Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sajakah Sumber Energi untuk Pembangkit Listrik? Kunci Jawaban IPA Kelas 4 Tema 9 Sub Tema 1

 

Sumber Gambar :freepik.com/pikisuperstar

INFOPENDIDIKANMU -Halo adik-adik hebat semua. Bagaimana kabar hari ini? Baik-baik saja bukan. Baiklah adik-adik hebat, pokok bahasan Kelas 4 tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kali ini mencakup dua mata pelajaran yaitu IPA dan IPS. Pada sesi ini topik yang kita diskusikan berkaitan dengan IPA, ya. 

Setelah belajar dan berlatih soal diharapkan adik dapat mengidentifikasi dan menyajikan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang perubahan energi,ya.

Nah, pada sesi ini kita akan belajar tentang berbagai macam sumber energi,perubahannya dan sumber energi alternatif pada kehidupan sehari-hari. 

Apakah yang dimaksud dengan energi? Apa saja yang merupakan sumber energi? Ayocoba adik-adikjawab dikolom komentar,ya.

Adik-adik hebat, semua makhluk hidup membutuhkan energi untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya Tanpa adanya energi makhluk hidup akan punah. 

Manusia membutuhkan energi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mempermudah dalam pemenuhan kebutuhan hidup. 

Contohnya manusia membutuhkan energi listrik untuk menghidupkan pompa air untuk memasa, mencuci pakaian, mandi dan sebagainya. Pakaian adik-adikjuga diseterika agar rapi sehingga adik-adik tampil cantik dan ganteng-ganteng semua. 

Mengetahui apa itu energi, jenis-jenisnya dan pemanfaatannya dalam kebutuhan sehari-hari merupakan akan sangat berguna bagi makhluk hidup dan juga keseimbangan alam. 

Lebih dari itu, kita harus menggunakan energi secara bijak agar tidak terjadi krisis energi. Contohnya mematikan lampu saat tidak digunakan dan barang elektronik lain ataupun yang memerlukan energi.

Adik-adik sudah mempelajari materi sub tema 1 tentang Kekayaan Sumber Energi di Indonesia bukan?

Tujuan dari materi tersebut adalah agar adik-adik dapat mengidentifikasi atau mengenali berbagai sumber energi dalam kehidupan sehari-sehari dengan mandiri. 

Selain itu adik-adik dapat memahami potensi energi dan pemanfaatannya di sekitar daerah masing-masing.

Setelah adik-adik mempelajari  materi tentang sumber energi dan mengerjakan latihan soal, sekarang kita coba diskusikan bersama-sama.

Nah, berikut ini latihan soal dan contoh pembahasannya. Silakan disimak, ya.

1. Apa saja sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik?

Jawab : 

a. Air yakni untuk PLTA (ramah lingkungan)

b. Batubara yakni untuk PLTU (tidak dapat diperbaharui)

c. Matahari yakni untuk PLTS (ramah lingkungan,hemat dan efektif)

d. Angin yakni untuk PLTB (ramah lingkungan, sumber energi terbarukan) 

e. Minyak bumi yakni PLTD (tidak dapat diperbaharui)

f. Gas Alam yakni PLTG (tidak dapat diperbahuri)


2. Manakah jenis pembangkit listrik yang menurutmu paling ramah lingkungan? Berikan alasanmu!

Jawab :

Menurut saya,pembangkit listrik yang paling ramah lingkungan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air karena tidak menyebabkan polusi dan dapat diperbaharui.

Demikian tadi pembahasan soal IPA Kelas 4 Kayanya Negeriku tentang sumber energi. Kita bisa mengelompokkan sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Kita harus menghemat penggunaan energi sehingga memiliki cadangan energi untuk generasi yang akan datang. 

Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Posting Komentar untuk "Apa Sajakah Sumber Energi untuk Pembangkit Listrik? Kunci Jawaban IPA Kelas 4 Tema 9 Sub Tema 1"