bahasa Indonesia Tema 8 Kelas 5
Sumber gambar : Pexels/Agung Pandit Wiguna

Urutan kunci jawaban dan pembahasan berikut ini adalah secara acak ya. Setiap paragraf pada pembahasan berikut ini mewakili satu nomor soal.

Kata kunci merupakan kata yang paling sering muncul. Dalam sebuah teks bacaan kita sering menjumpai suatu kata muncul berulang-ulang. Itulah yang disebut kata kunci. Sedangkan ide pokok merupakan gagasan utama yang terdapat pada suatu paragraf. Kalimat utama adalah kalimat inti yang diikuti rangkaian kalimat penjelas. Kalimat utama dapat terletak diawal paragraf atau akhir paragraf.

Petunjuk merupakan suatu prosedur yang harus diikuti secara urut. Tidak boleh dibolak-balik. Pada soal yang berkaitan dengan petunjuk disajikan lima kalimat  yang disusun secara acak. Soal tersebut berkaitan dengan petunjuk menyalakan televisi. Dari pilihan jawaban yang tersedia maka urutan yang tepat adalah 4-2-3-1-5. Pertama, kita hubungkan kabel daya listrik pesawat TV ke stop kontak. Kedua, tekan tombol power. Ketiga, kita lihat indikator power dan standby yang berwarna merah. Keempat, kita tekan tombol nomer remote control. Kelima, TV sudah menyala dan kalian bisa menonton acara yang diyangkan.

Teks bacaan tersebut menggambarkan keadaan warga Waborobo yang sedangkesulitan air bersih. Jadi judul yang tepat adalah "Kelangkaan Air Bersih di Woborobo".

Hutan memiliki peran penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Terdapat berbagai sumber daya alam yang ada di dalamnya.

Manusia memanfaatkan sumber daya hutan untuk memenuhi kebutuhan. Binatang atau tumbuhan memerlukan hutan sebagai habitat dimana mereka bisa berkembang biak dan bertahan hidup. Hutan juga ikut menjaga ekosistem yang lain dari kerusakan. Hutan jugadisebut sebagai paru-paru dunia. Tentunya masih banyak fungsi dan manfaat hutan yang lainnya. Pada teks bacaan tersebut diterangkan fungsi hutan untuk menjaga kelangsungan siklus air.

Teks tersebut menggambarkan keadaan di Balikpapan,Kalimantan Timur yang sedang diselimuti kabut asap. Sebagai bentuk keprihatinan dengan peristiwa tersebut para mahasiswa membagikan masker kepada pengendara motor. Mereka beranggapan bahwa aksi tersebut dapat membantu warga terhindar dari penyakit pernafasan. Jadi jawaban dari pertanyaan apayang dilakukan mahasiswa di Balikpapan sebagai bentuk keprihatinan terhadap kabut asap adalah "membagikanmasker kepada pengendara sepeda motor."

Dalam menceritakan peristiwa dalam suatu bacaan maka kita harus menggunakan bahasa yang baik,benar dan sopan.

Teks yang dibuat berdasarkan fakta disebut teks nonfiksi.Sedangkan teks fiksi merupakan teks yang merupakan hasil imajinasi atau rekaan pengarang.

Persuasi berarti bujukan/ajakan. Jadi teks persuasi adalah teks yang bertujuan untuk membujuk atau mengajak para pembacanya untuk suatu hal. Jenis teks ini biasanya digunakan untuk himbauan atau iklan dan sebagainya. Terakhir adalah teks argumentasi, yakni berisi argumen atau pendapat penulis terhadap suatu hal dan disertai fakta sebagai pendukung atau penguat argumennya.

Dalam membuat sebuah rangkuman,hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah menentukan 'gagasa  pokok' atau disebut juga sebagai 'ide pokok'.

Gagasan pokok yang sudah kita tentukan kemudian di perjelas dengan kalimat-kalimat pendukung hingga terbentuk sebuah teks yang padu dan koheren.

Ada berbagai macam teks fiksi seperti legenda, fabel dan sebagainya. Legenda merupakan teks fiksi yang menceritakan asal mula terbentuknya suatu tempat.

Fabel adalah cerita yang diperankan oleh tokoh yang berupa binatang.Dari keempat pilihan jawaban tersebut maka yang merupakan fabel adalah Si Kancil dan Buaya.

Malin Kundang dan Terjadinya Telaga Warna merupakan contoh legenda.

Sebuah teks nonfiksi dibuat berdasarkan fakta, realita dan peristiwa nyata. Teks nonfiksi haruslah bersifatobjektif dan tidakmengandung unsur opini atau pendapat si pengarang.

Demikian tadi kunci jawaban dan pembahasan soal penilaian harian Bahasa Indonesia kelas 5 tema 8. Pembahasan dalam artikel ini adalah sebagai alternatif dan dapat disempurnakan.







Posting Komentar untuk "Kata Penting dan Sering Muncul Disebut? Kunci Jawaban dan Pembahasan Penilaian Bahasa Indonesia Tema 8 Kelas 5"